Tips, Uncategorized

Kuliah Sambil Kerja, Memangnya Bisa?

Kuliah Sambil Kerja, Memangnya Bisa?

Banyak mahasiswa yang mempertanyakan, apakah bisa kuliah sambil bekerja? Karena selain mendapat uang saku tambahan, kuliah sambil bekerja memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Lalu, pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan sambil kuliah?

Kuliah sambil kerja

1. Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas adalah pekerjaan yang tidak terikat kontrak sehingga tidak terikat jam kerja serta tidak ada keharusan harus datang ke kantor. Pekerjaan ini banyak diincar mahasiswa karena jam bekerja dapat disesuaikan dengan jam perkuliahan.

2. Barista

Pekerjaan paruh waktu sebagai barista juga banyak diminati mahasiswa. Jam kerja yang kebanyakan di mulai setelah waktu perkuliahan menjadi bahan pertimbangan banyaknya mahasiswa yang berminat mengambil paruh waktu sebagai barista.

3. Reseller atau Dropshipper

Untuk mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang bisnis, menjadi reseller atau dropshipper tentu menjadi pilihan menarik. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dengan pertimbangan jam kerja yang fleksibel dengan modal yang tidak terlalu besar.

4. Guru Private

Untuk kamu yang mengambil jurusan pendidikan, menjadi guru private bisa menjadi pekerjaan sampingan di sela-sela kuliah. Menjadi guru private juga dapat mengasah kemampuan mengajarmu.

intipkuliah-web1

 

Tips Mencari Pekerjaan Sampingan sambil Kuliah

Saat ini, sudah banyak lowongan pekerjaan sampingan atau paruh waktu yang terbuka untuk mahasiswa. Berikut beberapa tips mencari pekerjaan sampingan sambil kuliah

1. Ikuti Akun Social Media Informasi Lowongan Pekerjaan

Ada banyak sekali akun yang memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia sesuai domisilinya. Kamu bisa mengikuti akun loker yang sesuai dengan domisili untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terkini sesuai domisilimu.

2. Bangun Branding di Platform Loker

Sambil menunggu adanya lowongan pekerjaan yang sesuai, kamu bisa mulai bangun personal brandingmu di platform yang menghubungkan para profesional dalam dunia pekerjaan, salah satunya adalah linkedin. 

Jangan lupa untuk membangun relasi profesional dan aktif mencari lowongan di platform tersebut.

3. Manfaatkan Platform Freelance

Freelance adalah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di sela-sela kuliah karena waktu bekerja yang fleksibel dan dapat dikerjakan dari mana saja.

Informasi pekerjaan freelance bisa kamu dapatkan melalui beberapa situs online khusus freelance seperti niobis dan lainnya.

4. Cari Informasi dari Kampus

Informasi dari kampus atau kakak tingkat mengenai pekerjaan sampingan atau paruh waktu dapat menjembatanimu mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliahmu.

“Intip cerita dan pengalaman kuliah dari berbagai jurusan di intipkuliah.com

 

Tips Mengoptimalkan Kuliah Sambil Bekerja Agar Seimbang

Jika kamu sudah berkomitmen akan menjalani kehidupan perkuliahan sambil bekerja, simak beberapa tips berikut supata kuliah dan bekerja bisa berjalan optimal

1. Fokus

Salah satu kunci utama adalah fokus. Fokus disini tidak memberatkan pada satu peran, namun pada dua peran sekaligus. Jika sedang kuliah, maka fokuslah untuk kuliah. Namun jika sedang bekerja, maka fokuslah pada pekerjaanmu.

2. Time Management

Seperti kata pepatah bahwa waktu itu berharga, maka kamu dituntut untuk bisa mengatur waktu agar perkuliahan dan pekerjaan dapat berjalan seimbang. Jangan lupa untuk istirahat cukup, karena kuliah sambil bekerja bukanlah sesuatu yang mudah.

3. Upgrade Skill dan Perkembangan Diri

Kuliah sambil bekerja memberimu kesempatan untuk dapat menambah skill dan mengembangkan diri sebelum mulai memasuki kehidupan pekerjaan yang sebenarnya. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya dari tempat kamu bekerja sebagai bekal untuk memasuki kehidupan pekerjaan yang sesungguhnya.

 

Tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan di sela-sela kuliah untuk mencari pengalaman dan tambahan uang jajan. Namun, pastikan pekerjaan yang kamu ambil tidak membuatmu lalai dari tanggungjawabmu sebagai mahasiswa.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.