Kriminologi

Kriminologi UI (Odilia)

Kriminologi UI (Odilia)

Halo sobat intipers! Aku Odilia Vidore S. dari Kriminologi UI angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kriminologi UI seperti apa?

Ilmu kriminologi yang dipelajari di UI itu lebih condong pada keadilan sosial dan HAM, jadi bukan kaya detektif-detektifan ya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kriminologi UI?

Aku cenderung senang mengkritisi fenomena sosial pakai common sense aku, terus kebetulan waktu kelas 12 ada kakak kelas yang jurusan Kriminologi juga terus tanya-tanya dan dirasa cocok, akhirnya daftar dan keterima.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan Kriminologi UI ?

Kita mempelajari banyak teori-teori sosiologi, nah teori itu kita review gagasan-gagasan dari berbagai tokoh sosiologi. Asyiknya lagi pas semester 1 itu aku udah main ke lapas anak di Tangerang, ketemu sama anak didik lapas di sana, ngobrol-ngobrol gitu. Terus ada juga turlap, Dimana turlap ini menjadi kesempatan untuk mengamati berbagai fenomena sosial di sekitarmu. Saat semester 1 aku sudah mengikuti kunjungan ke LPKA (Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak) dimana disana aku bertemu Andikpas (anak didik lapas) dan bisa berbagi cerita disana.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan Kriminologi UI ?

Di angkatan 2017 ke atas, ada 4 peminatan yaitu Jurnalistik, Kejahatan Trans Nasional, Forensik, dan Penegakan Hukum. Di angkatan 2018 ke bawah gak ada lagi peminatan jadi semuanya dipelajari.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, SBMPTN/UTBK, Simak UI. Kuota tahun 2020 kalau yang SNMPTN itu ada 18 orang, SBMPTMN 27 orang dan Simak UI  45 orang. Informasi lebih lanjut bisa banget klik kriminologi.fisip.ui.ac.id

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama, harus punya kenalan kakak tingkat, tanya-tanya dulu sama mereka, karena pasti bakal diceritain banyak hal dan apa aja yang bakal dihadapi ke depannya. Penting banget juga buat ikut event yang ada di tingkat jurusan, fakultas atau universitas. Kalau di bidang akademiknya bisa mulai belajar dasar pemikiran tokoh sosiologi dan eksplore tentang kejahatan itu apa aja.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak alumni yang kerja di Kemenkumham, Pengadilan, Kejaksaan, Lembaga Bantuan Hukum, Lembaga Pemasyarakatan, BNN, BNPT, BPOM dan tahun lalu TNI juga udah buka untuk lulusan Kriminologi.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Aku mau nyoba ke Kemenkeu, nyoba bea cukai atau ke Komnas Perempuan.

Q&A

  1. Berapa minimal UTBK untuk masuk jurusan ini?

Jangan percaya sama web di luar, cari informasi di web UI. UI sendiri gak pernah ngumumin rata-rata skor UTBK setiap jurusan, jadi mahasiswa sendiri gak tahu secara pasti mengenai hal ini. Pesen aku sih jangan mengacu pada rata-rata skor karena tiap tahun juga berbeda.

  1. Subtes Simak UI apa yang paling diutamakan untuk masuk ke jurusan ini?

Ini juga sama, UI gak ngasih tahu kalau jurusan ini lebih mengutamakan mata tes yang mana untuk bisa masuk ke jurusan ini, tapi emang untuk pembelajaran sendiri kita lebih condong ke Sosiologi.

  1. Bakat apa yang paling dituntut di jurusan ini?

Harus kuat menghadapi teori sosiologi karena banyak banget dan harus kritis karena setiap ada kasus itu kita bahas bareng-bareng dan dianalisis berdasarkan teori.

  1. Apa anak kriminologi bisa jadi profiler?

Bisa, tapi untuk sarjana perlu ada pelatihan khusus dan lebih ke badan swasta, bukan negeri. Biasanya profiler itu lebih ke lulusan S2.

  1. Simak UI tahun ini apa saja yang diujikan?

Buat info lebih lanjut tentang simak UI bisa cari di web resmi UI, twitter dan instagram resmi UI. Ujiannya sendiri sama kaya UTBK kurang lebih.

  1. Di jurusan ini secara detail kita belajar sama ngapain aja ya?

Kita mempelajari hal yang berbau kejahatan pastinya, kalau lebih detail itu kita belajar hukum pidana, korban-korban kejahatan, perempuan dan keadilan, cyber crime, forensik, terorisme dan masih banyak lagi.

  1. Lulusan Kriminologi bisa masuk polisi SIPSS gak?

SIPSS itu setiap rekrutmen pasti menyertakan jurusan yang dibutuhkan, kebetulan di tahun kemarin itu gak buka untuk jurusan Kriminologi. Jadi, tergantung kebutuhan lembaga itu sendiri, kalau butuh akan dibuka dan kalau enggak ya gak bisa.

  1. Matkul favoritnya apa?

Lebih suka Hukum Pidana karena dosen ngajarnya enak, Teori Kriminologi Modern juga asik karena dapet pemahaman baru tentang kejahatan, seperi sebab orang melakukan kejahatan dan dasar perilaku kejahatan.

  1. Simak UI tahun ini ada esai gak?

Untuk tahun ini kayanya gak ada, jadi cuma pelajaran aja, tapi untuk info lebih lanjut cek di web Simak UI.

Kode Konten: Y224

Komen dibawah! 24

  1. Linka

    Pelajaran forensik itu membuat tentang apa aja kak?

  2. Ramezha Zayla

    Kak,kalo lulusan S1 kriminologi itu kira kira bisa dapet pekerjaan apa yh kak?

  3. nessa

    kak dulu pas sma emang jurusan ips apa ambil lintas jurusan? kakak masuk lewat simak ui, sbm, apa snm kalo boleh tau?

  4. Wahyu rahayu

    Kalo lulusan kriminologi itu bisa gak bekerja di intilijen

  5. iqbal

    Halo Kak! Saya di SMA ambil jurusan IPA, tapi saya tertarik banget masuk kriminologi..
    saran kakak gimana ya kak ?
    seperti nanti tes masuknya, apa aja yang harus dipelajari?
    Dan, apa ada di kriminologi UI yg di SMA nya jurusan IPA ?
    Terima kasih kak sebelumnya..

    • vidoremifasolasido

      Mungkin dari sekarang kamu mulai mempelajari mata pelajaran IPS ya karena kamu harus ikut tes sbm/simak soshum dan di kriminologi sangat condong ke pelajaran sosiologi. Teman-temanku jg ada kok yang jurusan IPA.

  6. Giovanni Ariana

    Hai kak! Menurut kakak presentasi keterima di jurusan ini untuk siswa diluar pulau jawa berapa ya ka?

  7. denny

    hallo kak! apa lulusan kriminologi bisa kerja di BNN?

  8. endah p

    hi kak, kalo di krim banyak pelajaran tentang hitungan ga kak?

  9. Eunike

    Hallo kak, aku tertarik sekali dengan jurusan Kriminologi. Ya karena saya ingin sekali menjadi Criminal Profiler. Apakah ada beasiswa untuk jurusan ini?
    Dan apakah lebih baik kuliah dalam negeri atau luar negeri ya kak untuk jurusan dan lapangan pekerjaan untuk menjadi Criminal Profiler?

  10. putri

    hai kak, ak sangat berminat dengan jurusan ini banyak sekali hal yang ingin ak tanyakan jika berkenan nanti bisa email aku ya terimakasih banyak

  11. Dya

    haloo kak. mau tanya, kalau pernah kerja freelance di bidang jurnalistik apa bisa dimasukkan di portofolio untuk SNMPTN jurusan kriminologi ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *