Kimia UPI (Nisrin)

Halo intipers! Perkenalkan aku Nisrin dari jurusan Kimia UPI, Fakultas Pendidikan Matematika Pengetahuan Alam. Yuk, simak beberapa informasi yang akan aku sampaikan tentang jurusanku.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Kimia UPI?

Secara garis besar, sebenarnya mempelajari tentang sifat, struktur, energi, susunan, dan perubahan materi yang menyertai perubahan energi itu sendiri. Jadi, kimia itu tidak jauh dari kehidupan sehari-hari misalnya, meminum air itu adalah bahan kimia.

Lalu, apa perbedaan dari jurusan kimia murni, pendidikan kimia, serta teknik kima?

Kimia murni, pendidikan kimia, dan teknik kimia perbedaannya adalah; kimia murni mempelajari sifat dan struktur, sementara teknik, lebih ke arah pengaplikasian dan pembuatan produk yang bisa bermanfaat, berbeda lagi dengan pendidikan kimia, di sana belajar bagaimana cara mengajarkan ilmu kimia.

Slide5

Porsi kimia murni dari awal hingga akhir itu mempelajari ilmu kimia, ekstranya seperti fisika, biologi itu hanya menjadi penunjang yang bisa dikaitkan dengan ilmu kimianya. Sedangkan porsi untuk teknik kimia lebih sedikit ilmu kimianya karena jurusan ini dirancang untuk terjun langsung ke industry, jadi lebih diseimbangkan oleh fisika terapan, dan ilmu industrinya. Nah, untuk pendidikannya sama dengan teknik yang lebih sedikit tentang ilmu kimianya, namun lebih mempelajari tentang pendidikannya, seperti psikologi pendidikan.

Adakah Mitos atau stereotip di jurusan kimia upi?

Mitosnya, jurusan kimia itu mempelajari hal-hal yang seram, seperti membuat bom, padahal tidak seperti itu dan tidak mempelajari hal itu.

Tugas kuliahnya di Kimia UPI kaya gimana?

Tugas yang lebih sering dan sangat berkesan itu membuat jurnal, karena ketika kita mengontrak mata kuliah, harus selalu membuat jurnal ini. Nah, jurnalnya itu bermanfaat agar mahasiswa tahu apa yang harus dilakukan sebelum memulai praktikum, seperti bayangan atau kerangka untuk membuat tugas praktikum tersebut. Lalu, jurnal tersebut tidak bisa dibuat selama satu hari saja, karena itu akan membuat kita kewalahan. Selain membuat jurnal, tugas yang harus diselesaikan adalah membuat mekanisme praktikum itu sendiri.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit aku adalah Ibu siti aisyah karena gaya bicara menyampaikan materi kelihatan keren, selalu menyampaikan pengalaman, dan bikin semangat, S2 ITB, S3 belanda, termotivasi. Selain itu, Ibu Ratna yang sabar mengajar, dan cara penyampaian materinya bisa dipahami adalah dosen favorit aku selanjutnya.

Untuk mata kuliah favorit, aku suka praktikum, karena aku tipikal orang gampang bosan, ingin selalu bergerak dan lebih enjoy, karena mendapatkan ilmu secara langsung dan bisa berkenalan dengan alat-alat yang ada di lab. Misalnya, bagaimana cara menanggulangi bahan-bahan kimia.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Konsentrasi dibagi menjadi empat konsentrasi; pertama ada kimia makanan, konsentrasi ini lebih mengarah ke makanan, misalnya,kadar airnya, omega3, dan lebih ke hafalan. Yang kedua, ada kimia lingkungan. Konsentrasi ini mengarah pada bagaimana cara mengolah dan mengatur limbah itu sendiri. Yang ketuga yaitu kimia hayati. Peminatan ini lebih ke bahan alam dan DNA.Dan terakhir, ada kimia material, lebih pada bagaimana unsur unsur kimia bisa functional di sehari-hari Untuk pemilihan konsentrasi dipilih di semester 6, sedangkan untuk pengantar diberikan di semester 5.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Prospek kerjanya biasanya di bagian penelitian, laboratorium, Reaserch development, kalau untuk pekerjaan di luar kimia murni, bisa juga menjadi guru kimia.

Harapan aku setelah lulus

Kuliah S2 di luar negeri atau kerja di perusahaan-perusahaan yang linier dengan jurusanku.

Trik kuliah di jurusan ini

Kimia itu susah namun, jika kita menjalaninya dengan setulus hati, itu akan lancar, dibawa santai tetapi tetap fokus. Dan jangan mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam karena tidak akan bisa dan tugas harus dikerjakan sedikit demi sedikit.

Kode Konten: Y135

Komen dibawah! 8

  1. Kezia Angelina

    Halo kak. Perkenalkan nama saya Kezia. Saat SMA saya kurang mengerti kimia, paling mengerti dan bisa mengikuti pelajaran kimia pas kelas 10, kelas 11 dan 12 nya ambyar hehe. Sekarang, saya berencana untuk mendaftar kuliah dengan jurusan kimia. Menurut kakak, apakah tidak apa2 kalo saya tetap memilih jurusan kimia padahal sewaktu SMA kurang? saya takut juga sih kak karna saat SMA kurang pas kuliah nya kesulitan. sekiranya kakak mengerti maksud pertanyaan saya, terimakasih kakšŸ™ hehe

  2. Haryawati

    Halo kak,perkenalkan nama saya harya saya baru lulus tahun ini dan rencananya ingin daftar di jurusan kimia,basic saya smk jurusan kimia analis. Mau minta sarannya kak saya lagi bingung juga 3 tahun pusing sama perkimiaan mau lintas jurusan tapi ngerasa sayang udah belajar kimia 3 tahun, jadi baiknya lanjutkan kimia atau lintas ka?

  3. Yasinta

    Selamat Sore kak
    Maaf sebelumnya perkenalkan saya Yasinta mahasiswa semester 5 dari salah satu universitas negeri yang ada di Indonesia
    Mau bertanya terkait lintas jurusan untuk kuliah S2
    Saat ini saya menempuh pendidikan dengan jurusan kimia prodi pendidikan apakah setelah lulus nanti dan ingin melanjutkan pendidikan ke S2 bisa mengambil jurusan teknik kimia atau jurusan yang berhubungan dengan kimia tapi tidak mengarah ke prospek kerja menjadi seorang pengajar ?
    Mohon pencerahan nya kakšŸ™

  4. Elzandra Imola Vioniken

    Halo kak, saya mau tanya. Kalo untuk penjurusannya (pendidikan, murni, teknik) itu langsung di awal atau di semester keberapa baru milih ? Terus penjurusannya itu tergantung kemauan kita atau ada tes dan ketentuan nilainya kak ? Sebelumnya terimakasih kak.

  5. Usep Saepuloh

    Hallo kak, perkenalkan nama saya Usep Saepuloh. Saya mau tanya, jika
    s1 nya jurusan kimia murni kemudian mau melanjutkann s2 , jurusannya akan ke kimia murni lagi atau pada konsentrasi tertentu. Kalau boleh tanya lagi, apa di kimia ada fokus pada ilmu di bidang energi?

  6. himaaa

    Hai kak, izin bertanya, untuk menjadi mahasiswa jurusan kimia harus bisa bahasa inggris dengan aktif? Apakah ada mahasiswa jurusan kimia yg kurang lancar dalam berbahasa inggris?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *