Psikologi, Universitas Indonesia

Magister Psikologi Terapan UI (Alifah)

Magister Psikologi Terapan UI (Alifah)

Halo sobat intipers! Saya Alifah Indalika Mulyadi Razak dari Magister Psikologi Terapan UI Anak Usia Dini (AUD) angkatan 2015. Kali ini saya akan sharing pengalaman kuliah dan memperkenalkan jurusan/prodi magister ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Magister Psikologi Terapan UI itu seperti apa?

Magister psikologi terapan umumnya adalah program akademik untuk menjembatani teori psikologi dengan penerapannya, secara khusus untuk memecahkan masalah yang terjadi pada anak usia lahir sampai 8 tahun (yang termasuk cakupannya anak usia dini). Program Magister Psikologi Terapan, merupakan program pendidikan akademik dan tidak mempersiapkan peserta untuk melakukan praktik psikologi sebagai psikolog yang mempunyai izin praktik. Berbeda dengan Magister Profesi Psikologi yang boleh mempunyai izin praktik.

Stigma yang sering melekat pada jurusan Magister Psikologi Terapan UI adalah

  1. Semua mahasiswanya perempuan, karena kuliahnya untuk mempersiapkan menjadi ibu dan guru yang baik buat anak-anak nantinya
  2. pasti bisa jawab ya kalo anak-anak tanya “mamah-papah aku berasal dari mana ?”

Sebagian besar pernyataan itu benar, faktanya di angkatan saya seluruhnya perempuan, dan memang beberapa dari kita tujuannya untuk mempersiapkan menjadi ibu dan guru yang baik buat anak-anak nantinya.

Slide5

Tetapi lebih dari itu, kuliah di Magister Psikologi Terapan AUD sebenarnya membuka wawasan kita untuk membuat program-program yang menarik, tidak hanya untuk anak, tapi untuk orangtua, kakek-nenek, guru, kakak-adik yang tujuannya untuk mendukung tumbuh kembang anak. tantangan pada anak usia dini ternyata banyak banget, selain mereka sering melontarkan pertanyaan diluar duagaan, kita juga perlu mendampingi mereka menghadapi perkembangan belajarnya. Misalnya gimana sih caranya mengatasi konflik kakak-adik ? mengatasi cara belajar anak ? sampai pada mengatasi perubahan pada ibu baru.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Psikologi Terapan UI?

Dulu saya mengambil jurusan pendidikan anak usia dini dan saya ingin memperdalam ilmu saya melalui pendekatan psikologi, sehingga saya mengambil magister psikologi terapan anak usia dini. alasannya tentu “sekalian basah”, jadi ketika kita memilih kepakaran ilmu yang kita minati, maka sekalian tenggelam dan menyelam dalam kepakaran tersebut. Ingin totally memperdalam ilmu tentang perkembangan anak dan ekosistem yang melingkupinya, seperti orangtua, guru, kakek-nenek, saudara kandung, dan lainnya.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah yang khas adalah neuropsikologi anak usia dini yang mempelajari dan membuat kita bersyukur bahwa satu saraf/sel saja tidak sinkron maka akan berakibat fatal bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. mata kuliah yang memiliki tugas khas yaitu “parenting anak usia dini”, disini kita ditantang loh untuk memberikan edukasi pada orangtua, kakek-nenek, saudara kandung, serta pengasuh/baby sitter agar bisa menghadapi anak-anak. seru banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Karena keilmuannya sudah sangat spesifik, sehingga tidak ada konsentrasi yang disediakan di jurusan ini.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan Magister Psikologi Terapan UI?

Jalur masuk melalui simak.ui.ac.id dengan tes masuk terdiri dari Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Keuntungan masuk di magister psikologi terapan adalah kuliahnya yang dilaksanakan pada sore hari jam 16.00 di hari kerja. Sehingga buat teman-teman yang telah bekerja, cocok banget untuk ikutan program kuliah ini. Ditambah lagi, magister psikologi terapan juga dapat diikuti oleh mahasiswa S-1 Non Psikologi, tentunya perlu ada tambahan 1 semester buat matrikulasi ya. Nantinya teman-teman akan mendapatkan gelar M.Psi.T jika telah lulus mengikuti perkuliahan. Teman-teman bisa mendapatkan informasi lengkapnya melalui psikologi.ui.ac.id.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pastikan kamu minat untuk mempelajari anak usia dini, karena tidak semua senang untuk merancang program-program yang tujuannya mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerjanya banyak banget

  1. Pemilik dan pengelola lembaga pendidikan anak usia dini, bisa menjadi kepala sekolah taman kanak-kanak, pengelola day care/tempat penitipan anak, pengelola kursus untuk anak seperti kursus musik, menari, menggambar, dan kursus lainnya
  2. Pengelola lembaga pelatihan, merupakan profesi untuk menyelenggarakan pelatihan bagi guru TK, orangtua anak usia dini, serta pelatihan untuk baby sitter/pengasuh anak.
  3. Manajer Program , bisa menjadi pimpinan program di berbagai institusi seperti hotel, restoran, taman bermain, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya. banyak loh hotel2 yang menyelenggarakan program untuk anak2 seperti cooking class, membuat playground untuk anak. kemudian beberapa restoran juga menyediakan program kegiatan buat anak-anak. dan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena anak-anak memiliki minat, durasi kegiatan yang berbeda dengan orang dewasa
  4. Trainer parenting dan pendidikan, merupakan profesi yang bertujuan menyelenggarakan dan melatih orangtua, guru, kakek-nenek, pengasuh untuk menghadapi anak usia dini. Istilah lainnya adalah Widyaiswara, yakni profesi untuk Pegawai Negeri Sipil yang fokus untuk merencanakan, menyelenggarakan dan mengevaluasi pelatihan untuk berbagai partisipan pelatihan.
  5. Asesor BAN PAUD-PNF, profesi ini bertugas untuk memonitoring dan mengevaluasi kualitas penyelenggaraan lembaga pendidikan anak usia dini. teman-teman pernah mendengar istilah “akreditasi” ?. nah para asesor inilah yang bertugas menentukan sebuah lembaga dengan terakreditasi atau tidak.
  6. Konsultan pendidikan, sektor pemerintahan seperti kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian perempuan dan anak, komisi perlindungan anak, dan institusi pemerintahan lainnya membutuhkan lulusan magister psikologi terapan anak usia dini untuk memberikan pemikirannya dalam menyusun program-program pembelajaran bagi anak. kurikulum yang digunakan, salah satunya merupakan sumbangsih dari pemikiran lulusan ini.
  7. Dosen + Guru, untuk menjadi Dosen minimal pendidikan magister dan teman-teman bisa berkarir sebagai dosen bidang pendidikan anak usia dini. tidak ada salahnya menjadi guru TK dengan kualifikasi magister kan ?. anak-anak pasti akan bangga dengan guru nya yang memiliki pendidikan tinggi.
  8. Penulis dan Peneliti, inilah profesi yang saya tekuni sekarang. Menjadi penulis untuk berbagai majalah dan artikel baik online maupun offline mengasah kemampuan membaca kita loh. Selain itu lulusan ini juga bisa menjadi peneliti, terlibat dalam berbagai proyek penelitian membuat kemampuan analisis kita terasah sangat baik.
  9. Pengusaha, siapa bilang lulusan ini tidak bisa menjadi pengusaha ? untuk bidang kuliner, alat permainan edukatif, buku anak, fashion untuk anak perlu ilmu khusus ya. Anak-anak memiliki minat yang berbeda dengan orang dewasa, misalnya mereka perlu dibuatkan pakaian yang nyaman, perlu makanan yang bergizi, serta perlu mainan yang mengasah kemampuan berpikirnya. Semua itu bisa didapatkan di magister psikologi terapan anak usia dini UI.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saya berencana untuk melanjutkan studi S3 tentunya di bidang anak usia dini, selain karena tuntutan profesi sebagai Dosen, saya ingin membuat murid-murid saya bangga memiliki guru TK yang mengenyam pada tingkat akademisi paling tinggi. Saya merasa sangat terhormat sampai dengan hari ini masih diberikan kesempatan untuk melayani murid murid saya, yakni anak usia dini, mulai dari mendengarkan keluh kesah mereka, menjawab pertanyaan-pertanyaan “aneh” mereka, sampai membersihkan kotoran mereka.


Q&A

  1. Kakak dan temen-temen pada umumnya yang mengambil magister psikologi terapan ini biasanya mengejar karier apa?

Ada 50 orang temen di magister psikologi terapan se-angkatan. Mostly, mereka orientasinya bekerja di perusahaan karena awalnya sebagai pekerja. Pertama, untuk memperdalam ilmu dan kuliahnya sore sehingga bisa diatur-atur dengan jadwal kerjanya.

  1. Masuk Psikologinya dulu pas SMAnya itu IPA atau IPS?

Kalau jenjang sarjana mungkin itu diperhatikan ya, tapi di magister psikologi terapan itu bisa untuk sarjana dari semua jurusan.

  1. Saya tertarik masuk psikologi, tapi kurang percaya diri dengan kemampuan komunikasi saya. Apakah kemampuan komunikasi yang baik harus sudah dimiliki oleh calon mahasiswa psikologi?

Komunikasi itu kan luas ya cakupannya, untuk masuk magister psikologi terapan di UI itu masuknya tes tulis saja, tidak ada wawancara sehingga gak akan kelihatan kemampuan komunikasinya. Kalau soal kurang percaya diri, ketika kita masuk ke lingkup ilmu kita akan kebawa sendiri, itu pun terjadi sama saya di UI, sama temen itu kita saling membantu satu sama lain.

Kode Konten: Y219

Komen dibawah! 32

  1. Lya

    Hai kak, klo untuk jurusan psikologi biasa kira2 mempelajari tentang apa ya kak? Dan prospek kerja untuk jurusan psikologi seperti apa? Saya pernah dengar jurusan psikologi bisa menjadi hdr di suatu perusahaan, kira2 apakah harus menjadi s2 terlebih dahulu baru boleh menjadi hdr?

    • indarazak

      bisa jadi HRD tanpa harus ambil magister dulutergantung syarat dari perusahaan yg membuka lowongan kerjanyakalo mw lebih ahli/ilmu yg mendalam bs ambil magister psikologi SDM dan knowledge management atw magister psikologi industri organisasi

      Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  2. Ririn

    Assalamualaikum kak, saya tertarik dengan jurusan yang kakak paparkan. Dimana saya bisa mendapatkan info lebih lengkap tentang magister psikologi PAUD? Apa boleh saya mendapat kontak kakak secara pribadi?

    • indarazak

      dear ririn..kita bisa kontak via email aja yaakemudian info lengkap ttg magister psi aud ada di psikologi.ui.ac.idnice to know u.

      Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  3. Juniari

    Hai,kak
    Jurusan magister terapan psikologi ini, bisa bekerja di rumah sakit?
    Saya masih belum begitu paham dengan prospek kerja jurusan ini, yang cuma ada di pikiran saya yaitu jadi guru paud dan pengelola daycare
    Mohon informasinya kak
    Terimakasih^^

    • indarazak

      hallo,, betul mostly memang lulusan jurusan ini menjadi guru/pemilik/pengelola/kepala sekolah lembaga PAUD dan sejenisnya (termasuk daycare). beberapa rumah sakit juga membuka rekrutmen untuk lulusan ini, biasanya akan ditempatkan di bagian klinik/konsultan tumbuh kembang anak

  4. Agnes

    Hi kak, terima kasih sdh sharing dan selamat juga atas gelarnya yaa.. Saya mau nanya nih, apakah peminatan psi terapan di UI hanya utk anak usia dini saja kah? Jika tidak, menurut pandangan kakak sendiri, lulusan psi terapan apakah dpt berkarir di bidang CSR? terima kasih sebelumnya 🙂

    • indarazak

      hallo..
      jurusan magister psikologi terapan tidak hanya pada peminatan anak usia dini, tapi banyak. bisa dicek lebih lanjut di http://www.psikologi.ui.ac.id. lalu apakah bisa berakhir di bidang CSR ? kenapa tidak ?. beberapa perusahaan membuka tawaran pekerjaan untuk magister psikologi terapan (dengan berbagai peminatan salah satunya anak usia dini).

  5. Hani

    Halo kak, saya mau tanya apakah bisa lulusan s1 nya non psikolog dan lanjut magister terapan psikolog dapat ijin buka praktik?

    • indarazak

      HALLO..
      perlu diketahui bahwa ijin praktek psikolog diperuntukkan bagi S1 psikologi yang kemudian meneruskan S2 Magister Profesi Psikologi sehingga untuk S1 non psikologi sudah dapat dipastikan tidak dapat membuka ijin praktek psikolog. juga sama halnya dengan S2 magister psikologi terapan, tidak dapat membuka ijin praktek psikologsemoga membantu..

  6. nurulindah

    assalamualaikum kak, nama saya nurul indah ramadani. saya fresh graduate jurusan pendidikan anak usia dini. oiya kak saya mau tanyakan tentang peneliatan dosen dosen di jurusan psikologi terapan anak usia dini bisa saya akses dimana kak? oiya kak sy jg sdkit insicure dengan kampus ui, jdi masih agak dilema hehe. oiya kak persyaratan masuk ui nya saya liat harus ada pengalaman dibidang yang relevan, selama setahun. kira kira kak yang dimaksud seperti apa yah? terimakasih

  7. Leli

    Halo kak, terima kasih untuk informasinya terkait magister psikologi terapan. Sebenarnya saya tertarik dengan jurusan ini sejak saya berada di semester akhir perkuliahan sarjana. Berharap bisa langsung lanjut kuliah s2 dengan jurusan ini selepas lulus sarjana tapi qadarullah dihadapkan jalan yang lain masihan hihi

  8. Inayah

    Hai kak, terimakasih infonya. Saya mau tanya, untuk Magister Psikologi Pendidikan itu jadwal kuliahnya full dari senin-jumat? Apakah memungkinkan jika kuliah sambil kerja atau adakah kelas karyawan utk magister psikologi di UI. Terimakasih ka 🙂

  9. Vio

    Terima kasih sudah memberikan infonya kak.. Sangat bermanfaat sekali..
    Oiya saja juga mau bertanya, kebetulan saya yg sedang menempuh S1 PGSD dan menjadi honorer di salah satu sekolah, untuk melanjutkan Magister seperti kakak apakah itu masih nyambung?
    Semoga saya bisa mengikuti jejak kk..terima kasih.

  10. Novi Yandayani

    Assalamualaikum kak
    Perkenalkan nama saya Novi Yandayani. Sekarang saya sedang menyelesaikan perkuliahan saya di prodi PAI. nah yang saya ingin tanyakan, apabila S1 nya kita ngambil prodi PAI lalu untuk magisternya kita ngambil psikologi. Apakah bisa kak ?
    Jikalau bisa kira2 saya harus ngambil di psikologi yang mana ya kak. Secara psikologi itukan banyak salah satunya yang seperti kakak paparkan di atas. Mohon penjelasannya kak 🙏☺️

    • indarazak

      salam kenal, iyaa untuk jurusan PAI bisa aja, tergantung minat nya mau kemana kalau minat nya ke dunia anak tentu ambil magister terapan anak, kalau minatnya mempelajari tingkah laku dewasa atau managemen perusahaan tentu ambil peminatan knowledge management atau psikologi industri atau peminatan lainnya. bisa dicek di www.psikologi.ui.ac.id

  11. Firda

    Selamat siang ka, saya s1 non-psikologi dan masih fg, jadi saya tidak bisa mengikuti peminatan psikologi sdm, intervensi sosial atau PAUD karena harus ada pengalaman di bidang terkait. Sepertinya kalau untuk peminatan psikologi kesehatan dan keluarga, tidak ada syarat khusus ya? seperti apa gambaran perkuliahan dan prospek kerjanya kak? Terimakasih, sehat selalu.

    • indarazak

      hallo..dulu sy s1 non psikodan ga perlu ada keterangan sudah bekerjamgkn skrg kebijakannya berubah yaamengenai psiko kesmas barangkali bs tanya ke cs nya langsung.krn sy ga punya ckup info ttg itu

      Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  12. Laila Sari Ramadhan

    Salam kenal ka Alifah, saya Laila. Jazaakillah khairan atas pemaparannya terperinci dan mudah dipahami 👍🏻. Sehubungan dengan seleksi, ada TPA dan Bahasa Inggris. Kalau boleh tahu tes bahasa inggrisnya sendiri seputar apa ka? Atau apa saja yang kakak waktu itu persiapkan. Terimakasih ka d tunggu jawabannya 😁

  13. Zavira Ika Rahmania

    Hai Kak Alifah, salam kenal, saya Zavira. Terima kasih Kak sudah berbagi cerita pengalaman Kakak menjalani S2 Psikologi Terapan AUD di UI 🙂

    Saya mau tanya beberapa hal, Kak:

    1. Boleh sharing juga Kak tentang pengalaman Kak Alifah menjalani seleksi sebelum diterima jadi mahasiswa S2 di sana, terutama saat seleksi wawancara? Apa saja yang perlu dipersiapkan agar wawancara berjalan lancar dan interviewer yakin kita berhak menjadi salah 1 mahasiswa di sana, Kak (selain persiapan berkas yang dibutuhkan)?

    2. Apakah saat proses pendaftaran dulu, Kak Alifah juga mengumpulkan portofolio kegiatan setahun terakhir, Kak? Apa yang menurut Kakak sangat penting untuk kita tonjolkan di portofolio kegiatan itu ya Kak?

    3. Kalau kuliah magister terapan PAUD ini, kira-kira tugas-tugas yang biasa diberikan oleh dosennya dalam bentuk apa ya Kak? Apakah membuat essay, atau project penelitian, atau yg lainnya? Dan dari pengalaman Kak Alifah/teman2 Kakak, apakah dengan berbagai kegiatan perkuliahan dan tugas2 yang diberikan tidak terlalu membuat orang yg berkuliah sambil bekerja merasa overwhelmed?

    Mohon informasinya ya Kak. Terima kasih banyak, Kak Alifah. Semoga kita bisa berdiskusi lebih lanjut melalui email/media lainnya 🙂

    Salam,
    Zavira Ika Rahmania

  14. Husnul Khotimah

    Halo mba alifah jujur review mba benar benar bermanfaat sekali bagi saya yang memiliki minat untuk lanjut s2 ke program psikologi terapan ini. Sehubungan hal tersebut Yg ingin saya tanyakan itu apa harus bekerja dan memiliki pengalaman kerja dibidang paud atau sdm gitu ya mba buat mendaftar? Karna kebetulan saya lulusan pendidikan bahasa inggris dan menjadi pengajar anak tapi tidak dilembaga atau yayasan lebih ke private. Pernah di lembaga tapi tidak sampai 1 tahun. Dan kebetulan juga saat s1 skripsi saya membuat bahan ajar dalam bentuk buka unuk anak anak. Mohon bantuannya mba. Trimakasih

  15. DuaJuli - blog Anistians Journey

    Kaaak keren banget tulisannya, informatif, terima kasih, sangat jelas

  16. Felisia

    Hai Kak, Saya Felisia S1 Psikologi saya juga sepertinya ingin mengambil s2 Psikologi tetapi saya masih ragu. Ada beberapa pertanyaan yang saya ingin tanyakan. Jika berkenan bisakah konta via email saja? Terima kasih

  17. Muhammad Mazdo prakoso

    Hallo kak Alifah, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Mazdo Prakoso latar belakang pendidikan saya sarjana psikologi. Izin bertanya kak, dari apa yang saya baca di internet terdapat magister psikologi terapan sosial, apakah benar itu kak? dan jika benar yang kakak tau tentang program studi tersebut apa ya kak, serta kalo saya ingin membaca dan menggali informasi lebih lanjut saran kakak saya harus baca atau menghubungi kemana ya kak? terima kasih banyak kak Alifah, semoga sukses selalu, Amiin.

  18. Amar

    Selamat pagi Kak, seperti yang telah disampaikan diatas bahwa lulusan dari Psi. Terapan AUD UI dapat bekerja di beberapa perusahaan. Seperti yang telah kk sampaikan bahwa ada perusahaan yang membuka tawaran pekerjaan untuk magister psikologi terapan (dengan berbagai peminatan salah satunya anak usia dini).
    Nah sejauh ini saya belum menemukan perusahaan yg membuka lowongan utk jurusan ini. Kalau memang ada, mohon infonya ya kak. Terima kasih

  19. Lala

    Halo kak, persyaratan pendaftarannya apakah harus dari perguruan tinggi akreditasi a atau b?

  20. Nisya

    hallo ka sebelumnya makasih banyak udah nulis ini, menginspirasi sekali. Aku ingin tanya, diwebnya tercantum kalau Psikologi AUD ini harus S1 psikologi dan punya latar belakang pekerjaan min 1 tahun di bidang itu. Jadiapakah peraturannya sudah berubah yaa?

    Oiya kalau untuk hari kuliah apakah setiap minggu itu full di hari kerja sore? atau hanya beberapa hari saja ya? sebagai gambaran. Makasihh

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *