Tips

Maba Wajib Tahu! Kenali Jenis Organisasi Kampus sebelum Gabung

Maba Wajib Tahu! Kenali Jenis Organisasi Kampus sebelum Gabung

Kamu yang ingin berprestasi sekaligus memiliki pengalaman bekerja sama dengan orang lain, mungkin, bisa mencoba bergabung ke organisasi kampus. Bagi kamu mahasiswa baru yang masih adaptasi dengan lingkungan kampus, kenali juga jenis organisasi kampus sebelum gabung.

Jenis Organisasi Internal Kampus

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

jenis organisasi kampus

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan organisasi yang satu ini. BEM merupakan organisasi umum yang ada di kampus karena anggotanya berasal dari berbagai latar belakang program studi. Organisasi ini memiliki tugas di antaranya yaitu:

  1. Sebagai jembatan penyampaian aspirasi dari mahasiswa kepada pihak kampus.
  2. Mengelola organisasi-organisasi lainnya supaya tetap bersinergi.
  3. Mengorganisir berbagai kegiatan kampus seperti orientasi mahasiswa baru.
  4. Menjalin hubungan baik dan kerja sama dengan BEM kampus lain.
  5. dan lain-lain.

BEM terbagi menjadi tiga. BEM universitas berada di bawah rektorat dan anggotanya merupakan mahasiswa BEM berbagai fakultas. Misalnya BEM Universitas 11 Maret, BEM Universitas Trisakti, dan sebagainya.

Sedangkan untuk BEM fakultas cakupannya ialah mahasiswa yang berada di beberapa prodi di fakultas yang sama di bawah dekanat. Misalnya BEM Fakultas Bahasa dan Seni, BEM Fakultas Psikologi, dan sebagainya.

Baca juga: Organisasi dan Volunteer Menjadi Pelengkap Kehidupan Kuliah

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Untuk yang terakhir ada BEM program studi yang terdiri dari mahasiswa suatu prodi. Namun ada pula beberapa prodi yang tidak memiliki BEM dan disebut dengan HIMA. BEM prodi misalnya BEMP Sastra Indonesia, BEMP Teknik Elektro, dan lain sebagainya.

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) atau Lembaga Legislatif Mahasiswa (LLM)

jenis organisasi kampus

Organisasi ini bisa dibilang sebagai legislatif di kampus yang memiliki tugas pengawasan terhadap BEM yang merupakan eksekutif. Anggota dari DPM biasanya diajukan atau dipilih sesuai kesepakatan.

DPM atau LLM memiliki tugas yang berbeda dengan BEM karena menjalankan fungsi legislasi. Beberapa tugas yang dilakukan oleh DPM yaitu:

  1. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa.
  2. Membuat dan melakukan perubahan produk perundang-undangan.
  3. Mengawasi kinerja BEM.
  4. Memiliki fungsi advokasi untuk mahasiswa yang disampaikan kepada pihak kampus.

Himpunan Mahasiswa (HIMA)

jenis organisasi kampus

Kamu bisa memilih organisasi kampus dengan lingkup yang lebih kecil yaitu HIMA. Organisasi ini terbatas untuk mahasiswa dari program studi atau jurusan tertentu saja. Misalnya yaitu HIMA Seni Rupa, HIMA Akuntansi, dan lain sebagainya.

Baca juga: KENAPA HARUS KULIAH

HIMA memiliki tugas yang berbeda dengan organisasi lainnya. Organisasi ini spesifik fokus pada pengembangan mahasiswa di jurusannya. Kegiatan yang dilakukan juga menyasar mahasiswa program studi tersebut.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

jenis organisasi kampus

Organisasi ini cocok bagi kamu yang memiliki minat bakat seperti olahraga dan kesenian. Terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang bisa kamu ikuti.

Setiap kampus memiliki UKM yang berbeda-beda. Contoh beberapa UKM yang umumnya ada di kampus yaitu seperti Pers Mahasiswa, Pecinta Alam, UKM beladiri, Marching Band, UKM Fotografi, UKM Band, dan lain-lain.

Komunitas Kampus

jenis organisasi kampus

Komunitas ini berdiri bisa secara sah dengan adanya legalitas formal atau yang hanya bersifat perkumpulan saja. Biasanya lebih bersifat kesamaan minat, misalkan komunitas diskusi, komunitas menulis, dan lainnya.

Bisa berupa perkumpulan gamers, esports, keagamaan, dan komunitas lainnya. Biasanya komunitas kampus terdiri dari sekumpulan orang dengan hobi atau minat yang sama.

Jenis Organisasi Eksternal Kampus

jenis organisasi kampus

Skala organisasi eksternal mencakup organisasi nasional, biasanya disebut pengurus besar dan bertempat di Jakarta. Dalam organisasi eksternal kamus ini biasanya diisi oleh anggota yang mengikuti organisasi kampus internal yang serupa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Mahasiswa Baru

Untuk organisasi memang tidak bersinggungan langsung dengan struktur kampus mana pun. Namun organisasi ini terus aktif menghubungkan mahasiswa antarkampus secara nasional.

Organisasi ekstra kampus memiliki tugas melakukan pengkaderan untuk nantinya kader tersebut membumikan nilai idealis gerakan organisasi. Contoh organisasi ekstra kampus antara lain : PMII, HMI, GMKI, PMKRI, IMM, KAMMI, GMNI, LMND, dan lainnya.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.