Peternakan, Universitas Gadjah Mada

Magister Ilmu Peternakan UGM (Glorina)

Magister Ilmu Peternakan UGM (Glorina)

Hallo intipers. Perkanalkan saya Glorina Desviani, mahasiswa Pascasarjana Program Magister Ilmu Peternakan UGM angkatan 2019. Disini saya akan membagikan pengalaman kuliah khususnya dibidang peternakan. Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa saja yang dipelajari di Program Magister Ilmu Peternakan UGM?

Ada yang bilang “masuk fakultas peternakan hanya mempelajari sapi saja”. Dari pernyataan ini sangatlah salah besar. Pada dasarnya, mahasiswa Fakultas Peternakan baik S1 maupun S2 mempelajari banyak sekali cabang ilmu peternakan, biasanya lebih dikenal dengan istilah pembelajaran dari Hulu-Hilir. Beberapa point silabus perkuliahan membahas tentang Filsafat Ilmu, Desain Penelitian, Sistem Produksi Ternak, Nutrisi dan Pakan, Pengembangan Sumber Daya Genetik Ternak, Kebijakan Agrobisnis dan Pengolahan Modern Hasil Ternak. Jadi, tidak hanya mempelajari ruminansia besar seperti sapi saja, tetapi juga ruminansia kecil, unggas, nutrisi ternak, agribisnis peternakan, pengolahan hasil peternakan, kebijakan pemerintah terkait peternakan dan isu lingkungan terkait peternakan.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa saja mata kuliahnya?

Setiap silabus memiliki mata kuliah yang bisa disesuai dengan keinginan pendalaman kita. Contohnya kita mengambil mata kuliah genetik kita bisa mempelajari fisiologi, reproduksi dan pemuliaan ternak. Bisa juga mengambil produksi yang mempelajari sistem produksi ternak perah, potong, kerja dan kesayangan serta unggas selain itu juga bisa mempelajari industri produksi. Ketika kita berfokus pada nutrisi dan pakan akan mempelajari Biokimia, Biodinamika, Pabrikasi, Mikrobiologi, Teknologi Fermentasi dan Kontrol Kualitas Pakan. Pada umumnya setiap, perkuliahan diberikan tugas berupa paper, artikel, studi kasus maupun praktikum di laboratorium maupun dilapangan dengan harapan  mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dirinya.

Apa saja konsentrasi ilmu yang disediakan di Program Magister Ilmu Peternakan UGM?

Ada 5 konsentrasi (Departemen) yang tersedia, setiap departemen ini memiliki laboratorium dan Unit Pelaksana Teknis sebagai penunjang kegiatan pembelajaran mahasiswa. Selain itu, para Dosen juga akan melibatkan mahasiswa dalam penelitian maupun pengabdian masyarakat sehingga besar peluang untuk mengembangkan kemampuan diri.  Program Magister Ilmu Peternakan UGM memiliki konsentrasi (Departemen) sebanyak 5 yakni:

  • Nutrisi Makan Ternak
  • Produksi Ternak
  • Sosial Ekonomi Peternakan
  • Teknologi Hasil Ternak
  • Reproduksi dan Pemuliaan Ternak (REPELITA).

pmb2-min

Tips untuk Mahasiswa baru (Maba) di Program Magister Ilmu Peternakan UGM?

Pastinya kita harus lulus administrasi yang disyaratkan oleh Program Magister Ilmu Peternakan UGM seperti fotocopy ijazah terakhir (S1), akreditasi jurusan dan kampus (S1), Toefl (400), TPA (450), Surat Keterangan Sehat dan lain-lain. Untuk yang akan mengambil jurusan ini kita harus benar-benar mulai mencintai dunia peternakan. Entah itu teori-teori fisiologi ternak, industri peternakan, kebijakan pemerintah maupun pelaksaan praktikum. Selain itu, untuk menambah pengalaman ikuti penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen, juga bisa mengikuti asistensi mata kuliah tertentu untuk mengasah softskill, magamg di perusahaan dan yang paling utama adalah perbanyak teman (relasi).

Prospek Program Magister Ilmu Peternakan UGM

Menurut survey yang saya lakukan, ada 2 type mahasiswa yang melanjutkan perkuliahan di Program Magister Ilmu Peternakan UGM. Type yang pertama adalah mahasiswa job seeker yang mendedikasikan dirinya dibidang peternakan dengan menjadi konsultan, dosen, guru, peneliti, manager  maupun bekerja dilingkup Kementrian Pertanian Indonesia. Sedangkan type yang kedua adalah mahasiswa job creator yang mengembangkan kemampuannya membangun bisnis dan jejaring peternakan baik itu skala farm sampai dengan idustri dengan tujuan menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Harapan dan Rencana Setelah Lulus?

Big plans saya setelah lulus pastinya ingin mendedikasikan diri melalui job seeker terlebih dahulu seperti menjadi dosen atau peneliti di suatu instansi dan mengembangkan inovasi teknologi yang saya ciptakan (Aplikasi REKS-EL) untuk mempermudah peternak dalam melakukan pencatatan atau rekording terhadap sapi perah. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk memulai membangun bisnis (job creator) khususnya on farm dibidang sapi perah, kambing dan pengolahan hasil samping peternakan. Harapannya dengan saya melakukan 2 jenis pekerjaan tersebut, perspektif terhadap dunia peternakan dipandang lebih luas lagi oleh orang lain.

Kode konten: X353

vianiglory
Tidak ada manusia pintar dan beruntung yang ada manusia yang mau melampui batas kemampuan sendiri

Komen dibawah! 1

  1. Arie

    Bismillah lanjut S2 ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *