Komunikasi Penyiaran Islam, STAI As-Sunah

Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah (Ahmad)

Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah (Ahmad)

Halo sobat intipers! Ahmad Syahfrizal Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah itu seperti apa?

Namanya jurusan komunikasi. Garis besarnya, komunikasi adalah ilmu yang biasa kita gunakan sehari-hari, kita adalah makhluk sosial biasanya kita berhubungan sesama kita. Jadi kita pasti berkomunikasi dengan sesama kita.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Ilmu komunikasi sudah berkembang dengan sangat pesat, dengan bantuan media komunikasi. Komunikasi yang umum itu, berpatokan kepada filsafat yang ada di dunia barat, sedangkan komunikasi penyiaran islam itu sendiri berpatokan kepada al-quran dan assunnah.

Apa yang jadi alasan masuk Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah?

Cukup unik, dulu aku lulusan dari SMK kriya kayu, dan SMK itu prospeknya jadi pekerja, wirausaha, dan dulu enggak minat untuk kuliah, pengen belajar usaha. Tapi setelah lulus, karena bergabung dengan lingkungan yang baik, jadi sedikit belajar agama, dan kebuka hati kemudian masuk sini dan ngambil jurusan komunikasi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliahnya banyak, untuk pelajaran komunikasi sendiri ada ilmu komunikasi, media komunikasi, ilmu komunikasi masal, jurnalistik, sosiologi. Karena kami dibawah fakultas dakwah, dan juga berbasis islam, ada materi tambahan yaitu komunikasi dakwah, media dakwah, al-quran, hadits, ulumul fiqih, dan masih banyak lagi.

pmb2-min

Untuk praktikum nanti di semester 7, di semester 6 ada KKL, dan untuk semester 2 dan 4 ada kofilah dakwah, setahun 2 kali di idul fitri dan idul adha. Jadi kofilah dakwah itu kita membuat kelompok, dan kelompok itu nanti dikirim ke suatu daerah disana, kita menjadi dai untuk beberapa minggu, dan ceramah disana berbagi ilmu yang sudah kita dapat disini.

Kita disini ada laboratorium, seperti salam tv, yaitu channel punya kami sendiri, dan radio ar-risalah dan stasiun tv juga ada, dan juga kami disini ada rumah tahfidz, jadi kami juga ngajar gitu. Itu dikelola oleh mahasiswa dan staff ahli

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalau di komunikasi itu ada 3 yang berkontribusi atau fokus kesitu, ada jurnalistik, advertising, dan public relition. Kalau di KPI itu tidak ada, kita fokus ke ilmu dakwah. Disini syarat kelulusan tidak hanya skripsi, ada toafl bahasa arab, dan hafidz 7 juz dan wajib mutqin.

 

Ada berapa jalur masuk di jurusan kamu?

Dulu aku masuk dari jalur reguler, kemarin ada 3 jalur, ada prestasi, rekomendasi dan reguler. Karena kemarin sempet tidak tercapai visi dan misi kampus kami, jadi jalur prestasi dan rekomendasi di tiadakan, yang ada adalah jalur reguler dan wajib ikutan tes.

Salah satu syaratnya harus bisa bahasa arab dasar dan pengetahuan ilmu syari secara umum gitu. Biarpun ini swasta, kami termasuk kampus yang murah, dan subsidi 100%. Kalau tidak salah, taun kemarin dapet 19 juta rupiah, tapi di potong hingga 3 juta rupiah per semester, itu hanya bayar uang makan dan asrama, selebihnya gratis, malah yang berprestasi dapat uang bulanan atau uang semester.

Ada tips buat mahasiswa baru Komunikasi Penyiaran Islam STAI As-Sunnah?

Buat adik-adik yang mau bergabung disini, luruskan niatnya, karena kalian tidak hanya mempelajari ilmu komunikasi, tapi kalian juga mempelajari ilmu syari.

Sebagaimana Allah berfirman di surat Al-mujadilah ayat 11 sebelah kiri paling bawah, ayat ini menjelaskan secara gamblang bahwasannya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, 1 derajat di dunia dan 1 derajat di akhirat. Jadi luruskan niat belajar disini.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk alumni sendiri banyak sih yang terjun ke media, seperti pengelola akun dakwah, di televisi, radio, peneliti komunikasi islam, humas, banyak sih sebenarnya.

Malah tamatan sini outputnya jadi guru agama, karena mempelajari ilmu syar’i. Buat temen-temen alumni yang kompeten, biasanya akan dikirimkan ke daerah-daerah yang membutuhkan dai, dan akan di beri gaji secara profesional seperti itu.

 Apa harapan dan rencana setelah lulus?

Kedepannya sih pengen lanjut S2 ke jawa, karena selama disini aku udah melek tentang pendidikan, karena pendidikan sangat penting untuk kita semua, jadi aku pengen lanjut S2 jurusan komunikasi.

 

 

Q&A

  1. Aku minat ke pendidikan dokter gigi, cuman takut nanti isinya cewe semua?

Banyak omongan FKG itu fakultas kebanyakan gadis, tapi tenang aja cowonya juga banyak, enggak cuman 1 dan 2, dari seangkatan yang 150 an, ada 20 laki-lakinya. Menurut aku sayang banget kalau kamu pengen ke pendidikan kedokteran gigi, tapi kalian takut karena cowonya sedkit.

 

 

Kode konten: C644

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *