Manajemen, Universitas Gadjah Mada

Magister Sains Manajemen UGM (Erica)

Magister Sains Manajemen UGM (Erica)

Halo semua! Perkenalkan nama saya Erica Febianti Nur Puspitasari. Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen UGM / Universitas Gadjah Mada. Isi artikel ini sebagian besar adalah tentang apa itu Magister Sains Manajemen dan sedikit pengalaman saya menjadi mahasiswi program magister di UGM. Selain itu, ada juga beberapa tips untuk kalian yang memiliki niat untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 khususnya di Magister Sains Manajemen UGM. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.Yuk disimak! Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik Disini

Apa itu Magister Sains Manajemen UGM?

Magister Sains Manajemen merupakan sebuauh program studi jenjang lanjutan dari program sarjana khususnya jurusan manajemen. Di program ini kami dipersiapkan untuk menjadi kuat dalam penelitian di bidang manajemen, serta dibentuk menjadi seorang peneliti ahli untuk kemajuan ilmu menajemen. Program ini setidaknya membutuhkan waktu studi minimal 4 semester (2 tahun) dan maksimal 6 semester (3 tahun).

Magister Sains Manajemen merupakan salah satu program studi yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM). FEB UGM sendiri sudah terakreditasi AACSB. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan saya memiliki program studi ini. AACSB atau Association to Advance Collegiate Schools of Business adalah lembaga akreditasi untuk sekolah bisnis yang berbasis di Amerika dan dikenal dengan standar berkualitas tinggi. Di Indonesia sendiri masih dua kampus yang mendapat akreditasi ini, yaitu FEB UGM dan BINUS Business School.

Slide5

Apa perbedaan Magister Sains Manajemen dan Magister Manajemen?

Di Indonesia, program studi bidang manajemen tingkat lanjut pada universitas biasanya dibagi menjadi dua, yaitu Magister Sains Manajemen (M.sc.) dan Magister Manajemen (M.B.A.). Mahasiswa Msc biasanya akan lebih banyak belajar tentang keilmuan dan teori manajemen lebih mendalam. Mahasiswa Msc akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk membedah jurnal ilmiah dalam pembelajarannya. Program tersebut juga menekankan bagaimana untuk berpikir kritis dan sistematis pada mahasiswanya. Bagi mahasiswa MBA, mereka akan belajar tentang ilmu praktis dalam manajemen dan lebih banyak mendapatkan studi kasus yang harus diselesaikan dalam pembelajarannya. Program tersebut juga menekankan pada proses pembelajaran inovatif dan program pengembangan soft skill intensif.

UGM sendiri memberikan gelar pada lulusannya megikuti standar luar negeri yaitu Master of Science (M.sc.) untuk Magister Sains Manajemen dan Master of Business Administration (M.B.A.) untuk Magister Manajemen. Terkait mana yang lebih baik, tidak ada yang lebih baik dari keduanya karena semua kembali kepada tujuan diri masing-masing. Program mana yang dirasa lebih dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Mata Kuliah dan Konsentrasi Magister Sains Manajemen UGM

Ada banyak mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu manajemen yang kami dapat seperti; manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dll. Namun karena program ini merupakan jenjang lanjutan, pengetahuan umum tentang ilmu manajemen hanya akan didapat di semester pertama. Di semester selanjutnya kami akan difokuskan sesuai dengan peminatan atau konsentrasi yang ingin kami ambil. Bidang konsentrasi yang disediakan oleh Magister Sains Manajemen UGM ada enam yaitu; finance, marketing, knowledge and innovation, human resource, strategic, dan syariah finance. Saya sendiri mengambil bidang peminatan Human Resource Management untuk program ini.

Secara garis besar, konsentrasi ini mempelajari bagaimana perilaku, sifat, dan sistem yang berlaku pada suatu perusahaan atau organisasi. Jika saya bilang, konsentrasi ini sedikit mirip dengan jurusan psikologi, hanya kami melihatnya khusus dari sisi perusahaan atau organisasi serta bagaimana peran manusia tersebut terhadap kinerja organisasi. Mata kuliah yang paling menjadi favorit saya adalah Seminar Perilaku Organisasi, dengan dosen pengampu Ibu Sari Sitalaksmi  M.Mgt., Ph.D., saya banyak mendapatkan sudut pandang baru tentang bagaimana teori dalam manajemen dapat menjelaskan tentang bagaimana manusia menjadi peran penting dalam suatu perusahan. Jurnal ilmiah menjadi makanan sehari-hari kami di mata kuliah ini. Selain membedah jurnal ilmiah, kita juga akan diajarkan bagaimana membuat sebuah ide penelitian yang punya nilai jual dan manfaat yang tinggi bagi penelitian.

Tips untuk Calon Maba dan Maba Magister Sains Manajemen UGM

Untuk calon maba, yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah niat dan tekad kalian. Jenjang S2 bukan untuk semua orang, tetapi bukan terkait dengan siapa yang mampu dan tidak mampu, tetapi terkait siapa yang mau dan tidak mau. Akan banyak yang kamu korbankan ketika kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan, seperti waktu, tenaga, bahkan biaya. Maka dari itu, tanyakan dulu pada dirimu alasan apa yang membuatmu ingin melanjutkan pendidikan? Apakah dirimu benar memerlukan untuk melanjutkan pendidikan? Apabila sudah memantapkan niatmu, maka hal yang perlu kalian persiapkan adalah berkas pendaftaran. Berkas pendaftaran ini tidak bisa kamu persiapkan hanya dalam waktu satu bulan, karena UGM sendiri membutuhkan berkas seperti essay, sertifikat TOEFL dan TPA, yang berarti kita harus melakukan tes terlebih dahulu sampai skor tes kita memenuhi batas minimal. Setelah itu, selanjutnya kita akan ada tes kemampuan mata kuliah dasar dan juga wawancara.

Untuk maba, mungkin kalian akan sedikit merasa “culture shock” saat pertama merasakan bangku S2, karena sistem belajar kita akan benar-benar berbeda dengan jenjang S1. Hal itu wajar terjadi, karena semakin lama, kalian akan semakin terbiasa dan bisa menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Kita akan memiliki interaksi yang lebih intens dengan dosen-dosen kita, oleh karena itu perbanyak membaca artikel ilmiah terkait mata kuliah yang akan kita ampu, pada pertemuan pertama biasanya kita akan langsung diberikan silabus pembelajaran, dari silabus tersebut kalian bisa mencari jurnal ilmiah apa yang terkait dengan pembelajaran. Selain itu banyaklah membentuak suatu diskusi dengan teman kelas, karena itu akan mempermudah kalian untuk menyelesaikan tugas dan memahami tentang materi yang diberikan.

S2 masih bisa ikut organisasi gak sih?

Oh tentu bisa! Meskipun tidak sebanyak jenjang S1, tetapi kalian masih bisa mengikuti organisasi yang disediakan oleh jurusan atau kampus. Untuk Program Magister Sains Manejemen ada FORKOMSI (Forum Komunikasi Mahasiswa Magister Sains) sebagai organisasi. Ini adalah organisasi khusus mahasiswa magister sains, tidak hanya dari manajemen, tetapi juga dari akuntansi dan ilmu ekonomi. Di level universitas ada HMP (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana), dimana organisasi ini akan berisikan mahasiswa dari semua fakultas yang mengambil jenjang pascasarja yang ada di UGM. Jika kalian tidak tertarik dengan kedua organisasi tersebut, kalian juga bisa tergabung dengan organisasi di luar universitas. Saya sendiri memilih untuk berorganisasi di luar universitas dan tergabung dengan International Global Network. Intinya, apapun organisasinya, yang terpenting kalian memiliki kegiatan tambahan selain kuliah untuk menambah skill kalian. Pengalaman tambahan ini akan membantu kalian di dunia kerja nantinya.

Prospek Kerja Magister Sains Manajemen UGM

Meskipun kami dibentuk menjadi peneliti ahli, dan biasanya kebanyakan akan memilih menjadi dosen ketika sudah lulus, prospek kerja dari jurusan kami sangat luas. Dilihat dari beberapa alumni kami, banyak juga yang bekerja di suatu perusahaan. Kalian tetap bisa bekerja di semua perusahaan, karena manajemen adalah hal inti yang diperlukan oleh semua perusahaan atau organisasi. Kalian tetap bisa bekerja di perusahaan BUMN, Kementerian, atau bahkan perusahaan swasta, hal ini dibuktikan dari beberapa alumni kami. Jadi jangan takut jenis pekerjaan kalian akan terbatas dari jurusan ini karena pilihan kalian akan sangat banyak nantinya, tinggal bagaimana diri kalian mau berusaha dan tekun untuk mencarinya.

Rencana Setelah Lulus

Rencana setelah lulus tentu saja saya akan mencari kerja. Sejauh ini pekerjaan yang ingin saya ambil akan terkait dengan tenaga pengajar di Universitas atau dosen. Namun tidak menutup kemungkinan bagi saya bila nantinya saya akan bekerja di suatu perusahaan jika memang dirasa cocok untuk saya.

Kode konten: X453

Komen dibawah! 6

  1. Rima

    Hallo kak erica,
    Perkenalkan saya rima dari semarang..
    Terimaksih atas ulasan tentang program Msc UGM ini ya..
    Saya sangat terbantu dlm mencari informasi program Msc ini..
    Saya berencana ingin melanjutkan belajar di jurusan magister sains manajemen UGM..
    Kak erica, saya ingin bertanya tentang seleksi substansi di program ini..
    Kira2 untuk soal seleksinya seperti apa ya kak?
    Apakah kak erica ada referensi soal untuk tes tersebut?
    Atau tips agar bisa mendapatkan skor maksimal di seleksi tersebut?

    Mohon di bls melalui email saya ya kak..
    rimayulia93@gmail.com
    Saya tunggu kak
    Terimaksih
    😊

    • ericafbnt

      Hai Rima ✨ Untuk proses seleksinya yg pertama ada seleksi berkas dulu, di seleksi berkas itu termasuk TPA dan Toefl, 2 tes itu sebaiknya dillakukan jauh sebelum pendaftaran program pascasarja, karena UGM ada score standar untuk bisa mendaftar, takutnya score tidak memenuhi kd harus tes TPA/Toefl ulang, sedangkan sertifikat TPA/Toefl harus sudah siap dan memenuhi score saat pendaftaran.

      Jika seleksi berkas lolos nanti baru ada tes dr Program magister sains manajemennya, ada tes mata kuliah dasar dan wawancara.
      Untuk tes mata kuliah dasar score minimal tidak diberitahukan, jd aku sendiri gatau harus punya score brp buat lolos, untuk soal2nya, jujur gabisa diprediksi dan berubah2, soal2nya sama seperti kalo kita UAS mata kuliah di S1, jd misal di part keuangan, nanti soalnya tentang suatu kasus terus disuruh cari BEPnya brp, atau misal soal tentang manajemen SDM, nant soalnya kaya “manakah di bawah ini yang termasuk ciri-ciri dr tipe kepemimpinan transformasional” semacam itu tp bener2 gada kisi2nya. Hehe Nanti selanjutnya ada wawancara. Wawancara ini jg beda2 tergantung dapet dosennya siapa yg wawancara. Aku sendiri dulu tes wawancaranya kebagian Prof Nurul Indarti, tesnya dia kasi jurnal internasional, disuruh baca 5 menit, lalu jelaskan isinya pake bahasa inggris.
      Tp temenku dapet Bu Reni Rosari, dia cuma disuruh jelaskan skripsinya sebelumnya apa, terus sama rencana penelitian tesismu apa. Jd tiap dosen beda tipe wawancaranya.

      Good luck ✨✨

  2. Azizahnf

    Hai kak, perkenalkan sebelumnya.
    Aku Azizahnf mahasiswa UIN Malang.
    Saat ini masih menempuh strata/jenjang S1 Perbankan Syariah. Dan aku tertarik dan berkeinginan untuk melanjutkan S2 dengan jurusan sains management. Dan kenapa ingin ambil jurusan ini ? Karena disitu ada pembagian detail konsentrasinya syariah finance yang ingin saya ambil. Untuk jurusan saya apa bisa ya kak kiranya nanti S2 mengambil jurusan ini? Terimakasih kak sebelumnya, doakan aku bisa melanjutkan… aku juga masih berjuang untuk tetap bertekad dan ingin masuk kampus impianku dulu ini. Tapi saya masih sering pesimis :”) semoga semoga semoga saya mampu dan bisa

    • Erica Febianti

      Halo Azizah,
      Untuk bisanya belum tentu bisa karena sistem pembukaan penjurusan sistemnya minimal harus ada 4 mahasiswa yg memilih penjurusan yg km inginkan, jd misalkan km diterima dan di angkatan km ada 18 orang, minimal harus ada 4 orang yg ingin masuk syaria finance baru penjurusannya akan dibuka, kalo kurang dr itu km harus pilih jurusan lain yg banyak peminat dan dibuka, makanya pas tes wawancara biasanya ditanya pengennya penjurusan apa, dan klo penjurusannya ga dibuka, penjurusan alternatif yg km mau apa, gtuu hehe, kira2 penjelasanku dimengerti gak ya? 🙁
      Good luck ya!

  3. Azizahnf

    Hai kak,
    perkenalkan namaku Azizahnf yang saat ini masih melanjutkan jenjang strata 1/S1 di UIN Malang. Saya tertarik dan berkeinginan untuk melanjutkan studi saya disini dengan jurusan managemen sains. Dan dari penjelasan kakak disitu terbagi menjadi beberapa konsentrasi dari jurusan ini, saya berkeinginan mengambil syariah finance. Sekiranya apa bisa jurusan saya saat ini (Perbankan Syariah) mengambil jurusan ini nantinya, ?sungguh saya berkeinginan sekali masuk ke kampus impian saya dulu ini, tapi dengan begitu banyak penolakan membuat saya untuk lebih legowo tapi saya masih berkeinginan untuk melanjutkan studi saya disini.. doakan saya bisa menjadi penerus kakak ya…🙏

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *