Kimia, Universitas Padjadjaran

Kimia Universitas Padjadjaran (Putri)

Kimia Universitas Padjadjaran (Putri)

Halo sobat intipers! Aku Putri Neta Lestari jurusan Kimia Universitas Padjadjaran angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Secara umum, Jurusan Kimia Universitas Padjadjaran itu seperti apa?

Jadi kalau jurusan kimia itu di Universitas Padjajaran adanya hanya Kimia murni, kan kalau di kampus lain ada Pendidikan Kimia. Kalau misalnya Kimia sendiri lebih banyak kepada teori, dan teori-teorinya gak jauh beda sama di SMA hanya diperdalam seperti teori atom, disana kita juga belajar lebih mendalami. Tidak hanya belajar kulit atom, lebih mendalam kepada kita belajar bagaimana elektronnya dan lain sebagainya. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kimia juga dibagi menjadi dua garis besar, di Kimia Unpad itu kita ada belajar teori dan praktik. Tentu praktik ini gak asing ya buat temen-temen MIPA sepertinya karena kita juga masih rumpun saintek. Kalau kimia itu paling kaya gitu, dan seperti yang tadi saya bilang, kalau di Kimia Unpad itu belajarnya bisa dibilang belajar yang tidak terlalu banyak pada praktikum, dan praktikumnya itu bentuk aplikasi dari teori yang diajarkan pada saat kuliah.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Kimia Universitas Padjadjaran?

Alasannya karena sudah menjadi ‘becandaan’ dari sejak SMP, dari orang tua juga mengarahkan saya untuk kuliah di Unpad. Jadi dari situ saya mencoba untuk mewujudkan impian orang tua saya, tapi saya mikir lagi pas udah SMA kira-kira kuliah di Unpad ngambil jurusan apa? Karena saya tertarik pada pelajaran Kimia pada saat SMA, akhirnya saya mencoba masuk ke jurusan Kimia dan Alhamdulillaah. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas dari kimia itu yang berbau dengan kimia. Pokonya mata kuliah di Kimia itu rata-rata depannya itu ada kata kimia nya contoh kimia lingkungan, kimia dasar, kimia komputasi, pokoknya per kimia-kimiaan gitu, bahkan kita juga belajar statistik ada nama kimianya yaitu analisis multivariat dalam kimia.

schooters

Kemudian kalau yang khas praktikum itu, karena kalau misalnya mungkin kaya di temen-temen yang lain di MIPA pasti ada praktikumnya, meskipun gak semuanya. Kimia ini kaya dominan praktikumnya, makanya kalau di kimia itu pasti praktikum. Kalau praktikum itu pasti sebelumnya bikin jurnal pendahuluan, kalau kita biasanya dipanggil lockbook, terus habis itu bikin laporan praktikum setelahnya.

magang/praktik kerja lapangan di Balai Besar Tekstil

magang/praktik kerja lapangan di Balai Besar Tekstil

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada, di semester enam ini kita harus memilih konsentrasi untuk tugas akhir, jadi di kita ada empat konsentrasi utama. Pertama ada lab material, dulunya anorganik fisik. Kedua ada kimia analisis dan pemisahan atau analitik yang biasa temen-temen tau. Ketiga kimia organik. Di kimia organik kita dibagi lagi, kalau misalnya kita memilih topik besarnya kimia organik untuk tugas akhir, nanti kita disuruh pilih lagi sintesis atau kimia organik bahan alam. Keempat itu konsentrasiny ada biokimia. Kalau di kampus lain mungkin udah ada prodi tersendiri untuk biokimia, tapi kalau di kimia unpad sendiri masih nyatu ke kimia. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Jalur masuk gak jauh beda dari universitas negeri lain. Ada tiga yaitu ada SNMPTN, SBMPTN, dan ujian mandiri atau di Unpad namanya SMUP.

Ada tips buat mahasiswa baru Kimia Universitas Padjadjaran?

Kalau tips sih paling jangan sampai nyesel di akhir. Jujur ini dari pengalaman aku ya. Aku ngikutin alur aja, makanya cukup keteteran menjelang semester akhir sekarang. Jadi kita harus nyusul orang-orang yang udah belajar duluan. Mungkin kalau tips dari aku buat temen-temen semua jangan lupa buat ngulik! Jadi sebelum kita mempelajari itu harus mau ngulik duluan. Jangan nungguin diajarin dulu, sebelum kita diajarin tuh seenggaknya kita tuh tau apa yang mau di bahas di mata kuliah tersebut.

Kemudian dibiasain bergadang. Sebenernya emang gak baik sih ya tapi emang manajemen waktu dan kadang ada aja tugas yang memang mengharuskan kita untuk bergadang. Nah itu paling disiapin aja. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Aku juga sebetulnya pas awal-awal mikir kimia tuh pasti ujung-ujungnya kalau gak dosen guru, nah padahal enggak. Kimia Unpad sendiri udah luas banget lapangan pekerjaannya, malah ada alumni kimia yang bener-bener out of the box bnget, alumni kimia malah jadi banker. Kalau di kimia kebanyakan kerjanya kalau gak di laboratorium, analis, dia jadi peneliti atau jadi dosen, kalau ke guru itu jarang karen kan kita dasarnya memang kimia murni kan kalau jadi guru harus kuliah lagi. 

Contoh industri yang prospek kerjanya ada anak kimia itu Biofarma, paragon, itu sih yang banyak diincer sama alumni kimia Unpad, karena kimia tuh gak lepas ya dari yang namanya laboratirium.

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kalau buat aku prbadi berharap kalau udah lulus aku pengen sesuai sama jalur yang lagi aku tempuh  karena aku kuliah di kimia pengen mengembangkan ilmu yang aku punya, ada beberapa target industri yang lagi aku bidik sekarang, karena kemaren aku juga sempet magang di tempat itu dan aku tertarik sih, kalau temen-temen tau ada balai besar tekstil itu aku jatuh cinta banget kesana karena menurut aku disana kerjaannya menarik.

Karena aku gak diajarin langsung ke kain gitu, kan kalau di tekstil itu ke kain dan ada laboratorium yang betul-betul objeknya itu kain, aku tertarik banget. Aku berharap ilmu yang didapet di kimia Unpad ini bisa bermanfaat kedepannya khususnya buat aku dan lingkungan sekitar. Aku jug aingin membuktikan kalau kimia itu bukan perusak lingkungan, padahal ada yang namanya green chemistry, itu aku belum mengambil mata kuliah itu, aku pengen kesana kaya gitu.

Kode konten: C376

Komen dibawah! 3

  1. Fadisa

    Hallo kak, permisi saya mau bertanya. Buku yang dipake selama kuliah di Kimia Unpad apa saja ya kak? Sama apa kakak juga nyari referensi buku lain yang ga wajib dari kuliahnya? Terima kasih kak sebelumnya

    • Siti Nursyifa

      Halo ka! Aku mau nanya kalo ngambil jurusan kimia tapi belum faham semua materi bisa dibilang pemula. Apa yang harus dilakukan agar bisa mengejar materi secara efektif

  2. Saariska

    Halo kak! Aku mau nanya, rekomendasi buku atau ebook yang bisa jadi referensi buat kuliah di jurusan kimia apa saja kak? Terkhusus untuk maba. Terima kasih kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *