Kimia, Uncategorized, Universitas Islam Negeri

Kimia UIN Yogyakarta (Arif)

Kimia UIN Yogyakarta (Arif)

Halo sobat intipers! Aku Arif Rizqillah. Jurusan Kimia UIN Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Kimia UIN Yogyakarta?

Secara garis besar sebenernya sama aja sama Kimia di Universitas pada umumnya, kita belajar fisika, pokonya kita belajar MIPA. Plusnya kalau di UIN, pastinya ada pelajaran gama kaya al-quran hadits, ushul fiqh, tasawuf, dan lain-lain.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Biasanya kalau di semester satu itu mata kuliah kimia nya itu cuman satu, banyaknya umum dan agama, kalau semester satu.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Kimia UIN Yogyakarta?

Sebenernya sih dari SMA pengennya masuk farmasi, tapi karena orang tua kurang setuju di farmasi, jadi milih kimia karena gak jauh dari farmasi, jadi aku pilih yang nyambung-nyambung. Nanti di kimia kan ada kimia obat, dan lain-lain, tapi di UIN belum ada sih. Rencananya akan ada kimia obat, tapi belum ada sampai sekarang.

Kalau mata kuliah yang nyerempet farmasi itu adanya kimia organik, nama obatnya seperti apa dan lain-lain

schooters

Mata kuliah yang berkesan di Kimia UIN Yogyakarta?

Sebenernya yang paling berkesan itu laprak, apalagi sekarang ini praktikumnya online. Laprak itu kalau di kimia ibaratnya makanan sehari-hari. Kesannya walaupun kita gak praktikum, kita tetep harus nulis laprak. Kaya ada kesan tersendiri gitu.

Pernah ngalamin offline di semester awal, jadi masih nyoba praktikum di laboratorium, tapi enggak lama praktiknya cuman satu semester doang. Sekarang praktikumnya diganti video youtube, jadi nanti asisten lab nya bikin praktikum, atau cari vidio di youtube ada praktikum nanti kita tonton.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Pastinya ada. Pertama kimia organik, kimia anorganik, analitik, biokimia, sama kimia halal. Kalau kimia organik bahasnya tentang unsur karbon dll, kalau anorganik hampir semua penjelasannya tidak ada unsur karbon. Kalau analitik, kita menganalisis kimia pemisahan, gimana senyawa ini pemisahannya.

Kalau kimia halal, kaya kita mengembangkan produk halal, yang bisa dikatakan halal tuh kaya gimana, misalnya kaya micin, nah gimana prosesnya untuk mendapatkan sertifikat halal kaya gimana. Apalagi sekarang ini Indonesia lagi gencar-gencarnya memproduksi produk halal.

praktikum di laboratorium

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Kalau jalur masuk ada SNMPTN, SBMPTN, Ujian mandiri/CBT, satunya lagi portofolio. Kalau portofolio itu syaratnya menyerahkan nilai UTBK.

Ada tips buat mahasiswa baru Kimia UIN Yogyakarta?

Pesen aku sih jangan sampai di semester awal jangan merasa salah jurusan, jadi jalanin aja. Walaupun merasa sulit, kita jalanin aja karena kita belum tau kedepannya mau jadi apa.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kalau prospek kerja banyak, kan kita juga di kimia kalau mau di laboratorium bisa, ngajar, jadi dosen, banyak dari alumni kimia yang kerjanya di laboratorium, PNS, ya intinya kalau masalah prospek kerja semua kerja itu bisa di lakuin, asal kitanya aja mau.

Ada sebuah quotes “chemistry is life’’ kimia itu sama kehidupan itu menyatu, dalam diri manusia itu banyak unsur kimia. Banyak banget bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, jangan menganggap bahan kimia itu berbahaya, padahal enggak bisa kita hidup tanpa kimia, dan gak semua kimia itu buruk dan berbahaya. Jadi sebenernya kimia itu menyangkut semua. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Harapannya sih kedepannya bisa lanjut S2, biar nantinya ketika lulus S2 bekerja. Tapi kalau belum dapet rezekinya untuk lanjut S2 kerja dulu.

 

Q&A

  1. Angkatan berapa?

Saya angkatan 2019

  1. Perbedaan Kimia pada saat SMA sama jurusan kimia itu apa?

Perbedaannya kalau mata pelajaran di kimia itu umum, kalau jurusan kimia itu mendalam banget.

Kode konten: C619

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *