Kimia, Universitas Lampung

Kimia Universitas Lampung (Erlisa)

Kimia Universitas Lampung (Erlisa)

Halo sobat intipers! Aku Erlisa Aulia dari Kimia Universitas Lampung angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Kimia Universitas Lampung?

Kalau secara garis besar, jurusan Kimia mempelajari mengenai sifat-sifat struktur atau komponen yang berkaitan dengan suatu zat atau molekul.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Kimia?

Sebenarnya aku awalnya ga berminat masuk Kimia, awalnya di SMA aku ikut salah satu ekskul dimana ini ada praktikumnya yang berhubungan dengan Kimia. Dari situlah aku mulai tertarik. Jadi waktu pengambilan jurusan di SBMPTN aku langsung memilih jurusan Kimia murni.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Kimia?

Saat ini praktikum dijalankan secara online, aku sendiri baru sekali menjalani praktikum secara offline.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Kimia?

Untuk Kimia Unila dibagi menjadi 5 konsentrasi. Ada kimia analitik, kimia organik, kimia fisik, kimia anorganik dan biokimia. Masing-masing konsentrasi mempelajari bagiannya sendiri sesuai minat mahasiswa.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Seperti pada umumnya, jalur masuk Kimia Unila ada SNMPTN, SBMPTN UTBK. Kalau jalur khususnya di Unila ada jalur mandiri Simanila atau Seleksi Masuk Universitas Lampung, ada jalur prestasi dan jalur tidak mampu disana.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Untuk adik-adik mahasiswa baru yang ingin melanjutkan ataupun yang sudah terjun ke Kimia murni, semester awal lebih baik fokus untuk belajar karena mata kuliah disemester awal itu masih secara umum, jadi kalian bisa meningkatkan IP kalian itu saat semester awal. Jangan pernah menunda pekerjaan, karena nanti akan banyak laporan praktikum. Untuk lapraknya ada yang tulis tangan dan ada juga yang diketik, jadi ngga tulis tangan semua.

Prospek kerja dan alumni jurusan Kimia seperti apa?

Prospek jurusan Kimia sangat luas, bisa jadi analis laboratorium, bisa juga buka usaha seperti kosmetik. Selain dibidang industri kita juga bisa menjadi dosen.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Setelah lulus aku berencana lanjut studi S2. Harapannya semoga ilmu yang aku dapat di S1 ini bisa menjadi bekal untuk nantinya aku lulus studi.

Q&A

  1. Apakah di Kimia Unila banyak praktikum kelapangan?

Dijurusan Kimia murni sendiri praktikumnya difokuskan dilaboratorium. Kalau jurusan lain misal Biologi kan ada observasi langsung kelapang ya.

  1. Dijurusan Kimia belajar pengolahan minyak bumi ngga?

Betul, ada mata kuliah sendiri yang mempelajari pengolahan minyak bumi. Tapi hanya teori saja, jadi kita lebih ke pengenalannya saja bagaimana sebenarnya mengolah minyak bumi itu, secara garis besar saja kita mengetahui tahapan-tahapan produksi minyak bumi.

Kode konten: C943

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.