Kriminologi, Universitas Indonesia

Kriminologi Universitas Indonesia (Yasmine)

Halo sobat intipers! Aku Yasmine Annisa Meiwindah dari Kriminologi Universitas Indonesia angkatan 2019. Teknologi Pangan berada dalam naungan Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kriminologi Universitas Indonesia seperti apa?

Mungkin aku jelasin dulu ya Kriminologi itu apa, nah Kriminologi itu berasal dari bahasa Latin Krimen yang artinya kriminal dan Logos itu ilmu. Secara harfiah, kriminologi itu berarti ilmu tentang kejahatan. Kriminologi Fisip UI itu khususnya mempelajari kejahatan dari sisi sosial atau memandang kejahatan sebagai gejala sosial.

Cara belajarnya sama kaya kuliah pada umumnya, cuma pandangan orang tentang jurusan ini kan banyak yang ngira nanti kalau lulus jadi detektif atau polisi-polisi gitu. Sebenernya enggak, jadi kriminologi itu lebih kaya mempelajari kenapa orang itu bisa jadi jahat atau kenapa seseorang itu melakukan kejahatan.

Slide5

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kriminologi Universitas Indonesia?

Sebenernya aku juga bingung sih dulu, cuma aku ada interest nonton kaya CSI, Criminal Minds, dan film-film misteri problem solving case. Kelas 12 aku mulai nyari-nyari jurusan yang cocok buat aku . setelah research dan pembelajaran lebih lanjut tentang Kriminologi, jadi aku tertarik dan daftar.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Kriminologi Universitas Indonesia?

Menurut aku justru yang paling berkesan itu materi pas lagi masa bimbingan Kriminologi, pas jadi maba. Aku ke LPKA atau lapas khusus anak di Tangerang. Di sana aku berinteraksi langsung sama anak didik lapas di sana. Sejauh ini mata kuliah yang paling menarik buatku itu Anak dan Deliquency sama Fenologi. Di mata kuliah Anak dan Deliquency itu kita belajar tentang kenapa seorang anak bisa jadi nakal. Kalau Fenologi itu tentang penghukuman terhadap pelaku kejahatan.

Kriminologi di UI gak belajar kaya yang ambil sampel darah, olah tkp dll, tapi kalau turun lapangan itu biasanya ke lapas, pengadilan. Misalkan mata kuliah Hukum Pidana kita belajar tentang perilaku yang disebut sebagai tindak pidana atau perilaku yang melanggar hukum, turlapnya itu ke pengadilan.

Di semester 4 atau 5 itu nanti ada mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif, di situ kita meneliti suatu masalah atau bisa jadi kita meneliti pelaku maupun korban kejahatannya. Misalnya di mata kuliah street crime atau food crime, orang yang jualan kikil atau sate yang dijual di pinggir jalan tapi pake boraks atau daging tikus. Nah contohnya seperti itu.

Kalau tugas kuliah itu nanti bakal banyak review, meringkas, buat ppt pada umumnya. Hanya kalau di Kriminologi UI referensinya itu harus dari jurnal atau buku yang harus kita baca biar paham bener-bener.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Sebelumnya ada, peminatan ada sampai tahun 2017. Jadi di angkatan aku dan seterusnya kita dibebaskan untuk mata kuliah apa nanti ke depannya. Nah tapi untuk peminatannya sendiri di Kriminologi itu ada kejahatan transnasional, penegakan hukum, jurnalistik dan forensik. Di angkatan aku pas semester 3 udah mulai ambil satu mata kuliah pilihan secara bebas, boleh mau ambil dari kejahatan transnasional boleh, forensik boleh, dst.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Temen-temen bisa cek di penerimaan.ui.ac.id, kalau jalur masuk itu aku kebetulan masuk lewat SNMPTN. Selain SNMPTN dan juga SBMPTN dan Simak UI. Kalau untuk kuota tahun 2020 yang aku tahu itu dari SNMPTN  20 orang, SBMPTN 20 orang dan jalur mandiri ada 40 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Menurut pribadi biar balance antara akademik dan organisasi itu harus pintar manajemen waktu dan membagi waktu. Organisasi kan juga sibuk, kuliah juga sibuk sama tugas-tugasnya, jadi time management dan tentuin prioritas. Kalian juga perlu untuk perbanyak baca jurnal dan buku-buku internasional, biar nanti terbiasa pas perkuliahan udah terbiasa.

