IAIN, Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta (Wawan)

Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta (Wawan)

Halo sobat intipers! Aku Wawan Saputra dari Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta angkatan 2016. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta seperti apa?

Hampir sama dengan manajemen pada umumnya tapi memang berdasarkan syariah islam. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta?

Saya dulu jurusan IPA bukan IPS, tapi karena saya juga belajar ekonomi dan saya menyukai ekonomi, oleh karena itu saya mengambil jurusan ini, kenapa memilih di IAIN Surakarta karena jadi salah satu jurusan favorit.

Slide3

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Banyak mata kuliahnya, semester awal-awal mata kuliah yang berhubungan dengan keagamaan, lalu ekonomi islam, konsep penerapan ekonomi islam, selain dapat manajemen kita dapat akuntansi level menengah, praktikum ada digital marketing, ecommers, kewirausahaan islami, kalo di angkatan saya dulu membuat bazar satu minggu dengan pendanaan dan pelaksanaan semua dari kita.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada kalo udah masuk semester 6 kita ada pilihan mau konsentrasi apa, ada manajemen pemasaran, manaajemen keuangan, manajemen produksi, dan manajemen SDM. Pilihan ini juga untuk penelitiannya. Kalo saya lebih di marketing atau manajemen pemasaran, terutama mendalami digital marketing, belajar dasar-dasar marketing di konsentrasi ini. Di SDM belajar merekrut orang dsb, keuangan belajar keuangan dan analisis. Kita dapat semua tapi ketika ditingkat akhir kita bisa memilih.

Salah satu kegiatan yang diikuti

Salah satu kegiatan yang diikuti

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Lewat PTKIN, itu ada SPANPTKIN jalur undangan atau nilai raport atau seperti SNMPTN, UMPTKIN atau jalur nya sama kaya SBMPTN, dan ada jalur mandiri juga. Info lebih lanjut di website resminya dan di youtubenya juga. Bisa pelajari ekonomi islama dengan konten-konten di IG juga.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Bisnis Syariah IAIN Surakarta?

Dari awal harus punya satu skill keahlian yang di dalami, usahakan dari awal, tapi tanpa mengesampingkan konsetrasi lain. Saya fokus di marketing tapi tidak menyampingkan yang lain.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa masuk di sektor syari’ah, baik itu lembaga-lembaga, bank syaria’ah, lembaga zakat, tidak menutup kemungkinan temen-teemn bisa masuk ke perusahaan biasa. Jadi sangat luas prospeknya, bukan hanya sektor syari’ah tapi bisa yang umum juga.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Saat ini sudah kerja di perusahaan, saat ini sedang pengembangan di digital marketing untuk menunjang pekerjaan dan kemampuan saya sendiri, harapannya bisa membangun karir lebih baik dari sekarang.

Kode konten: C349

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *