IAIN, Komunikasi Penyiaran Islam

Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pontianak (Hendra)

Halo sobat intipers! Aku Hendra Gunawan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pontianak itu seperti apa?

Singkat cerita mengenai jurusan komunikasi dan penyiaran islam di institut agama islam negeri pontianak awal berdirinya itu pada tahun 1957. Awalnya itu prodi ini didirikan di jurusan dakwah sekolah tinggi agama islam negeri pontianak. Dulu belum ada pergantian status dari sekolah tinggi menuju institut, sekarang sudah berubah jadi institut tetap berada di program studi komunikasi dan penyiaran islam, di fakultas ushuluddin adab dan dakwah.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Persepsi orang-orang antara program studi komunikasi dan penyiaran islam dan program studi ilmu komunikasi itu terkadang meleset. Program studi komunikasi dan penyiaran islam dan program studi ilmu komunikasi itu sama membahas tentang komunikasi. Baik itu komunikasi personal, verbal, kemudian juga yang berhubungan dengan kehumasan, jurnalisitik, maupun di bidang broadcasting. Jurusan program studi komunikasi dan penyiaran islam belajar tentang keilmuwan komunikasi tapi belajar juga tentang keilmuwan komunikasi tapi belajar juga tentang keilmuwan komunikasi berbasis agama islam. Jadi kami  mempelajari komunikasi islam yang gak dipelajari oleh prodi ilmu komunikasi. Contohnya itu kami menerima mata kuliah ilmu komunikasi islam, hadits komunikasi, tafsir komunikasi, bahkan ada juga mata kuliah komunikasi penyiaran dakwah. Itu mata kuliah yang gak pernah didapatkan sama anak-anak ilmu komunikasi. 

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pontianak?

Alasannya saya tertarik dengan ilmu komunikasi, cuman karena pada saat itu saya lihat beberapa perguruan tinggi yang ada di Pontianak di kampus sebelah itu kan ada program studi ilmu komunikasi, di IAIN ada program studi komunikasi dan penyiaran islam dan saya coba di dua perguruan tinggi ini dan akhirnya saya lolos di jalur SPANPTKIN masuk di program studi komunikasi dan penyiaran islam institut agama islam.

Sebenarnya memang ngejar ilmu komunikasi, cuman mungkin udah rejeki di program studi komunikasi dan penyiaran islam mungkin udah dituntut belajar dunia tapi belajar akhirat juga. 

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas contohnya tafsir hadits, hadits komunikasi, ilmu komunikasi islam, komunikasi penyiaran dakwah, bahkan mata kuliah yang berbasis dakwah kaya ilmu dakwah, komunikasi dakwah, itu mungkin mata kuliah yang awam sekali di mata masyarakat apalagi di beberapa temen-temen saya. Jadi kita mungkin harus ekstra lagi untuk menjelaskan kepada teman-teman terkait mata kuliah di komunikasi dan penyiaran islam. 

Kemudian untuk tugas, secara umum sama sih kaya beberapa perguruan tinggi lainnya seperti tugas meresume, membuat makalah, presentasi, tapi di program studi komunikasi dan penyiaran islam ini ada nilai plus tugas-tugas yang gak mainstream seperti tugas-tugas yang menggunakan media seperti instagram, facebook, mungkin basicnya lebih ke penyiaran. Jadi mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam ini dituntut untuk menguasai media, itu lebih ke bidang broadcasting. 

Kemudian di jurnalistik biasanya membuat berita-berita yang memang dituntut untuk kritis. Bagaimana cara membuat berita, kemudian foto jurnalistik dan sebagainya. Kemudian konsentrasi public relation tugasnya itu kadang-kadang disuruh untuk mempraktekan bagaimana sih kita PRO (public relation officer) untuk menjadi humas di perusahaan atau di lembaga tertentu untuk memberikan informasi atau memberikan citra yang baik bagi lembaga.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Terdapat 3 konsentrasi yaitu broadcasting, jurnalistik, dan public relation. 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Tiga yaitu jalur seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi agama islam negeri (SPANPTKIN). Nah itu jalur prestasi melalui nilai rapot, sama halnya dengan jalur SNMPTN. Kemudian jalur yang kedua yaitu ujian masuk perguruan tinggi agama islam negeri (UMPTKIN). Ini jalur ujian yang menggunakan tes dari pihak kementrian agama, sama halnya kaya SBMPTN. Terakhir adalah jalur mandiri, ini terbuka untuk semua kalangan yang mau kuliah S1. 

Ada tips buat mahasiswa baru Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pontianak?

Tipsnya mungkin lebih tepatnya pertama harus cinta dulu sama prodi. Kadang-kadang mahasiswa baru itu berpikir salah jurusan, padahal perlu jalanin aja dulu dan perlu melihat kelebihan-kelebihan dan prospek kerja yang sangat luas yang ada di jurusan komunikasi dan penyiaran islam. 

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja di program studi komunikasi dan penyiaran islam ini sama kaya jurusan ilmu komunikasi karena dua prodi ini tidak bisa dipisahkan, jadi ini mungkin prospek kerjanya sama. Bisa jadi wartawan, jurnalis, penyiar, televisi, radio dan lain sebagainya. Kelebihannya bisa jadi da’i atau mubaligh karena kami dari program studi komunikasi dan penyiaran islam sudah diajarkan untuk menjadi da’i da’iah. Jadi memang ada pembelajaran tentang dakwah di masyarakat dan lain sebagainya. 

Alumni dari jurusan komunikasi dan penyiaran islam sudah ada yang bekerja di TVRI Kalimantan Barat salah satunya menjadi penyiar, kemudian sudah ada yang kerja di pontianak pos, tribun pontianak, itu beberapa alumni sudah ada yang terjun dan kerja disitu, bahkan ada juga yang sudah jadi youtuber karena memag diajarin mengemas suatu media. 

Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Rencananya sih kalau Allah izinkan, pengen lanjut S2. Kemudian harapan lebih utamanya pasti ilmu-ilmu yang saya dapatkan selama kuliah bisa dapat diterpkan sehari-hari, bisa saya sharingkan ke teman-teman dan keluarga. Kemudian program studi ini bisa berkembang secara luas. Harapan untuk program studi bisa memperluas jaringan komunikasi program studi ini, mungkin gak hanya IAIN Pontianak, tapi di beberapa PTKIN di seluruh indonesia. 

ode konten: C357

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *