Bisnis

Manajemen Bisnis ITS (Nana)

Manajemen Bisnis ITS (Nana)

Hai sobat intipers! Saya Nafisa Nurfadila atau biasa dipanggil Nana, dari jurusan Manajemen Bisnis ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Angkatan 2018. Kali ini saya mau bahas pengalaman kuliah di Manajemen Bisnis ITB. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Gambaran besar Manajemen Bisnis ITS?

ITS mempunyai visi untuk berkontribusi pada perekonomian bangsa melalui pengembangan bisnis berbasis teknologi. Merancang teknologi menjadi produk yang bisa dipasarkan dan berdaya saing tinggi tentu memerlukan perencanaan strategi bisnis yang efektif dan efisien. Untuk itulah sejak tahun 2011, ITS membuka program sarjana Manbis. Program sarjana manajemen bisnis dirancang untuk memberikan skill, pengetahuan yang penting dalam mengelola bisnis di era persaingan berbasis teknologi, dan tentunya kami para mahasiswa dibekali dengan keterampilan komunikasi dan pemahaman manajerial didalam mengelola inovasi teknologi yang tepat bagi pengembangan masyarakat indonesia.

Sistem pembelajaran yang ada di jurusan ini

Pembelajaran di manbis menggunakan metode berbasis problem based learning & lab based education, mahasiswa dihadapkan dengan kondisi nyata didalam menjalankan usaha dan pengambilan keputusan kritis. Pembelajaran dilakukan melalui kombinasi kuliah konvensional dikelas, tutorial, praktek lapangan dan studi kasus.

Slide3

Mata kuliah dan tugas khas

Hampir setiap tahun mahasiswa di Manajemen Bisnis  dituntut untuk dapat berwirausaha.

Di semester tiga, para mahasiswa akan bertemu dengan mata kuliah New Venture Creation, atau kami biasa menyebutnya NVC, yang didalam Bahasa Indonesia berarti Penciptaan Usaha Baru sebanyak 4 sks. Di mata kuliah ini, kami dituntut untuk mampu mengelola dan menjalankan usaha baru, menerapkan manajemen dalam berbagai bidang, berpikir kreatif dan inovatif dalam memecahkan persoalan bisnis, dan mampu mempertanggung jawabkan setiap langkah yang diambil di dalam bisnis baru tersebut.

Dan pada semester empat, kami kembali dipertemukan dengan tantangan bisnis yang lebih luas, dengan mata kuliah yang bernama sociopreneurship, dimana kami diharuskan untuk menerapkan konsep-konsep bisnis terkini dan menciptakan nilai yang berkelanjutan untuk bisnis, masyarakat pada umumnya dan bekerja sebagai bagian dari ekonomi global yang berkelanjutan

Konsentrasi yang ada di Manajemen Bisnis ITS

Ada 4 kelompok keahlian yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Marketing management, berfokus pada menganalisa, merencanakan, menjalankan, mengawasi dan mengevaluasi program pemasaran suatu perusahaan
  2. Financial management, berfokus pada bagaimana cara mendapatkan, menggunakan, dan mengelola keuangan suatu perusahaan
  3. Human resource management, berfokus pada mengatur sumber daya (tenaga kerja) yang ada di dalam perusahaan
  4. Operations management, berfokus pada proses transformasi dari input menjadi output sebuah perusahaan

Apa tantangan terbesar kuliah di sini menurutku?

Berkuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), pastinya dikenal sebagai kampus teknik, dan disini Manajemen Bisnis menjadi salah satu dari dua rumpun sosial diantara lautan teknologi dan sains, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dimana kami dituntut untuk aware pada bidang-bidang diluar manajemen bisnis

Lulusan Sarjana Manajemen Bisnis akan mengisi peluang kerja di berbagai bidang seperti:

  1. Wirausaha/ pebisnis/ entrepreneur terutama dibidang teknologi.
  2. Manajer di berbagai indusri sektor: manufaktur, energi transportasi, kimia, retail, perusahaan jasa, multimedia, perbankan, dll baik di perusahaan nasional maupun multi nasional
  3. Bekerja di berbagai bidang: HRD, Marketing, Accounting, Finance Staff
  4. Konsultan bisnis

Tips kepada para mahasiswa baru

Harus pintar-pintar dalam time managementnya dan jangan menunda-nunda tugas, ya!

Kode Konten: X147

Komen dibawah! 7

  1. Rafly Adinansyah

    Hai kak, perkenalkan saya Rafly calon mahasiswa jurusan manajemen. Yang ingin saya tanyakan mengenai kesulitan dan kemudahan kuliah di jurusan manajemen ; suka dan duka. Terus pemilihan konsentrasi jurusan itu di semester berapa. Terimakasih kak.

    • nafisananaa

      halo rafly, mohon maaf sekali baru melihat notif email ini. aku coba jawab yaa, menurut aku pribadi suka duka menjadi mahasiswa manajemen, sukanya ketika kita bisa aktif berkomunikasi, berdiskusi, melihat dan mencoba banyak hal baru, khususnya untuk manajemen bisnis, aku pun disini untuk pertama kalinya mencoba membuka real bisnis bersama teman-teman, mencoba langsung step by stepnya. Dukanya ketika menghadapi konsekuensi pebisnis muda, merasakan ternyata sulit menggaet target pasar dan harus terus semangat belajar lebih baik lagi. Untuk pemilihan konsentrasi jurusan di Manajemen Bisnis ITS ada di semester 6 rafly. Kalau mau ngobrolin banyak hal bisa banget langsung ke ig aku aja ya, di @nafisananaa, kalau memakai email seperti ini khawatirnya terlewat lagi🙏🏻 terimakasih rafly, see you on top!

      • Tasya Bella Putri Habibah

        halo kak saya siswa kelas 12 dan saya ingin melanjutkan ke kuliah ke ITS jurusan manajemen bisnis kalau boleh tau rata-rata nilai rapor masuk jurusan manajemen bisnis dulu berapa ya? kak dulu lewat sbm atau snm?

  2. Nadiaa

    Hallo kak saya siswa kelas 12 Ips dn saya ingin melanjutkan kuliah ke jurusan manajemen bisnis ITS kak klau boleh tau rata-rata nilai rapor masuk manajemen bisnis ITS brpa ya kak??

  3. Rizqi

    Halo kak, saya kelas 12 ips, kalo masuk ke manbis its lewat utbk, pilih saintek atau soshum kak?

  4. Arsa Sabila Rosada

    Kak, tips utbk untuk masuk manbis its bagaimana persaingannya? Serta tips untuk belajarnya terimakasih 🙂

  5. Tasya Bella Putri Habibah

    halo kak saya siswa kelas 12 dan saya ingin melanjutkan ke kuliah ke ITS jurusan manajemen bisnis kalau boleh tau rata-rata nilai rapor masuk jurusan manajemen bisnis dulu berapa ya? kak dulu lewat sbm atau snm?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *