Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri

Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah (Angga)

Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah (Angga)

Halo sobat intipers! Aku Angga Surya Pratomo dari Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah seperti apa?

Sama seperti ilmu komunikasi di universitas lain, yang membedakan lebih menekankan pada aspek pemebelajaran islam. Lebih menekankan kaya studi islam, pelajaran-pelajaran agama, secara umum ga ada bedanya sama komunikasi umum. 

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah?

Dulu sempet bimbang soalnya aku dari IPA, terus saya milih UIN Jakarta namun bingung ingin ke IPA tapi ingin hal yang beda, hal yang aku minati dan ada pelajaran islam, soalnya aku sekolah ada basic islamnya juga, jadi akhirnya memutuskan memilih jurusan ini dan sampai sekarang. Awal-awal ada penolakan karena harus belajar agama dari nol, tapi sampai sekarang ternyata gini loh ilmu komunikasi itu.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Lebih menekankan pada agama, seperti sosiologi tapi aspek agamanya gimana, mata kuliah umum banyak, paling integrasi keilmuan aja, kaya ilmu dakwah, bahasa arab. Kalo tugas paling menarik kaya kita dimnta bikin acara kaya mirip di televisi karna peminatan aku di broadcasting, jadi aku lebih mendalaminya, aku harus analisis program acara TV, dan harus bikin acara yang sama, bukan hanya mempelajari komunikasi tapi kita mempelajari hal yang berkaitan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada broadcasting sama public speaking. Perbedaannya, public speaking menekankan cara mengolah kata-kata. Kalo broadcasting di belakang layarnya, mempersiapkan naskah dan membuat programnya.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada 5 SNMPTN, SBMPTN, SPANPTKIN, SPMB UIN Jakarta atau mandiri, UMPTKIN. Indormasi lebih lanjut bisa di uinjakartaofficial untuk instagramnya dan website resmi UIN Jakarta.

Ada tips buat mahasiswa baru Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah?

Lebih bersabar karena sekarang pandemi juga, tetap semangat, apapun pelajarannya tetap semangat ngerjain, nugasnya, jangan menyerah, nikmati prosesnya. Untuk yang mau masuk kelas 12, lebih dipersiapkan apa yang dibutuhkan, tetap harus belajar meskipun ga ada UN.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?tttttderffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffff

Luas dan hampir sama kaya ilmu komunikasi, banyak yang kerja di dunia broadcasting, media masa koran, digital, dan bisa juga kerja sebagai PNS, lebih spesifiknya bekerja di media baik elektronik dan cetak. Alumninya udah tersebar di seluruh indonesia.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Rencana terdekat lulus tepat waktu dan harapannya aku bisa mengaplikasikan hal-hal yang aku pelajari di kehidupan sehari-hari dan bisa bekerja sesuai dengan apa yang sudah aku geluti.

Kode konten: C370

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *