Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika, Telkom University

Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Telkom University (Alya)

Halo sobat intipers! Aku Alya Nurrizqi Khairunnisa. AG dari Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Telkom University angkatan 2020. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Telkom University?

Jurusan ini disingkat sebagai MBTI. Seperti pada umumnya, kita belajar manajemen, bisnis dan wirausaha. Yang menjadi unik adalah adanya mata kuliah yang hanya ada di MBTI seperti pembelajaran dasar mata kuliah informatika dan telekomunikasi. Fun fact, MBTI ini hanya ada di Tel-U di Indonesia. Untuk negara lain jurusan ini ada di Jepang.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika?

Aku ngerasa jurusan ini berorientasi pada perkembangan zaman. Kita kan udah masuk di 5.0 dimana kita mengikut teknologi. Di MBTI selain kita disiapkan menjadi pengusaha, kita juga disiapkan untuk memahami big data. Itu berorientasi dengan prospek kerja saat ini. Banyak hal yang ditawarkan seperti misal kita mau membuat start up didalam Badan Techno Park kita akan difasilitasi sehingga lebih berkembang.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika?

Kalau praktikum ada big data, analisis sistem. Lalu mata kuliah khasnya ada big data. Kalau mau kursus big data kan biayanya mahal, kalau kita masuk jurusan MBTI ini akan menjadi mata kuliah.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Telkom University?

Kalau ga salah ini akan kita dapat di semester 3. Pertama yang ingin fokus ke dunia saham, lalu business and marketing dan ada strategic economy entrepreneur untuk yang ingin menjadi wirausahawan.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Jalur masuknya banyak banget. Ada jalur prestasi, ada undangan seleksi mitra apabila kita ada mitra perusahaan dengan Tel-U, ada jalur tulis gelombang 1 dan 2, ada jalur tes CBT dan terakhir ada jalur kelas internasional atau jalur JKI. Tambahan bahkan ada jalur beasiswa BUMN, Pemda dan lain sebagainya namun saya kurang paham akan jalur beasiswa. Kalian bisa cek di website Tel-U.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Sebenarnya ini secara general ya. Kita harus membuat study plan, kapan mau organisasi, kapan mau lomba, kapan mau magang harus kalian set dari awal. Kalau ngga kita akan impulsif. Misal disemester 5 kita harusnya fokus kuliah malah ikut-ikutan temen organisasi. Kita akan jauh dari target nantinya. Terus pas maba biasanya kita mau jadi kupu-kupu kan, tapi itu ada fasenya loh. Kalian akan tertarik nantinya untuk ikut organisasi karena kalian akan merasa jenuh hanya kuliah saja.

Prospek kerja dan alumni jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Telkom University seperti apa?

Banyak banget. Dari kating yang aku kenal ada yang masuk BUMN dan OJK. Karena kita juga belajar coding dan big data kita juga bisa menjadi data scientist. Kita juga bisa menjadi marketing, HR maupun business management.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana dan harapan mungkin pengen kerja dulu ngerasain dipimpin orang lain entah itu di BUMN, multinasional maupun lainnya. Setelah itu aku mau coba berbisnis. Harapannya bisa menjadi lulusan berintegritas, profesional dan siap bertarung di dunia kerja.

QnA

  1. Kakak dijurusan MBTI belajar programming atau teknologi lain yang dikaitkan dengan bisnis gak?

Ada kaitannya programming dengan bisnis. Sebagai seorang manager iita harus paham teknologi itu sendiri. Entah kita mau masuk perusahaan atau membangun start up, semua itu berkaitan antara teknologi dengan bisnis.

 

Kode konten: C987

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.