Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia

Magister Pendidikan Matematika UPI (Idvan)

Magister Pendidikan Matematika UPI (Idvan)

Halo gais! Perkenalkan nama gue Idvan Aprizal Bintara, 23 tahun. Nama panggilan gue sesuai dengan nama channel Youtube gue yaitu “Van Atara”, Subscribe ya gais! hahaa. Oh iya sekarang gue lagi kuliah semester 2, S2 / Magister Pendidikan Matematika UPI / Universitas Pendidikan Indonesia.

For your information, gue juga menempuh pendidikan Sarjana di kampus yang sama yaitu S1 Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (Angkatan 2015). So buat yang mau tau tipe2 dosen di Pendidikan Matematika UPI, follow & DM me on Instagram @idvanbintara yaa! Eitss santai gais, buat kalian yang males ke Instagram gue gak masalah kok, itu buat yang mau tau lebih jauh aja gais, karena disini gue juga bakalan cerita pengalaman gue selama kuliah. Langsung saja, Check this out!

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat gue balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

promo-web

 

Kuliah Magister Pendidikan Matematika UPI, Ngapain Aja Sih?

Kalian pasti membayangkan kuliah Pendidikan Matematika itu selalu berhubungan dengan ANGKA? jadi, kalau mau kuliah Pendidikan Matematika harus orang-orang yang punya basic BERHITUNG CEPAT?

NO!!! itu salah besar gais. yang gue tau, mau kuliah MATEMATIKA ataupun PENDIDIKAN MATEMATIKA itu gak selalu berhubungan dengan ANGKA atau BERHITUNG. Why? karena di kedua program studi itu lebih sering bahkan sehari-harinya dituntut untuk bisa MEMBUKTIKAN. Membuktikan CINTA? haha Pokoknya kaya rumus-rumus matematika di SD/SMP/SMA itu ya pada dibuktikan asal usulnya dari mana, kok bisa ada rumus kek gitu. Jadi Pada Intinya lebih ke mengasah POLA PIKIR nya. Walau memang ada sih (jarang) beberapa mata kuliah di PENDIDIKAN MATEMATIKA yang berhubungan dengan ANGKA atau BERHITUNG.

Kalau kalian kuliah di PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI, nanti kalian gak hanya dapet mata kuliah “KE-MATEMATIKA-AN” saja, tapi ada mata kuliah “KE-PENDIDIK-AN” (Pedagogy) nya juga. Jadi gini gais, selain kalian mempelajari ILMU MATEMATIKA nya, seperti mata kuliah (Matematika Dasar, English for Math, Kapita Selekta, Kalkulus, Geometri, Aljabar Linear, Statistika Dasar, Teori Grup, Pengantar Topologi, Metode Numerik, Analisis Real, dll.)

Kalian juga bakalan mempelajari ILMU PEDAGOGY nya atau cara mengajar dengan baik tuh seperti apa? bakalan kalian pelajari di beberapa mata kuliah (Psikologi Pendidikan, Landasan Pendidikan, Kurikulum dan Pembelajaran, Pengelolaan Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran Matematika, Evaluasi Pembelajaran Matematika, dll). Sama seperti program studi Pendidikan yang lainnya, ada mata kuliah PPL yang bakalan meningkatkan kemampuan kalian menjadi seorang GURU / PENDIDIK.


Apa Bedanya dengan Matematika UPI?

Perbedaannya cukup jelas ya, di MATEMATIKA UPI mereka hanya mempelajari ILMU MATEMATIKA nya saja tapi lebih mendalam. Nah kalau di PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI, kalian bakalan mempelajari ILMU PEDAGOGY juga dan tentu ILMU MATEMATIKA nya.

Selain itu, di PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI tidak ada konsentrasi atau penjurusannya lagi, sedangkan di MATEMATIKA UPI nanti kalian di semester atas akan memilih jalan hidup kalian hahaa, mau fokus di Aljabar, Analisis, Statistika, atau Terapan. Jadi jelas ya nanti lulusannya kalau Pendidikan Matematika lebih terjun ke dunia GURU / PENDIDIK, nah kalau Matematika lebih ke PENELITI / MATEMATIKAWAN. Tapi sebenernya akan lebih kompleks lagi sih prospek kerjanya. Mau Tau? baca sampe akhir ya gais!


Apa Bedanya S1 dan Magister Pendidikan Matematika UPI?

Jelas berbeda lah gais! S1 kan lulusannya dapat gelar Sarjana (S.Pd.), kalau S2 gelar Master (M.Pd.). Tapi kalau dilihat dari sistem belajarnya, menurut gue pribadi ga beda jauh gais. Mungkin karena dosennya ya masih itu-itu juga, jadi udah deket banget kalau S1 nya di UPI juga. Terus baik S1 maupun S2 Pendidikan Matematika UPI itu sama-sama mempelajari ILMU MATEMATIKA & ILMU PEDAGOGY.

Bedanya, untuk S2 sendiri lebih banyak mata kuliah yang berkaitan dengan ILMU PEDAGOGY dan KE-PENULISAN gitu gais. Jadi untuk ILMU MATEMATIKA nya hanya beberapa saja, yang gue inget itu hanya ada 3 mata kuliah wajib yang berkaitan dengan ILMU MATEMATIKA (Statistika Terapan, Analisis Multivariabel, Struktur Aljabar). Sisanya itu mata kuliah yang berkaitan denga ILMU PEDAGOGY dan KEPENULISAN kaya lebih kepada membahas PENELITIAN / Membuat ARTIKEL gitu gaes. Di S2 juga sumber bacaannya lebih banyak yang berbahasa Inggris, jadi kalian ya harus banget mempersiapkan skill yang satu ini. Karena nanti kalau mau sidang juga harus punya TOEFL paling kecil 500 dan harus ikut international conference atau submit jurnal!


Mata Kuliah Pendidikan Matematika UPI, Bikin Stress?

Siapa bilang bikin stress? Pasti kakak tingkat kalian ya? haha jan terlalu percaya deh! sebelum kalian sendiri yang merasakan. Karena tiap orang bakalan beda-beda. Nih ya ada temen-temen angkatan gue yang keteteran di mata kuliah yang berbau ILMU MATEMATIKA, ada juga yang keteteran di ILMU PEDAGOGY , tapi ada juga yang bisa beradaptasi dengan keduanya (gue masuknya ke yang terakhir ini). Walaupun gue bukan anak Olimpiade, ya setidaknya bisa lah mengikuti semua mata kuliah yang abstrak (Pengantar Topologi, Analisis Real, Teori Grup, dll) walau memang perlu kerja keras belajar untuk mendapatkan nilai bagus di kelompok mata kuliah ini. Nah kalau mata kuliah yang berbau ILMU PEDAGOGY biasanya jadi mata kuliah favorit mahasiswa di program studi pendidikan, karena lebih gampang dapat nilai bagus dibandingkan mata kuliah berbau ILMU MATEMATIKA (tapi kadang berbeda dengan anak-anak olimpiade).

Perlu kalian tahu! dari semester awal hingga akhir, kuliah di Pendidikan Matematika UPI kebanyakan belajarnya hanya di dalam kelas aja (jadi ga ada praktikum ke laboratorium kaya Pendidikan Biologi / Fisika / kimia).

Mata Kuliah Menyenangkan

Tapi jangan khawatir gais! Karena di Pendidikan Matematika juga sebenernya ada kegiatan belajar yang menyenangkan, seperti mata kuliah “Media Pembelajaran Matematika” yang akan membuat kalian menikmati segala prosesnya di bengkel tercinta (tempat membuat media pembelajaran).

Mata kuliah “Multimedia Pendidikan Matematika” dan mata kuliah “Program Komputer” yang akan mengajak kalian menikmati nyamannya Labkom Matematika UPI (nyaman kalau mau tidur pas kuliah, karena muka kalian ketutupan komputer sih haha).

Mata kuliah “Seminar Pendidikan Agama Islam” dan Tutorial yang mengharuskan belajar di Masjid kampus terbesar dan termegah se-Asia Tenggara (Masjid Al-furqan UPI); dan tentunya ada beberapa mata kuliah yang mengharuskan kalian observasi ke sekolah-sekolah, apalagi mata kuliah “Program Pengalaman Lapangan (PPL)” yang mangharuskan kalian pulang pergi ke sekolah buat mengimplementasikan ilmu-ilmu kalian selama kuliah (menjadi seorang guru matematika gais! Bangga gak tuh? Siap-siap aja banyak dibenci siswa haha, becanda gais! Gue aja pas selesai PPL dan pamit ke siswa gue, mereka malah sedih dan bilang pengen belajar matematika terus sama gue.

Hey! Gue gak bermaksud sombong gais, ini biar kalian semangat aja pas PPL nanti haha!!! Pokoknya betapa menyenangkannya mata kuliah yang satu ini. Kalian bakalan banyak mendapatkan pembelajaran dan pengalaman baik dari siswa maupun guru matematika di sekolah).

Ini foto salah satu papan tulis saat kuliah di jurusan pendidikan matematika upi (S1) mata kuliah teori bilangan. Tapi kebanyakannya huruf

Dosen Favorit Gue Selama Kuliah!

Hampir 5 tahun gue kuliah Pendidikan Matematika UPI, dah paham banget karakteristik dosen di sana. Gue tahu banget pokoknya, mulai dari dosen yang disiplin banget, dosen yang baik banget, dosen yang killer banget, dosen yang friendly banget, dan sebagainya. Tapi perlu kalian tahu! menurut gue, dosen-dosen di Pendidikan Matematika UPI kebanyakan baik-baik banget gais! Gua aja bisa lulus dan dapat IPK Cumlaude ya karena dosen-dosen gue yang luar biasa baiknya, sabarnya, bijaksananya, dan sebagainya selama membimbing gue menuntut ilmu. Intinya kalau kalian mau diperlakukan seperti itu selama kuliah, ya kalian jangan neko-neko, yang nurut sama dosen dan belajar yang rajin (sebisa mungkin aktif selama kuliah, biar diingat dosen). Tapi kalau kalian maksa buat milih dosen favorit! Ya pasti gue bakal teriak, Bu Aan Hasanah, Pak Sufyani Prabawanto, Prof Tatang Herman, Prof Rizky Rosjanuardi, Bu Elah Nurlaelah, dll (banyak ternyata gais. Maaf!)

Tips Buat Maba (Calon Maba) Magister Pendidikan Matematika UPI

Kalau nyebutin tips kayanya gak akan cukup disebutin semua disini (mungkin nanti bakalan dibikin video nya di channel youtube “Van Atara” atau “Intip Kuliah”). Tapi kayanya beberapa bakalan gue bocorin disini! 3 Tips buat Maba atau calon Maba UPI khususnya Pendidikan Matematika:

  1. Kalian harus deket atau setidaknya punya kenalan 3 kakak tingkat. Why? biar kalian bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang sistem perkuliahan di program studi kalian masing-masing, karakteristik dosen, mata kuliah apa aja yang sulit dilalui, dll. Kenapa harus 3 kakak tingkat? 1 aja cukup kali! Eits jan salah, pandangan tiap orang berbeda gais, jadi saran gue bandingin pengalaman kakak tingkat kalain minimal 3 lah ya!
  2. Kalian harus rajin mencari informasi Beasiswa! gaes beasiswa saat kuliah tuh banyak banget. Perlu kalian tahu, beasiswa itu bukan hanya untuk yang pinter aja, tapi yang kurang mampu atau bahkan yang aktif organisasi juga bisa dapat beasiswa gaes! Kalian bisa dapat info ini dari kakak tingkat atau dosen kalian. Ada beasiswa daerah, PPA, BU, Djarum, Data Print, dll.
  3. Kalian harus aktif di kegiatan-kegiatan bermafaat atau organisasi! Jan cuma Kuliah Aja! Why? karena setelah lulus nanti, kalian gak hanya bisa mengandalkan IPK atau ilmu kalian saja, tapi pengalaman dan skill kalian juga bakalan jadi pertimbangan di dunia kerja. makin banyak kegiatan bermafaat atau organisasi yang kalian ikuti (tentunya sesuai dengan minat, bakat, dan karier kalian) makin bagus kesiapan kalian memasuki dunia kerja, tentunya dengan IPK yang gak jelek-jelek amat ya (perlu juga mempertahankan IPK diatas 3).

Sebenernya masih banyak lagi sih tips buat Maba UPI, kalau mau tau lebih banyak. tagih aja ya lewat DM Instagram @idvanbintara !!!

Ini pamflet acara gue sebagai penerima Beasiswa Unggulan.


Tips Buat Alumni (Calon Alumni) Magister Pendidikan Matematika UPI, Prospek Kerja Luas! 

Nih, ini bagian terpenting sih kalau menurut gue. Karena Tujuan kalian kuliah kan buat kerja ya? Nah, perlu gue luruskan ya stigma kebanyakan orang tentang Lulusan Pendidikan Matematika itu hanya bisa jadi Guru / Pendidik saja?

Yups betul sekali, seyogyanya lulusan Pendidikan Matematika ya diarahkan untuk menjadi Guru / Pendidik handal dalam bidang Matematika. Tapi menurut gue ya, ga melulu lulusan Pendidikan Matematika harus jadi Guru Matematika. Kalian pikir aja sendiri? lulusan Pendidikan Matematika itu banyak banget, dan gue prediksi gak bakalan semuanya bisa jadi guru matematika di sekolah. Jadi pada intinya ada 2 pilihan buat lulusan Pendidikan Matematika. Pertama jadi Guru Matematika Sekolah, Kedua bukan jadi Guru Matematika Sekolah. Hahaa kenapa gitu?

Perlu kalian tahu, saat ini kalau mau jadi Guru di Sekolah Negeri yang enak dan terjamin itu harus punya Sertifikasi Pendidik (Guru) dan PNS. Kalau maksa dan gak punya kedua itu, paling kalian bakal jadi guru honorer (yang tentunya gak seenak Guru PNS), atau gue saranin jadi Guru di Sekolah Swasta aja akan lebih sejahtera hidup kalian. Oh iya, buat dapat sertifikasi Pendidik (Guru) sekarang kalian harus ikut PPG selama setahun setelah kalian lulus S1 (untuk prodi Matematika juga bisa jadi guru dengan ikut PPG terlebih dahulu, ini nih yang kata gue bakalan kompleks banget prospek kerjanya). Sadar atau tidak, saingan kalian jadi Guru akan lebih banyak dengan adanya PPG ini. Tapi ga perlu khawatir Rejeki dari Allah swt tidak akan salah alamat.

Kalo gak jadi guru matematika di sekolah

Oleh karena itu, gue kasih pilihan kedua, bukan jadi guru Matematika Sekolah. Ini luas banget sebenernya, kalian bisa lanjut S2 dulu biar bisa jadi Dosen; atau bisa explore kemampuan kalian lainnya, misal kalian selama S1 hobi bisnis, kalian bisa bikin Tempat BIMBEL, atau bikin bisnis buku bidang matematika; bahkan ada beberapa alumni Pendidikan Matematika yang dapat pekerjaan ga di bidang Pendidikan Matematika (Jadi Kuliah mereka sia-sia? NO!!! Berkat mereka kuliah di Pendidikan Matematika dan aktif melatih skill mereka yang lainnya di organisasi/UKM. Pola pikir mereka terlatih sehingga mereka bisa dapat pekerjaan itu). Misal ada alumni yang menjadi Reporter TV Swasta terkenal, Pegawai Bank, Youtuber, Pengusaha, Pegawai Kementerian, dan sebagainya.

Nah jadi, pasca lulus dari Pendidikan Matematika UPI, prospek kerja kalian akan sangat luas/ Bagaimana kalian mempersiapkannya selama kuliah dan keputusan yang kalian ambil. Pesan dari gue, selama kuliah harus ikut berbagai kegiatan bermanfaat/ornganisasi/UKM yang bisa mengembangkan skill kalian yang lainnya!!! Karena SUKSES itu gak hanya di satu tempat, dan yang bisa meraihnya adalah diri kalian sendiri, Jadi Berjuanglah untuk KESUKSESAN KALIAN!


Rencana Hidup “Van Atara” setelah LULUS KULIAH, Mohon doanya ya gais!

Kalau mau tau lebih jauh tentang gue, kalian bisa follow my life on Instagram @idvanbintara atau channel youtube “Van Atara” (Video pertama gue di YT menceritakan kehidupan Gue). Tapi secara garis besar, rencana gue setelah LULUS KULIAH s2 / Magister PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI adalah mencapai salah satu list impian gue dibawah ini.

  1. Lulus PNS Guru Matematika di SMAN 1 Bantarujeg (doanya ya gaes, semoga gue lulus SKB)
  2. Menjadi Dosen Matematika (kalau ada rejekinya di UPI, atau di kampus lain juga gak masalah)
  3. Pegawai Kemendikbud (Pengen berkontribusi di lingkungan Kemendikbud, siapa tau jadi jalan gue Menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)

Dimanapun rejeki gue nanti, akan gue usahakan semampu gue untuk meraih ketiganya. karena keputusan terbaik akan Allah berikan kepada Gue. Selain usaha gue mencari pekerjaan terbaik, gue juga ingin selalu berkarya dan bermanfaat untuk semua orang dimanapun dan kapanpun. Sehingga gue buat Channel Youtube “Van Atara” yang insyaAllah isinya seputar Pendidikan dan Pengalaman Gue. Buat yang ini menjadi salah satu penerima manfaatnya boleh cek dan subscribe ya gais!!! (Thanks). Terakhir Semangat dan Selamat Berjuang Meraih Impian-Impian Kalian! Sukses buat Jalan Hidup Kalian Semua….


Kode kontenL X377

Komen dibawah! 16

  1. Aini Khairunnisa

    Assalamaualaikum, bisa gak atau ada kemungkinan lintas jurusan gak. Misal nya dari S1 pendidikan biologi lalu di S2 nya ingin di pendidikan matematika?

  2. Rineka Rosinansis

    Buat akangnya, aku mau kenalan secara langsung dong, sekalian mau tanya², aku smt 1 skrg s2 pmtk upi. Bls email ya jika berkenan…

  3. Achmad Zarkasih

    assalamu’alaykum..
    mungkin pertanyaan beberapa orang, bisakah lintas jurusan? sebelumnya ane prodi kimia upi 2004, kebetulan sekarang jadi pengajar matematika.. lalu akankah kesulitan jika lintas jurusan dari kimia ke pendidikan matematika?
    terimakasih, sukses selalu, bang!

  4. Nay

    Assalamu’alaikum Kak. Ini kan aku tahun ke3 s1 matematika, klo semisalnya mau lanjut s2 pendidikan matematika, memungkinkan ga kak ? Soalnya s1 nya non-dik gtu

    • idvanbintara

      Waalaikumsalam, sangat memungkinkan dek. Semangat!!! Temen2 saya skrg ada yg dari non dik mtk S1 ya, ada juga yg dari jurusan lain… Nantinya ada matakuliah Anvullen atau tambahan gitu buat penyetaraan (sekitar 3-5 mata kuliah kalau ga salah)

  5. rentika

    hai, mau tanya untuk di UPI sendiri ada kelas magister yang sabtu atau minggu ga?
    trus next termnya kapan ya?
    thx

  6. Tyaaa

    Kak mau tanya, saya lulusan mtk murni, trus mau lanjut s2 pend mtk gitu, gimna ya kk? Mata kuliah tambahannya banyak ya kk?

  7. Purningsih

    makasih yah kak atas infonya. aku bacanya sambil ketawa loh hahaha

  8. naz

    hi kak, aku mau ambil snmptn nih ke pendidikan matematika upi, kira kira dalam satu kelas atau angkatan ada berapa banyak laki laki nya?

  9. Kirey

    malam kak, jadi saya dari awal sma emg suka mtk, dan pengen ngelanjutin mtk murnim tapi pas snmptn malah lulus pend. Mtk. saya bukan orang yang pengen jadi guru, so bimbang ya mau ambil snmptn itu atau gimana. Ada ga kemungkinan pend. Mtk tapi ga jadi guru?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *