Orientasi

Magang di Kantor Pemerintahan

Assalamualaikum sahabat intipkuliah, perkenalkan namaku Tira Apitriani Maretha dari Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Siliwangi Tasikmalaya angkatan 2016.  Aku baru saja menyelesaikan magang di Kantor Pemerintahan, tepatnya di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tasikmalaya. Di tempat ini, aku bersama empat orang temanku diberikan arahan dan bimbingan yang sebelumnya tidak diajarkan di bangku kuliah. Untuk waktu magang yang hanya satu bulan saja, aku dan teman-temanku memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari dan memahami seputar dunia kerja.

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tasikmalaya memiliki 3 Kasi yang terdiri dari Kasi Kewaspadaan Daerah (Wasda), Kasi Politik Dalam Negeri (Poldagri) dan Kasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. Kebetulan aku ditempatkan di Kasi Kewaspadaan Daerah (Wasda) dengan salah satu tugas melayani masyarakat  membuatkan surat administrasi bagi yang akan melakukan penelitian untuk tugas skripsi, KKN atau observasi lainnya. Selain tugas tersebut Kasi ini juga melakukan pemantauan, evaluasi dan pelaporan terhadap kewaspadaan daerah di Kabupaten Tasikmalaya. Selanjutnya, Kasi Poldagri dengan tugas memfasilitasi lembaga pemerintahan seperti lembaga partai politik, pendidikan dan pendaftaran organisasi kemasyarakatan (yayasan, ormas dsb). Terakhir Kasi Wasbang memiliki tugas akan pengamalan Pancasila dan karakter kebangsaan serta bela negara dalam wujud program diadakannya seminar tentang wawasan kebangsaan di sekolah-sekolah atau lembaga tertentu.  Karena sifat Kantor yang hanya melayani masyarakat, seringkali satu hari itu tidak ada orang yang datang sama sekali bahkan kalau sedang banyak-banyaknya bisa kelabakan. Untuk menyiasati tidak adanya pekerjaan, seringkali aku bersama teman-temanku membantu tugas Kasi lain atau hanya sekedar mencatat registrasi surat masuk.

Bagiku, hal yang paling menyenangkan di tempatkan di Kasi  Wasda  yaitu dituntut untuk belajar fokus dan cekatan dalam melayani masyarakat. Selain itu juga dibutuhkan ketelitian dalam hal pengetikkan surat administrasi dan laporan lain dalam membuatnya.

promo-web

Demikianlah pengalaman magang di Kantor Pemerintahan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan akan dunia kerja, Terimakasih.

Kode Konten: K0040

Komen dibawah! 1

  1. Afrianti rizki

    Halo kak.

    senang bisa membaca artikel kakak. sebelumnya perkenalkan kak, saya afrianti rizki mahasiswi Universitas Riau jurusan Ilmu Pemerintahan S1. izin bertanya kak, untuk persyaratan magang dikantor pemerintahan itu apa saja ya kak? dan bagaimana cara mengurusnya kak? apakah kita akan di training atau pebekalan dulu sebelum magang kak? apa saja yang akan kita lakukan selama magang kak? apakah kita bisa memilih salah satu dari semua kantor pemerintahan baik itu legislatif eksekutif ataupun yudikatif kak?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *