Tips

Kenapa Mahasiswa Harus Berpikir Kritis?

Kenapa Mahasiswa Harus Berpikir Kritis?

Menjadi mahasiswa adalah salah satu privilege yang mungkin tidak dapat dimiliki oleh semua orang. Namun, sebelum itu, privilege itu apa sih? Untuk mengetahui lebih detailnya, bisa baca disini. Oleh karena itu, hal ini merupakan kesempatan emas yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman selama kita berkuliah. Perubahan dari masyarakat juga dinilai dari masa-masa perkuliahan, sehingga ada yang mengatakan bahwa perubahan SDM terdapat di tangan mahasiswa. Maka dari itu, penting banget untuk mahasiswa dapat berpikir kritis, agar dapat membawa perubahan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Alasan Mahasiswa Harus Berpikir Kritis

Pasti akan ada pertanyaan, “mengapa berpikir kritis itu penting untuk mahasiswa? Apakah perubahan akan dipengaruhi oleh mahasiswa?”. Setiap manusia pastinya akan dihadapkan oleh beberpaa masalah dan narasi yang akan mempengaruhi kehidupannya. Setiap permasalahan pastinya tidak akan dipikir dengan mudah, terkadang kita akan merasakan permasalahan yang sulit. Tidak mudah untuk mengambil keputusan dalam permasalahan tersebut. Pastinya akan memerlukan banyak pertimbangan dan pemikiran untuk menentukan keputusan yang tepat atas solusi dari permasalahan tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa harus terbiasa untuk dapat berpikir kritis. Hal ini dapat membuat mahasiswa tidak mudah untuk terprovokasi dan membuat keputusan yang lebih bijaksana dan lebih matang. Selain itu, mahasiswa dalam menggali lebih dalam suatu permasalahan agar lebih paham lagi untuk mengambil keputusan yang bijak.

Terkadang ketika kita dapat berpikir kritis, seringkali lingkungan tidak mendukung untuk melakukann hal tersebut sehingga menghambat kita dalam mengembangkan diri. Namun, ketika kita memiliki pengetahuan tinggi dan rasa ingin tahu tinggi, kita dianggap sebelah mata oleh lingkungan, namun hal tersebut sebenanya bukan bermaksud mencari perhatian. Dalam hal seperti itu, mahasiswa seharusnya tidak termakan oleh stigma yang beredar di masyarakat. Latihlah kemampuan berpikir kritis sehingga dengan cara berpikir mahasiswa yang kritis dapat menentukan keberhasilan dalam membangun pemahaman, serta kritik tersebut berguna untuk bertukar pendapat dengan sesama agar kita bisa memiliki wawasan yang lebih luas dengan pemahaman sesama kita.

Manfaat Berpikir Kritis

  • Dapat lebih memahami suatu permasalahan.

Ketika kita menjadi mahasiswa, pastinya kita akan terbiasa menerima beberapa tugas. Ada beberapa kali tugas dari perkuliahan itu yang terasa sulit sehingga membutuhkan banyak usaha, salah satunya adalah menganalisis. Tentunya ketika kita menganalisis, kita juga akan berpikir kritis untuk menyelesaikan hal tersebut. Oleh karena itu, kita akan lebih dapat memahami suatu permasalahan dan dapat melakukan analisis yang lebih mendalam juga terkait dengan struktur yang sistematis.

  • Mudah untuk memecahkan masalah

Ketika kita sudah terbiasa untuk berpikir kritis, maka kita sudah terlatih untuk memecahkan masalah baik tugas maupun ujian, sehingga kita dapat menemukan solusi yang tepat untuk pemecahan masalahnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis akan meningkatkan skill problem solving.

intipkuliah-web1
  • Memiliki pikiran yang terbuka

Pastinya dengan kita berpikir kritis, maka kita akan membuka wawasan kita untuk lebih tahu mengenai suatu hal. Apalagi sekarang sudah zaman digital, dimana informasi akan mudah di dapatkan melalui HP. Namun, informasi yang diterima tentunya tidak bisa ditelan mentah-mentah dan kita pastinya akan mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut. Oleh karena itu, hal yang kita lakukan dapat membuka wawasan kita terhadap hal tersebut.

Cara Mengasah

  • Sering membaca

Dengan membaca, kita akan mendapatkan banyak hal yang mungkin kita belum mengetahui sebelumnya baik membaca buku pengetahuan maupun artikel. Otak juga akan terbiasa untuk dilatih dan mendapat stimulasi. Oleh karena itu, semakin sering membaca, maka otak akan sering terlatih untuk dapat memahami apa makna dari bacaan tersebut, hal tersebutlah yang akan memacu kita untuk dapat berpikir kritis. Kalian juga bisa membaca jurnal-jurnal untuk menambah wawasan kalian lagi. Untuk jurnal-jurnal, kalian bisa banget baca disini untuk mengetahui jurnal apa saja yang bisa menambah wawasan.

  • Jangan menerima sembarang informasi

Terkadang kita dengan mudah mendapatkan informasi, namun informasi yang kita dapat belum terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, ketika kita mendapatkan informasi, alangkah baiknya kita mencari tahu kebenaran dari informasi tersebut.

  • Sering bertanya

Bertanya adalah cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan bertanya, kita akan mengetahui informasi yang kita bingungkan sebelumnya. Namun, kita juga harus memulai pertanyaan dengan pertanyaan yang sederhana kemudian dilanjut dengan pertanyaan yang lebih krusial.

  • Melakukan diskusi

Dengan sering berkumpul dan berdiskusi dengan suatu hal, maka kita juga terpacu untuk dapat berpikir kritis. Berdiskusi disini bukan dalam konteks membicarakan hal yang negatif, namun bisa saja mendiskusikan mengenai isu-isu yang terjadi sekarang. Dengan hal seperti itu, kita akan terpacu untuk berpikir dan mencari informasi terkait dengan isu tersebut, kemudian kita juga dapat mengetahui solusi dari isu tersebut sesuai pendapat orang lain.

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.