Manajemen, Universitas Gunadarma

Magister Sains Manajemen UGM (Yuan)

Magister Sains Manajemen UGM (Yuan)

Halo, rekan intipers.. Perkenalkan saya Yuan Adelintang Kurniadita, mahasiswa pascasarjana jurusan Magister Sains Manajemen UGM Angkatan 2020. Saat ini saya sedang menempuh tugas akhir atau tesis yang mulai dilakukan di semester 4. Di sini, saya akan membagikan pengalaman kuliah yang sudah dilalui selama 4 semester. Yuk, simak pengalaman studi saya. Bagi teman-teman yang ingin bertanya lebih lanjut, bisa langsung komen di bawah artikel ini, ya. Happy reading..!

Apa yang Dipelajari di Magister Sains Manajemen UGM?

Magister Sains Manajemen merupakan salah satu prodi di Program Master of Science (M.Sc.) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. Sesuai namanya, prodi ini memberikan pembelajaran manajemen di tingkat master yang berbasis pada pendalaman teori dan research-based learning. Berdasarkan kurikulumnya, perkuliahan ditempuh selama empat semester, di mana tiga semester awal adalah sesi kuliah (coursework) dan satu semester terakhir adalah tesis. Mata kuliah yang diberikan terdiri dari mata kuliah dasar dan mata kuliah konsentrasi.

Apa Bedanya dengan Magister Manajemen?

Magister Sains Manajemen sering dianggap sama saja dengan Magister Manajemen. Akan tetapi, faktanya keduanya berbeda. Meskipun sama-sama mempelajari tentang manajemen, fokus pembelajarannya berbeda. Jika Magister Manajemen berfokus pada praktik bisnis atau case-based learning, berbeda dengan Magister Sains Manajemen yang berfokus pada teori dan riset atau research-based learning. Perbedaan ini didasarkan pada capaian pembelajaran, di mana keluaran Magister Manajemen adalah praktisi yang menguasai pengetahuan dan mempraktikkannya, sedangkan keluaran Magister Sains Manajemen adalah akademisi dan peneliti yang andal dalam teori dan metodologi penelitian.

Dengan sistem dan capaian pembelajaran tersebut, Magister Manajemen memperoleh pendalaman praktik. Berbeda dengan Magister Sains Manajemen yang memperoleh pendalaman teori. Magister Manajemen yang dilatih mampu mengambil keputusan bisnis juga berbeda dengan Magister Sains Manajemen yang dilatih menganalisis suatu fenomena dari sisi teori dan metodologi. Keluaran yang dihasilkan juga berbeda, di mana Magister Manajemen menghasilkan lulusan dengan kepemimpinan bisnis, sedangkan Magister Sains Manajemen menghasilkan lulusan dengan kepemimpinan intelektual.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit

Mata kuliah yang dipelajari tentu sangat banyak yang terdiri dari mata kuliah dasar dan mata kuliah konsentrasi. Pada semester I, terdapat mata kuliah dasar yang meliputi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Perilaku Organisasi, dan Manajemen Operasi dan Inovasi. Mata kuliah dasar yaitu Manajemen Strategik juga diberikan, namun pada semester II (untuk konsentrasi strategik) dan semester III (untuk konsentrasi selain strategik).

intipkuliah-web1

Pada semester II dan III, terdapat mata kuliah konsentrasi dan dilengkapi dengan mata kuliah metodologi penelitian. Dikarenakan saya memilih konsentrasi pemasaran, maka mata kuliah yang ditempuh meliputi, Seminar Manajemen Pemasaran, Perilaku Konsumen, dan Marketing Model. Mata kuliah yang berkaitan dengan metodologi penelitian juga tergolong banyak, dikarenakan Magister Sains Manajemen ini merupakan research-based learning. Beberapa mata kuliah yang dimaksud adalah Metode Analisis Data, Metode Penelitian Bisnis Umum dan Lanjutan, dan Workshop Usulan Penelitian.

Dari sekian banyak mata kuliah yang diberikan, mata kuliah favorit saya adalah Seminar Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Dalam mata kuliah Seminar Manajemen Pemasaran, terdapat analisis artikel pemasaran di berbagai topik. Hal ini mengasah kemampuan berpikir kritis, analitis, dan komprehensif. Mata kuliah ini memberikan berbagai informasi mengenai topik riset yang sedang relevan saat ini dan sangat membantu menentukan topik tesis, di mana tugas akhir mata kuliah ini adalah membuat proposal penelitian. Pada mata kuliah Perilaku Konsumen, diberikan pemahaman mengenai beragam fenomena perilaku konsumen dan berbagai teori yang melatarbelakangi. Riset pasar juga dilakukan untuk mempraktikkan penentuan segmen, target, dan posisi pasar yang tepat. Beberapa teknik pemasaran juga dijelaskan, seperti content marketing, story-telling, sensory marketing, dan sebagainya.

Konsentrasi di Jurusan Magister Sains Manajemen

Terdapat beberapa pilihan konsentrasi di Prodi Magister Sains Manajemen yang dapat disesuaikan dengan minat dan dasar pengetahuan yang dimiliki. Beberapa konsentrasi yang tersedia adalah konsentrasi keuangan, keuangan syariah, pemasaran, sumber daya manusia, strategik, serta pengetahuan dan inovasi. Pemilihan konsentrasi dilakukan di semester II. Konsentrasi ini nantinya sebagai dasar pemilihan topik tesis dan menentukan bidang riset yang dikuasai. Oleh karena itu, pikirkan matang-matang untuk masa depanmu. Ok?!

Tips-Tips untuk Mahasiswa Baru

Perkuliahan di jenjang magister memang lebih menantang dibandingkan jenjang sarjana. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang dari segi pengetahuan dan dari sisi mental sejak awal studi. Hal tersebut sangat diperlukan untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan studi. Standar pendidikan yang diterapkan oleh program studi juga sangat memengaruhi seberapa besar kesiapan mahasiswa. Dalam hal ini, program Magister di FEB UGM sudah terakreditasi internasional yaitu AACSB, termasuk Magister Sains Manajemen, sehingga pembelajarannya berskala internasional dan menuntut mahasiswa untuk berperan aktif. Sejak menempuh semester I, sebaiknya selalu membaca materi terlebih dahulu sebelum sesi perkuliahan di kelas. Saat berada di kelas, berperan aktiflah dengan memberikan pendapat, berargumen, ataupun bertanya.

Selain aktif di sesi perkuliahan, setiap mahasiswa sebaiknya juga aktif di luar kelas yaitu aktif menjalin relasi dengan cara mengikuti organisasi mahasiswa pascasarjana, organisasi riset, dan bisa menjalin kedekatan dengan dosen. Kamu juga bisa berpartisipasi sebagai asisten di pusat studi yang ada di lingkup FEB UGM. Dengan aktif menjalin relasi, berbagai kesempatan akan terbuka dan mendukung studi, seperti mengikuti penelitian dosen ataupun membantu mengajar.

Sejak awal, setiap mahasiswa baru perlu membentuk lingkungan pembelajar yang positif. Caranya adalah menjalin pertemanan yang mendukung, artinya bisa bersama-sama belajar, tidak individualis, saling berbagi banyak hal untuk kesuksesan studi, dan mempunyai hobi atau kebiasaan yang hampir sama. Dukungan dari teman seperjuangan sudah pasti bisa membuatmu selalu good mood.

Prospek Karir Magister Sains Manajemen

Lulusan Magister Sains Manajemen FEB UGM akan memperoleh gelar M.Sc. Sesuai dengan capaian pembelajaran, sebagaian besar lulusan Magister Sains Manajemen berprofesi sebagai akademisi, baik sebagai dosen di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maupun dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Meskipun demikian, sebagian lainnya bekerja sebagai peneliti di berbagai lembaga atau berwirausaha dengan membuka jasa konsultasi penelitian. Penguatan di bidang teori dan metode penelitian bisa mengembangkan kemampuan mahasiswa dan alumni untuk menjadi seorang akademisi yang profesional dan kredibel. Dalam menunjang karir sebagai akademisi dan tentunya meningkatkan pengetahuan, lulusan Magister Sains Manajemen nantinya dapat menempuh studi doktoral di Program Studi Doktor Ilmu Manajemen, baik dalam negeri, maupun luar negeri.

Harapan dan Rencana Setelah Lulus

Setelah selesai menempuh studi di Program Magister Sains FEB UGM, saya akan melanjutkan kegiatan asistensi di bidang pemasaran yang sudah dilakukan sejak kuliah. Asistensi tersebut mencakup asisten riset pemasaran dan pengembangan pemasaran program studi, di mana sesuai dengan konsentrasi yang saya ambil yaitu Manajemen Pemasaran. Saya juga akan meningkatkan kemampuan teoritis dan metodologis untuk mendukung keinginan saya menjadi seorang akademisi.

Kode Konten: X495

Komen dibawah! 3

  1. Fernando Napitupulu

    Halo kak Yuan, slm knl sy nando dr medan.
    Kebetulan sy baru lulus seleksi Pascasarjana di USU Magister Ilmu Manajemen tahun ajaran baru 2022.
    Sy ingin bertanya, ketika pemilihan kosentrasi apakah harus linear di waktu S1 ?
    Dikarenakan sy dl S1 Manajemen kosentrasi Manajemen sumber daya manusia.
    Dan sy berencana di S2 ini kosentrasi Manajemen Pemasaran
    Terimakasih kakak ­čÖĆ

  2. yuanadelintangk

    Selamat siang, pertama saya ucapkan selamat dan semangat atas dimulainya studi. Idealnya memang demikian, sebagian besar mengambil konsentrasi S2 yang sama dengan konsentrasi sewaktu S1 agar ilmu dasarnya terpakai dan tinggal melanjutkan. Saya pernah mengalami hal yang sama, saya pindah dari konsentrasi SDM ke pemasaran. Waktu itu saya menanyakan ke dosen juga untuk pertimbangan. Pada intinya, jika ingin pindah konsentrasi bisa saja, dikarenakan yang dipakai untuk acuan keahlian adalah konsentrasi S2 dan S3.

  3. Muhammad Hanif Ibrahim

    Assalamualaikum kak. Saya Hanif lulusan baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Saya memiliki minat untuk dapat lanjut ke magister sains manajemen UGM. Saya pengen tau kak seleksi wawancara untuk masuk nya itu sekitar apa ya kak pertanyaan nya? Dan kira kira apa yg perlu disiapkan di sesi wawancaranya itu?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.