Tips, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia

Sobat Intipers Berencana Lanjut Kuliah S2? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut

Sobat Intipers Berencana Lanjut Kuliah S2? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut

Kamu Berencana Lanjut S2? Pertimbangkan Hal-Hal Berikut Agar Kamu Tidak Menyesal

Halo Sobat Intipers! Kamu berencana Lanjut S2 setelah lulus dari gelar sarjana? Kalau begitu pertimbangkan hal-hal berikut agar kamu tidak menyesal ya. Kali ini mimin akan bantu untuk berikan informasi dan gagasan mengenai kuliah lanjut S2. Sebelumnya mimin ingin mengucapkan selamat kepada para sobat yang sudah berhasil menyelesaikan studi tingkat sarjananya terimakasih sobat kalian sudah berjuang untuk diri sendiri pada segi akademik. Kelulusan bukanlah garis finish dari perjalanan karir ya, beberapa dari sobat Intipers mungkin sudah mantap dengan keputusan akan tujuan karir selanjutnya. Apapun keputusan dari sobat Intipers itu bukanlah suatu masalah, karena yang terpenting adalah bagaimana sobat intipers bertangung jawab dan berkomitmen melanjutkan perkembangan karirnya. Pada umumnya sebagai seorang mahasiswa, sobat udah memiliki pilihan antara kerja atau lanjut S2. Nah bagi sobat intipers yang berencana untuk melanjutkan kuliah lanjut S2, berikut mimin punya sedikit pesan agar sobat bisa mempertimbangkan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melanjutkan kuliah S2. Skuuyy!

1. Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Lanjut S2.

Ketika kita memasuki dunia perkuliahan, sudah pasti dong status kita adalah pelajar. Pelajar punya kewajiban yaitu belajar dan belajar. Perlu sobat Intipers sadari bahwa menjadi seorang pelajar lagi, setelah menjadi alumni tingkat sarjana itu harus naik satu level. Mengapa? Ya jelas, karena status kita jika diterima di fakultas pascasarjana S2 adalah mahasiswa pascasarjana. Belajar saja itu tidak cukup sobat, jika tidak dibarengi dengan ketekunan dan kedisplinan.

Pertama, sobat harus memiliki motivasi yang kuat untuk belajar. Karena di lingkup perkuliahan tingkat magister itu lebih untuk menyempurnakan ilmu yang sebagian sudah kita pelajari pada S1. Pada perkuliahan S2 nanti, daya analisis dan logis kita semakin diasah dan kita mulai terbiasa untuk berpikir kritis. Tak hanya itu, sobat juga harus memperluas relasi dengan teman-teman, kakak tingkat dan para dosen terhormat agar sobat tidak sekedar masuk kuliah lalu pulang membawa ilmu. Nongki-nongki membicarakan hal akademis dengan orang yang lebih berpengalaman juga asik loh.

Kedua, sobat Intipers harus siap nantinya untuk beradaptasi kembali di lingkup kampus yang teman-temannya beragam. Kebanyakan, mahasiswa S2 itu sudah ada yang bekerja, ada yang nyambi dengan pekerjaan paruh waktu dan ada juga yang pure sebagai seorang mahasiswa. Nah, disini sobat perlu insiatif untuk mencari dan mendapatkan teman yang bisa memberikan dampak positif untuk sobat nantinya. Fun fact nya di perkuliahan S2 masih ada sistem kerja kelompok loh hehehe yang nantinya hasil diskusi dipresentasikan seperti biasa.

Ketiga, perkuliahan jenjang S2 itu mengasah banyak kemampuan. Apa saja kemampuan yang akan kamu asah di perkuliahan S2 nanti? Nah, menurut pengalaman mimin sebagai seorang mahasiswa S2 Fakultas Pendidikan pastinya skill teaching akan semakin diasah disana. Karena mengajar bukankah hanya sekedar memberikan materi menurut kurikulum ya. Tapi bagaimana kita mengolah daya kreatifitas kita agar ilmunya dapat dipahami dan terkonsep pada siswa ajar itulah yang akan sobat tingkatkan. Kemampuan menulis juga harus sobat latih sejak dini, karena perkulihan S2 lebih banyak untuk mempelajari jurnal-jurnal yang terindeks. Dan ketika sobat menjadi mahasiwa S2 nanti, mulai terbiasa dengan menulis jurnal ilmiah dan laporan proyeksi penelitian. Karena ketika sobat telah lulus magister nanti, sobat bisa di dedikasikan menjadi seorang dosen.

intipkuliah-web1

Keempat, karena melanjutkan kuliah S2 adalah kembali menjadi mahasiswa magister sobat harus siap dengan waktu sehari-hari yang digunakan untuk kuliah dan berkutat pada tugas. Pada perkuliahan S2, mahasiswa juga diberikan tugas dari sang dosen atau profesor. Mungkin beberapa dari sobat Intipers sudah siap menanggung tugas ya, tapi memang itulah faktanya. Sobat juga harus menerima tanggung jawab penuh sebagai seorang mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa S2 juga tidak menutup kemungkinan untuk bekerja kok, banyak dari teman-teman mimin di kampus ada juga yang sudah menjadi guru dan bekerja di salah satu perusahaan swasta. Tapi mereka tidak melepas tanggung jawab menjadi seorang mahasiswa ya, mereka juga mentuntaskan tugas kuliah dan kewajiban lain sebagai seorang mahasiswa.

Terakhir, yang paling penting adalah tentang cita-cita dan arah tujuan sobat dalam hal berkarir. Contohnya, jika memang sobat dikemudian hari ingin menjadi seorang dosen, insinyur, profesor, supervisor atau profesi lainnya yang mewajibkan harus menempuh pendidikan jenjang S2 mungkin inilah salah satu tanda yang tepat untuk sobat melanjutkan kuliah S2. Tapi kembali lagi kepada sobat Intipers disana ya, kalau memang sobat ingin bekerja terlebih dahulu tidak apa-apa semua orang mempunyai perjalanan karir masing-masing ya.

2. Kiat-Kiat Agar Lolos Tes Seleksi Kuliah Tingkat S2.

Sama halnya dengan sobat Intipers yang sebelumnya harus melalui tes masuk perguruan tinggi. Pada jenjang S2 juga diwajibkan untuk mengikuti tes dan beberapa persyaratan lainnya. Apa saja kiat-kiat untuk lolos tes masuk kuliah tingkat S2? Simak berikut:

  • Pelajari kembali mata kuliah yang sobat dapatkan sewaktu kuliah S1 dulu. Karena ada beberapa universitas yang mensyaratkan tes program studi pada tes seleksi pascarjana S2 salah satunya UNNES dan UPI. Cek lebih lanjut lewat web resmi UNNES ¬†dan UPI disini.
  • Yap! Mulai sekarang bagi sobat yang masih anti dengan bahasa inggris dan segala tesnya, yuk belajar lagi bahasa inggrisnya. Mulai dari writing, listening, reading dan struktur-struktur tes TOEFL lainnya. Sebagian besar tes seleksi masuk pascasarjana S2 salah satunya ada bahasa inggris. Karena dalam perkuliahannya nanti sobat juga akan disuguhkan dan wajib memperlajari jurnal-jurnal asing. Tak hanya itu, sobat juga mungkin akan mendapatkan seminar internasional dimana narasumbernya berasal dari luar negeri. Nah, berikut salah satu Universitas yang mensyaratkan Tes TOEFL sebagai tes seleksi masuk fakultas pascasarjana S2 di kampus UGM.¬†
  • Manfaatkan informasi dari teman-teman yang lanjut kuliah ke jenjang S2, kakat tingkat sobat sampai dosen yang nantinya akan memberikan sobat rekomendasi untuk kepentingan pendaftaran S2 nya. Sobat bisa berdiskusi tentang kampus yang memang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan dengan proyeksi ke depan sobat setelah lulus sebagai magister.

3. Prospek Kerja Tingkat Pendidikan S2.

Sebenarnya prospek kerja pada setiap tingkat pendidikan beragam ya sobat. Jika sobat adalah lulusan mahasiswa magister kesempatan sobat dalam dunia karir lebih luas. Contohnya, jika sobat sudah bekerja di salah satu perusahaan dan kebetulan sobat adalah lulusan S2, otomatis sobat mempunyai kesempatan untuk dipromosikan atau kenaikan pangkat. Bagi sobat yang ingin memilih jalan karir pada PNS, nah sobat lulusan S2 juga bisa menyesuaikan gelar pendidikan dengan gelar pendidikan terakhir, S2 dengan tujuan kenaikan pangkat. Pada beberapa perusahaan lulusan S2 juga lebih banyak dipercaya untuk menghandle beberapa divisi penting, misalnya Supervisor, Pengawas Pelaksana, ataupun Branch Manager. Selebihnya prospek kerja tingkat pendidikan S2 itu meluas ya sobat, jadi tidak rugi kok mencari-cari informasi terkait prospek kerja tingkat S2 ini, siapa tau sobat jadi lebih mantap untuk lanjut kuliah S2. Berikut mimin cantumkan artikel yang bisa membantu sobat tentang prospek kerja tingkat S2 lebih lanjut disini ya.

Baik, poin-poin diatas mimin tulis berdasarkan gagasan dan hasil pencarian informasi dari mimin ya. Semangat untuk para sobat Intipers ya! Belajar adalah hal yang menyenangkan jika dilakukan dengan sepenuh hati kok.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.