Menurut aku, mahasiswa Kriminologi UI itu kritis dan sangat aktif dalam bertanya. Lingkungannya itu membuat aku termotivasi untuk belajar karena Kriminologi bukan jurusan yang umum. Di sini kita ditekankan untuk membaca karena memang harus. Untungnya temen-temen dan lingkungan di Krimnologi itu sangat membantu aku dalam melakukan semua itu, dengan saling sharing bahan bacaan, saling tukar pikiran antar teman.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya, kalau dilihat dari alumni banyak yang bekerja di BNN, Badan Nasional Penanggulangan Teroris, Dirjen Pemasyarakatan, perusahaan keamanan swasta. Bisa jadi PNS, analis keamanan swasta, jurnalis, juga dosen. Ada juga alumni kita yang jadi security prevent analyst di Garuda Indonesia. Jadi di luar pemerintahan juga bisa.

Harapan dan rencana setelah lulus?

Ke depannya aku pengen cari kerja dan pengalaman dulu di industri pangan, setelah itu aku mau coba bisnis. Pengen banget ilmu yang aku pelajari bisa berguna juga.

Q&A

  1. Kriminologi itu cuma ada di UI atau di universitas lain juga ada?

Kriminologi itu kalau di PTN hanya ada di UI, tapi kalau di swasta ada di Universitas Budi Luhur sama Universitas Islam Riau.

  1. SMK bisa masuk Kriminologi gak?

Kalau SMK bisa di SBMPTN dan Simak UI. Homeschooling juga bisa, cuma di angkatan aku gak ada yang dari SMK tapi ada yang dari madrasah sama homeschooling.

  1. Suka duka kuliah di Kriminologi?

Sebenernya sukanya banyak, karena temen-temennya asik, helpful dalam masalah pembelajaran, aku dapat banyak pengalaman baru dan banyak juga pembelajaran yang gak terpikirkan sama aku, banyak mata kuliah yang menarik untuk dibahas dan itu mendorong kita untuk berpikir kritis. Kita juga jadi tahu hal yang gak awam untuk diperdengarkan di luar sana. Kalau untuk dukanya lebih kepada kewalahan time management, karena aku gak cuma kuliah tapi berorganisasi juga jadi harus lebih pinter-pinter bagi waktu.

  1. Gimana sih batasan ilmu hukum, kriminologi?

Kalau hukum itu melihat sesuatu kejahatan karena dia melanggar aturan yang ada di undang-undang, tapi kalau dari kacamata kriminologi itu kita melihat kejahatan itu gak selalu apa yang ada di undang-undang atau pelanggaran hukum semata, sebab mungkin ada beberapa tindakan yang tidak diatur dalam hukum sebagai kejahatan namun bisa dalam kacamata kriminologi bisa dikatakan kejahatan karena pada dasarnya merugikan orang lain.

Kode konten: C188

Komen dibawah! 6

  1. iqbal

    Halo Kak! Saya di SMA ambil jurusan IPA.. Saya tertarik banget masuk kriminologi UI..
    Saran kakak buat yang IPA masuk Kriminologi itu harus ngapain aja ya kak ? seperti persiapannya apa saja yang diperlukan? baik waktu tes masuk,dsb.
    Dan, apa ada juga kak, di kriminologi yg di SMA nya ambil IPA ?
    Terima kasih kak sebelumnya..

    • yasmineam

      Halo iqbal!Saran aku sih kamu belajar soshum dari sekarang karena yang diperlukan untuk masuk kriminologi kan tes nya itu kategori yang soshum. Di kriminologi sendiri banyak kok temen-temen aku yang dari IPA juga! Semangatt yaa berjuangnya!

  2. snisangi

    halo ka! aku mau nanya. kaka pernah ada di fase ngerasa salah jurusan ga kaa? kalau pernah, apa yang kaka lakukan tentang perasaan itu. aku juga mau nanya ka, tugas tersusah dan terberat yang pernah kaka kerjain itu apa ka? terimakasih ka sebelumnya.

  3. endah p

    hi kak, boleh minta saran buku buku tentang kriminologi gitu ga? makasi~

  4. Mita Suryantini

    Hai kak, aku mita, aku masih duduk di bangku SMA kelas 11 dan jurusan IPS. jujur aku masih ragu mau cari jurusan apa. awalnya ngerasa cocok dihukum tapi setelah aku cari tahu, aku merasa bukan tipe ku banget. Lalu ada yang saranin utk kriminologi, aku cari tahu, lumayan cocok sama yang aku inginin, karena aku juga suka berpendapat tentang kasus kasus yang lagi rame with my own opinion. Tapi semakin banyak baca baca web tentang jurusan kriminologi ini, banyak yang bilang cuma jurusa IPA yang bisa masuk, sedangkan aku jurusan IPS. jadi sebenarnya gimana yah kak? Apakah jurusan IPS bisa masuk jurusan kriminologi ini tanpa linjur apa gimana yah? hehe terima kasih kak! have a nice day.

  5. Dya

    haloo kak. mau tanya, kalau pernah kerja freelance di bidang jurnalistik apa bisa dimasukkan di portofolio untuk SNMPTN jurusan kriminologi ya?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *