Uncategorized

Magister Pendidikan Matematika UPI (Nabilah)

Magister Pendidikan Matematika UPI (Nabilah)

Hallo sobat Intipers! Aku Nabilah Fahrani dari jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI angkatan 2020. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI seperti apa?

Sekilas informasi jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI sudah memiliki akreditasi A. Secara umum jurusan ini merupakan studi lanjutan setelah jenjang Sarjana. Sebagian besar yang melakukan studi lanjut ke Magister Pendidikan Matematika memiliki background dari S1 Pendidikan Matematika dan Matematika Murni. Ketika memasuki perkuliahan sedikit ada perbedaan dari kedua jurusan ini, untuk yang berasal dari Jurusan Pendidikan Matematika dibolehkan langsung mengikuti perkuliahan. Namun, yang berasal dari jurusan Matematika murni diwajibkan mengikuti mata kuliah Anvulen. Mata kuliah ini akan mempelajari tentang strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Tujuannya adalah agar kompetensi yang dimiliki setara dengan lulusan S1 Pendidikan Matematika.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Magister Pendidikan Matermatika UPI?

Yang pasti karena background pendidikan saya sebelumnya masih linier dengan jurusan yang saat ini sayas pilih. Selain itu dari kedua orangtua juga berada di bidang yang sama yaitu keguruan jadi saya memiliki cita-cita untuk melanjutkan perjuangan kedua orang tua. Sedari kecil saya sudah menyukai bidang eksak seperti matematika dan itu menjadi alasan kenapa saya memilih untuk saya perdalam di dunia perkuliahan. Setelah lulus perkuliahan S1 jujur saya merasa bimbang untuk melanjutkan S2 jurusan yang mana. Apakah saya tetap mengambil jurusan yang linier dengan S1 kemarin yaitu Pendidikan Matematika atau sedikit berbelok memilih S2 jurusan Matematika Murni. Dan untuk meyakinkan pilihan, saya melakukan riset membandingkan berbagai jurusan Magister Pendidikan Matematika di berbagai universitas di Indonesia. Setelah melakukan riset dan juga meyakinkan diri, saya memilih Magister Pendidikan Matematika UPI tidak lain karena sesuai dengan kurikulum pendidikan saya sebelumnya di S1 Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Apa saja yang di pelajari di jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI?

Sebagian besar yang ada dipikiran kita ketika mendengar kata “Matematika” akan tersirat angka, hitungan dan tidak jauh dari rumus. Padahal di jurusan Matematika baik Pendidikan maupun Ilmu Murni kita dilatih untuk berfikir kritis bukan hanya sekedar hitung-hitungan dan permainan angka. Pada prakteknya di jurusan Magister Pendidikan Matematika sangat jarang bertemu dengan angka, kita akan lebih sering mendapatkan materi kuliah seperti pembuktian, dan analisis. Karena jurusan Magister Pendidikan Matematika merupakan program keahlian jadi tidak banyak mata kuliah yang dituntut. Mata kuliah wajib yang harus diambil yaitu sebanyak 7 mata kuliah dan itu sudah termasuk tesis, sisanya mata kuliah pilihan. Karena jurusan ini kan ranahnya Pendidikan, jadi mata kuliah yang dipelajari kebanyakan tentang pedagogi. Untuk mata kuliah yang berhubungan dengan Matematika ada beberapa yang kami dapat contohnya Statistika Terapan, Analsis Multi Variabel, dan Struktur Aljabar.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa jalur masuk di jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI?

Ada dua jalur masuk di jurusan ini yaitu Jalur Mandiri dan Beasiswa. Seperti yang kita tahu banyak beasiswa untuk S2 yang sudah berkerjasama dengan UPI contohnya LPDP, Beasiswa Pemerintah Jawa Barat, Beasiswa PMDSU (Pendidikan Menuju Doktor Bagi Sarjana Unggul). Kalau Nabila sendiri kemarin masuk melalui Jalur Mandiri secara online. Untuk pendaftaran pada Jalur Mandiri sebesar Rp. 750.000,-. Perlu intipers ketahui bahwa pada jalur mandiri ini terdapat seleksi secara online, adapun materi yang diseleksi yaitu TPA dan Bahasa Inggris.

intipkuliah-web1

Ada tips untuk mahasiswa baru Magister Pendidikan Matermatika UPI?

Ada sedikit tips dari Nabila buat intipers yang sedang lanjut di jurusan Magister Pendidikan Matematika UPI. Kita harus pitar-pintar menghubungi senior agar informasinya lebih update tentang dunia perkuliahan. Karena untuk lanjut S2 itu diperlukan Surat Rekomendasi dari Dosen, maka jalin hubungan baik antar dosen agar ketika kita membutuhkan rekomendasi tersebut akan dipermudah karena sudah menjalin hubungan baik, dan dosen yang memberikan rekomendasipun mengenal kita dengan baik.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Kalau dari jurusan Pendidikan pasti mengarahnya ke tenaga pendidik. Tapi yang perlu diketahui kita juga tidak terbatas di tenaga kependidikan saja, kita juga bisa bekerja di Kementerian Pendidikan seperti bagian Analisis Kurikulum atau EduPreneur juga masuk ke dalam ranah lulusan Magister Pendidikan Matematika. Selain yang sudah disebutkan tadi biasanya dari lulusan kami ada yang menjadi peneliti bidang Matematika.

Apa rencana setelah lulus?

Saat ini selain menjalani perkuliahan S2 saya juga mengajar disalah satu SMP di Kabupaten Bogor. Kedepannya saya harap bisa menjadi pendidik pada tingkat yang lebih tinggi seperti di universitas. Namun apabila rencana tidak terealisasi saya tidak apa-apa, karena tujuan menjadi pendidik sudah terealisasikan jika saya tetap bertahan di pekerjaan saat ini.

Konten : C788

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.