Bahasa Inggris

Kuliah dimana aja bisa asik, asal tau cara menikmatinya

Kuliah dimana aja bisa asik, asal tau cara menikmatinya

Assalamualikum wr.wb .. haii semua perkenalkan nama saya Sri Rahmi Handayani Hatta biasa di panggil Rahmi, saya berasal dari Provinsi Gorontalo, saya lahir di Gorontalo tapi saya memiliki darah campuran jawa dari ibu saya. Well, Di tulisan kali ini saya mau ngeshare pengalaman saya jadi mahasiswi di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Dimulai dari saya lulus dari Sekolah menengah atas, tepatnya di SMAN 1 Wonosari yang merupakan salah satu sekolah yang jauh dari pusat kota. Pada saat itu diumumkan pendaftaran  SNMPTN telah dibuka, dan saya memutuskan untuk mendaftarkan diri namun sayang, saya terlambat mengirim formulir.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti tes SBMPTN, Saya memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan mendaftar di dua Universitas yaitu Universitas Trunojoyo yang ada di Jawa Timur dan Universitas Negeri Gorontalo atau yang biasa di kenal kampus merah maroon. Kenapa saya milih Bahasa Inggris, selain karna saya sangat suka pelajaran Bahasa Inggris, dan saya juga bercita-cita menjadi seorang guru. Ketika teman-teman saya mengetahui saya memilih jurusan Bahasa Inggris mereka terkejut, karena mereka menganggap jurusan bahasa Inggris itu sangat susah dan jarang mahasiswa yang berasal dari daerah kami yang masuk jurusan Bahasa Inggris, tapi itu bukan hambatan bagi saya karna saya sudah yakin dengan pilihan saya.

unisa

. Akhirnya saya belajar bimbel di salah satu paguyuban dari kecamatan saya agar mudah dalam mengisi lembar ujian. Singkat cerita setelah saya mengikuti tes tersebut saya hingga waktu pengumuman tiba saya lulus di Universitas Negri Gorontalo. Saya sedikit kecewa karna harus mengubur impian saya untuk kuliah di pulau Jawa, tapi akhirnya saya tetap bersyukur dan tetap melanjutkan pendidikan saya di UNG. And then,Setelah masuk perkuliahan saya sedikit nervous karena mata kuliahnya lumayan sulit bagi saya karena beda banget sama yang aku pelajarin di SMA, ini lebuh rumit, di bahas lebih mendalam. Tapi di situ juga saya sangat excited karena metode belajarnya menyenangkan dan dosenya asik-asik, walaupun saya sedikit kesusahan menyesuaiakan diri ketika proses belajar mengajar karena dosen-dosen di jurusan Bahasa Inggris ini berbicara full English. Disini juga kita ada grub kelas dan angkatan di mana kita selalu saling mengingatkan jika ada tugas. Walaupun ada beberapa teman yang sedikit tidak perduli yaa tapi itu menurut aku biasa terjadi di kalangan mahasiswa. Beberapa hari setelah perkuliahan dimulai saya mulai menikmatinya. Pada saat semester pertama kita diwajibkan mengontrak mata kuliah IC (Intensive Course) dimana mata kuliah ini penting karna merupakan dasar dari pemahaman 5 aspek dari Bahasa Inggris yaitu speaking, reading, writing, listening dan grammar.

Selain belajar IC kita juga ada mata kuliah sastra atau dalam bahasa inggris di sebut literature yang di dalamnya kita belajar tentang puisi (poetry), prosa (prose), dan drama yang berkembang di Amerika dan Eropa. Kemudian pada semester 2 pada pelajaran sastra kita di fokuskan pada poetry yang di dalamnya kita membahas puisi-puisi barat yang popular, mulai dari gaya bahasa, sampai mengupas isi kandungan dari puisi tersebut. Dan pada ujian akhir semester kita mendapatkan tugas besar yaitu kita akan membuat puisi yang kita buat sendiri dalam bahasa inggris yang temanya bebas dan akan di bacakan di atas panggung yang akan di nilai oleh para dosen dan teman-teman kelas kita lainya. Jadi penilaianya itu meliputi intonasi, gimana kita membawakan puisi tersebut, dramatical, gimana bahasa tubuh kita sesuai dengan tema puisi yang kita bawakan, diksi atau pilihan bahsa yang digunakan . nah dari penilaian itulah yang akan menjadi nilai ujian mata kuliah poetry kita.

Pelajaran yang menurut aku sangat asik juga adalah pelajaran linguistics, dimana kita belajar tentang ilmu bahasa yang di dalamnya terbagi menjadi beberapa cabang yaitu phonetics phonology, morphology, syntax, fonetics dan semantics. Nah di semester awal itu kita mengupas tentang sejarah bahasa, bagaimana bahasa tersebut bisa muncul dan bagaimana bahasa itu menghilang. Kemudian pada semester dua kita belajar tentang phonetics bagaimana cara memproduksi Untuk semester tiga itu kita belajar tentang morphology yaitu mengenai struktur kata bagimana kata itu bisa berdiri sendiri, dimana kata dasar atau morphem bisa berubah arti ataupun tidak berubah jika di tambah imbuhan prefix dan suffix. Biar lebih pahamnya saya kasih contoh kata kind, yang berarti baik jika kita tambahkan suffix ness menjadi kindness maka ia tidak berubah arti hanya berubah part of speechnya dari kata sifat berubah jadi kata kerja. Jika di tambahkan prefix misalnya un menjadi unkindness ia akan brubah arti menjadi tidak baik hati. Kurang lebih seperti itu, memang sedikit complicated tapi kalo kalian udah beajar akan jadi asik kok.

pmb2-min

Pada semester tiga juga kita mempunyai mata kuliah yang menurutku keren juga yaitu CCU atau Cross Cultural Understanding dimana kita mempelajari budaya lintas Negara dan pada ujian akhir kita akan mempunyai projek yang terbagi atas dua yaitu konser atau festival. Di konser itu kita aka membuat persembahan tari-tarian lintas Negara yang akan di tampilkan di atas panggung, dimana sebelumnya kita akan mempromosikan konser kita melalui penjualan tiket. Kemudian konser ini akan di saksikan para dosen utuk di nilai dan menjadi nilai akhir. Sama halnya dengan konser, festival kita mejual tentang berbagai sourfenir dan makanan dari lintas Negara meliouti, Eropa, Amerika, Asia. Jadi dalam satu angkatan kita akan bergotomg royong agar mempersiapkan suksesnya acarnya ini dan dari situlah kita lebih kompak dan lebih dekat secara emosional . Aku pribadi sangat menikmati kuliah di jurusan ini karna banyak hal yang aku dapat di sini mulai dari ilmu, pengalaman dan persahabatan.

Well, itulah beberapa pengalaman yang bisa saya share ke teman-teman sekalian semoga bermanfaaat mengenai perkuliahan di Juruan Bahasa Inggris di kampus merah maroon ini . Wassalamualaikumwarahmatullahi wabarakatuh

Cp :

Email : mitarahmi02@gmail.com

Instagram : rahmihtta17

Kode Konten : KL012

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *