Tips

Maba Wajib Tahu! Ini 5 Hard Skill Yang Berguna Di Kampus

Maba Wajib Tahu! Ini 5 Hard Skill Yang Berguna Di Kampus

Halo Intipers, apakah kamu tahu apa itu hard skill? Singkatnya, hard skill adalah kemampuan yang kamu dapatkan melalui pendidikan, latihan dan juga praktik.

Mungkin di sekolah kamu sudah belajar banyak sekali hard skill yang berguna untuk kehidupan sekolah dan sehari-hari.

Dari beberapa hard skill yang sudah kamu pelajari, mungkin saja ada yang akan sangat berguna ketika kamu masuk ke dunia kampus.

Mau tahu apa saja hard skill tersebut? Check it out, Intipers!

Hard Skill Video Editing

Skill video editing akan sangat membantu kamu, baik ketika kamu mengerjakan tugas perkuliahan maupun ketika kamu berorganisasi.

intipkuliah-web1

“Lho? Aku kan kuliahnya bukan mau masuk industri kreatif Kak.”

Eits, kamu perlu tau Intipers. Semenjak kuliah online, presentase penugasan membuat video meningkat pesat!

Banyak sekali mahasiswa dari berbaagai jurusan mendapatkan penugasan membuat video, untuk kemudian dikirimkan ke dosen. Dimana artinya, video tersebut membutuhkan editing. Nah di sini lah skill video editing kamu diuji.

Lain ceritanya jika kamu masuk organisasi. Kamu akan jadi rebutan para koordinator Humas Publikasi dan Dokumentasi (HPD) jika kamu bisa video editing.

Karena kamu pasti sangat membantu, baik dalam membuat konten maupun memberi pelatihan video editing ke sesama teman.

So, jadi makin niat untuk belajar video editing, Intipers?

Hard Skill Desain Grafis

Jika kamu akrab dengan duna edit-edit gambar, wah selamat Intipers. Kamu akan sejahtera di dunia kuliah!

Penugasan kuliah tak jarang juga menuntut skill desain grafis lho, Intipers. Misalnya tugas membuat poster, infografis atau bahkan tugas magang sebagai graphic design.

Bayangkan jika kamu gak jago edit gambar dan tiba-tiba dapat tugas bikin poster dari dosen. Waduh! Bisa-bisa nilai kamu dipertaruhkan nih, Intipers.

Selain itu, keterampilan ini juga akan membantu kamu dalam berorganisasi. Banyak sekali event organisasi yang membutuhkan poster, brosur serta editing lainnya untuk menunjang jalannya acara.

Gak perlu langsung jago. Minimal kamu paham penggunaan beberapa tools untuk desain grafis, Intipers!

Hard Skill Writing

Skill writing akan jadi salah satu top skill pembantu kamu di dunia perkuliahan, Intipers. Pastinya kamu akan bertemu dengan berbagai tugas kepenulisan. Dari membuat esai sampai membuat artikel.

Mungkin skill ini lebih berlaku untuk jurusan yang melibatkan banyak kegiatan tulis-menulis, tetapi cukup worth it untuk dilatih lho, Intipers.

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengungkapkan isi pikiran mereka ke dalam tulisan. Biasanya hal ini yang membuat tugas tulis-menulis cukup menyulitkan.

Namun jika skill writing kamu sudah terlatih, maka kamu akan lebih terbantu dalam menyelesaikan tugas yang menuntut keterampilan menulis.

Alhasil tugas jadi cepat selesai, kamu punya banyak waktu luang dan nilai kamu jadi aman deh!

Berbahasa Asing

Saat kamu berkuliah, tentunya kamu akan berurusan dengan berbagai bahasa asing. Terutama untuk kamu yang berkuliah di jurusan bahasa asing.

Namun, jika kamu berkuliah di jurusan selain bahasa asing, minimal kamu bisa berbahasa Inggris.

Karena tak jarang kamu akan dihadapkan dengan penugasan yang membutuhkan sumber dari jurnal bahasa Inggris atau situs berbahasa Inggris.

Pastinya akan ada banyak sekali kesempatan seperti pertukaran pelajar atau magang dengan perusahaan asing yang mewajibkan kamu untuk bisa berbahasa Inggris.

Saat kamu menyusun skripsi pun, kamu akan lebih mudah mendapatkan bahan dan data dari jurnal Internasional jika kamu jago berbahasa Inggris!

“Tapi Kak, kan bisa pake Google Translate aja.”

Bayangkan, lebih cepat mana penyelesaian tugasmu antara memakai Google Translate atau menggunakan skill berbahasa kamu?

Pastinya lebih cepat jika kamu punya skill bahasa asing kan?

Microsoft Product

Memahami penggunaan Microsoft Product seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan lain-lain akan sangat menolong kamu, Intipers!

Justru di era sekarang, keterampilan ini bisa dibilang sebagai skill wajib mahasiswa. Karena berbagai kegiatan perkuliahan kamu akan banyak melibatkan Microsoft Product ini.

Dari membuat laporan, menghitung data penelitian, hingga membuat PPT presentasi, kamu akan sangat membutuhkan penguasaan Microsoft Product.

Jadi, perbanyak lah latihan berbagai Microsoft Product ya, Intipers!

Masih ada banyak sekali skill yang akan menunjang kegiatan kampus kamu, Intipers. Intip Kuliah hanya merangkum beberapanya saja untuk kamu!

Apakah Intipers mau tahu buku rekomendasi self improvement untuk mahasiswa baru? Kamu bisa langsung baca artikel di bawah ini!

5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Mahasiswa Baru

Atau mungkin, Sobat Intipers masih belum yakin sama jurusan kuliah yang mau diambil? Kamu bisa kepoin berbagai live Instagram Intip Kuliah dengan klik di bawah ini!

Live Instagram Intip Kuliah

Sampai jumpa lagi, Sobat Intipers! Semangat selalu, baik dalam meraih mimpi ataupun dalam berkuliah!

Sindy Prisila
Seorang mahasiswi psikologi yang memiliki minat besar terkait dunia copywriting, content writing, dan SEO. Gemar mengeksplorasi berbagai pengalaman terkait psikologi dan dunia literasi.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.