Magister Ilmu Ekonomi, Universitas Gadjah Mada

Magister Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada (Shochi)

Halo sobat intipers! Aku Sochi dari Magister Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada Vania dari Universitas Andalas angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliahku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau berdiskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan di balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, Magister Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada Ilmu seperti apa?

Ilmu ekonomi belajar tentang transaksi jual beli, tentang bagaimana uang itu beredar. Namun, secara garis besar ilmu ekonomi itu mempelajari bagaimana manusia berperilaku, bersosialisasi dan berinteraksi satu sama lain dengan keadaan ekonomi di sekitarnya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Magister Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada?

Kalau ambil jurusan ekonomi itu dulu waktu SMA aku mengenal mata pelajaran ekonomi di kelas 2 SMA karena ambil jurusan IPS. Dan aku memilih fokus ke mata pelajaran ekonomi karena pada saat itu aku ditunjuk sebagai perwakilan siswa untuk olimpiade ekonomi. Jadi dari situ aku tertarik dengan ilmu ekonomi.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Di Ilmu Ekonomi itu setiap Universitas berbeda ada Ekonomi Pembangunan ada Ilmu Ekonomi, ada juga gabungan. Fokusnya juga berbeda-beda, kalau ilmu ekonomi berfokus pada teorinya untuk ekonomi pembangunan lebih ke praktik bagaimana teori itu diterapkan di kehidupan nyata. Dan bedanya praktikum ekonomi dengan praktikum yang lain kita lebih fokus ke data bukan praktikum yang perlu turun di lapangan. Kita analisis data yang sudah ada di internet dengan menggunakan alat, ada data fanel, GMM, KLS jadi lebih sedikit turun lapangan tapi seru.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada beberapa konsentrasi misalnya mahasiswa baru yang masuk di Ilmu Ekonomi mereka bisa memilih mau fokus kemana Ilmu Ekonomi Publik, Perbankan, Keuangan Daerah. Jadi Ekonomi itu bisa aku bilang ilmu dasar untuk bersosial ekonomi.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Untuk jalur masuk sendiri yang saya tahu untuk S2 nya ada beasiswa baik dari pemerintahan maupun swasta. Kalau aku pribadi melalui jalur regular atau tes, misalnya tes potensi akademik, tes bahasa inggris, tes yang berkaitan sama jurusannya. Untuk S2 sendiri tidak banyak dan tidak sedikit juga dan tetap butuh usaha untuk masuk jurusan S2.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau aku kasih saran atau masukan sebelum kalian lulus ada mata kuliah konsentrasi kalian bisa milih setelah lulus mau kemana, karena nanti berkaitan dengan pekerjaan yang akan kalian ambil. Jadi kalian harus tau sebelum lulus mau kemana dulu, biar nanti pas lulus tidak bingung.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebelum kalian milih mata kuliah konsentrasi memang harus dipersiapkan, untuk prospek kerja ilmu ekonomi itu banyak banget ada data analis sangat dibutuhkan oleh perusahaan, mau masuk ke instansi ke pemerintahan juga bisa, kalau perbankan itu juga lebih banyak. Untuk ilmu ekonomi mayoritas masuk di instansi pemerintahan atau perbankan.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Ada beberapa rencana setelah lulus, inginnya nanti setelah lulus S2 dalam waktu dekat pengen kerja di kementrian atau di BUMN. Serunya S2 kalian bisa kuliah sambil bekerja, karena perkuliahannya sangat singkat jadi kalian bisa sambil kuliah. Jadi memang beberapa kompentensi di Ilmu Ekonomi itu sangat menghasilkan.

Q&A

  1. Kasih tips dan trik bagaimana mengatur uang?

Kalau buat tips dan trik biar keuangan tidak seret biasanya kita bagi per porsi dari kebutuhan, keinginan atau dana darurat.

Kode konten:C892

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.