Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNESA (Aisyah)

Halo sobat intipers! Aku Siti Aisyah dari Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNESA angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya seperti apa?

Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan jarang yang tau, kalo di UNESA di singkat KTP. Jurusan ini tidak banyak dan tidak ada di semua kampus, di Indonesia ada 25 kampus yang punya jurusan ini. Di jawatimur hanya ada 2-3 kampus salah satunya di UNESA dan malang, ada juga di bali. Di univ lain biasanya hanya teknologi pendidikan, tapi kalo di UNESA ada tambahan kurikulumnya, yang membedakan di UNESA ini ada kurikulum dan teknologi pendidikan dan ada dua jurusan, prodinya teknologi pendidikan. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Kalo di kurikulum diajarin cara buat kurikulum. Mulai dari sejarah kurikulum dari masa kemerdekaan sampai sekarang. Kita belajar cara ngembangin dan evaluasinya. Jadi kita tau perkembangan kurikulum di indonesia. Misalkan sempet tahun 2013, 2016 ada perevisian K-13, jadi kita tahu kenapa direvisi dan kenapa di ganti. Kedepannya juga, misal tahun 2022 ada kurikulum baru, alasannya kita tahu, ngikutin perkembangan zaman.

Kalo di teknologi pendidikan hampir sama dengan univ lain. Kita diajarin media pembelajaran, lebih membantu menyelesaikan masalah pendidikan yang ada di indonesia. Kaya di sekolah tertentu kenapa anak kurang bisa menerima pelajaran, nanti kita evaluasi. Oh ternyata masalahnya ada di media pembelajaran dan gurunya. Baru nanti kita bantu membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. Di KTP enaknya lebih ke seni pendidikan ia dan seni teknik ia, kalo di tekniknya itu kita belajar fotografi, desai poster 2 dimensi, pembuatan animasi 3 dimensi, pembuatan film, pembuatan media 3 dimensi seperti buat patung. Di DKV belajar desain juga kan, nah kalo kita di KTP belajar media audio, seperti podcast dongeng, tujuannya untuk membuat media pembelajaran yang ditujukan ke sekolah.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNESA?

Teknolgi pendidikan ini masuk ke soshum, dulu ga pernah kepikiran dan ga tau jurusan ini apa. Aku tau karena direkomendasikan oleh guru BK, jurusan ini dulu aku simpan di pilihan kedua. awalnya disaranin manajemen pendidikan, ternyata setelah aku search aku kurang srek, terus coba di KTP dan cari informasinya akhirnya acc. Harapannya masuk di pilihan pertama teknik pangan, ternyata rezekinya di pilihan kedua, ya udah. Pada awal masuk kuliah sih ko ternyata belajarnya gini dan ngerasa salah jurusan karena kaget, culter shock mungkin padahal itu jurusan yang dipilih. Ternyata lama kelamaan jadi paham dan pas dulu pas SMA ada untungnya juga sering ikut organisasi, di acara bagian dedok, dokumentasi dan desain, ada bekal desain, jadi ga ketinggalan banget sama temen yang lain, terus dijalanin dan asik-asik juga.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Jurusan aku kan masuknya fakultas ilmu pendidikan emang beberapa ada satu atau dua mata kuliah yang sama, kaya pendidikan ada strategi pembelajarannya, kalo di KTP ada evaluasi kurikulum, desain pembelajaran ada audio visual dan foto, jadi bedanya lebih ke penjurusannya.

Slide1

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo di jurusan ga ada, cuma kalo di KTP sendiri kalo udah semester 3 harus punya penjurusan di diri sendiri, mau ke media atau kurikulum biar lebih dipelajari. Kalo aku rencananya ingin di kurikulum, karena kalo media udah banyak yang kesana.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

KTP masuk ke UNESA, jalurnya kaya biasanya, SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri juga ada beasiswa lainnya. Informasi pendaftaran bisa di akses di LTMPT untuk SNMPTN dan SBMPTN, kalo lebih dalem ada website ktp.fip.unesa.ac.id sama di instragram @teknologipendidikan_UNESA.

Ada tips buat mahasiswa baru Kurikulum dan Teknologi Pendidikan UNESA?

Kalo KTP  di SNMPTN benar-benar dilihart dari nilai dan prestasi yang dilampirkan. Dulu juga ada temenku yang sama-sama daftar dan jauh lebih pintar dibanding aku tapi dia ga lampirin sertifikat jadi dia ga masuk, dan ternyarta itu bener-bener dilihat, SDM di KTP ini ditekankan yang punya prestasi. Kalo mau masuk untuk maba, masuk aja, desai jadi bekal paling dasar, tapi kalo ada yang ga bisa dan udah masuk, mau ga mau harus belajar. Peraturan di UNESA sendiri santai ga begitu ketat.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja, alumni udah ada di kemendikbud dibagian evaluasi kurikulumnya, guru multimedia SMK, pusat pendidikan latihan dibagian penyusunan kurikulum, di balai pengembangan media.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengennya lanjut S2 karena ingin jadi dosen juga.

Kode konten: C299

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *