Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (Imelda)

Manajemen Bisnis Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (Imelda)

Halo Intipers, pernkenalkan nama saya Imelda Puspitasari. Salah satu mahasiswa Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia disingkat menjadi UNIBI. Salah satu kampus swasta yang ada di bandung, dan sekarang saya ada di semester 8. Aku sedang berjalan menghampiri Skripsi, keren kan? Kenapa tidak, karena saya adalah salah satu mahasiswa kelas karyawan di sana, yang mana di siang hari saya bekerja dan malam harinya saya berkuliah. Penasaran kan kegiatan saya dan bagaimana saya berkuliah dengan mengambil Prodi MANAJEMEN BISNIS? Yuk simak kisah saya.

Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

BAGAIMANA PROSES PERKULIAHAN DI KELAS KARYAWAN TERUTAMA PRODI MANAJEMEN BISNIS?

Secara umum semuanya sama saja dengan kelas di siang hari. Bedanya perkuliahan diadakan saat malam hari, kami biasa memanggilnya kelas karyawan. Kenapa disebut kelas karyawan? Karena di kelas malam ini rata rata yang berkuliah adalah mereka yang bekerja dan rata rata karyawan. Walaupun banyak juga yang memiliki bisnis sendiri. Dan lebih menyenangkannya lagi, selain kita belajar mata kuliah inti dari perkuliahan yang kita ambil, kita akan mendapatkan banyak teman di berbagai kalangan, serta cerita yang luar biasa. Itu yang akan membuka mindset serta diri kita untuk menjadi lebih baik, termasuk saya.

promo-web

Kelas Karyawan

Manajemen Bisnis di kelas karyawan tidak ada bedanya dengan kelas siang hari atau kelas reguler. Kita tetap berkuliah 5 hari dalam satu minggu, sks yang sama, mata kuliah yang sama, tidak ada perbedaan signifikan dari segi mata kuliah. Perbedaan yang sangat signifikan adalah budaya belajar, waktu, lingkungan dan suasana. Kenapa? karena di kelas Reguler atau kelas siang hari, biasanya kita mendapatkan teman yang seumuran dan rata rata mereka baru lulus sekolah dan pemikirannya masih anak sekolah. Berbeda dengan Kelas Karyawan yang rata rata mereka sudah bekerja dan lebih dewasa. Budaya belajarnya sangat berbeda. Di kelas karyawan lebih banyak diskusi di banding membaca buku, bahkan selama kami berkuliah hanya beberapa buku yang kami beli karna dosen sudah memberikan materi dari buku lalu dosen akan berdiskusi dengan kami sesuai fenomena yang ada.

Kami lebih sering berdikusi tentang materi dan kejadian langsung di lapangan, terutama dunia bekerja kami. Jadi banyak banget materi yang sering di diskusikan, dibanding membaca buku yang tebal. Dosen lebih sering menanyakan fenomena apa yang sedang terjadi di tempat bekerja dan materi yang kami perlajari memang sangat berguna di dunia bekerja. Yang memang pekerjaan kami dan prodi yang kami ambil masih ada hubungannya. Manajemen Bisnis sendiri banyak memberikan gambaran gambaran tentang dunia Bisnis. Entah bisnis Retail,Jasa,Barang dan sebagainya, dan kebanyakan memang sangat berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari hari terutama kita di generasi Milenial ini.

APA ITU KELAS KARYAWAN ?

Mungkin kelas karyawan atau kelas malam hanya ada di kampus kampus swasta dan setahu saya PTN tidak memiliki kelas karyawan.  Jika ada boleh komen di bawa yah temen temen. Kelas Karyawan sendiri pembelajarannya akan di mulai dari jam 7  hingga 10 malam. Kadang juga saking asik nya diskusi kami sering sekali pulang larut bahkan hanya 1 ruangan yang tersisa. Setelah melihat jam teryata kami berdiskusi hingga pukul 00.00. Terdengar mengerikan memang tapi itulah kenyataanya.

Banyak sekali pertanyaan yang sering saya dapatkan seputar kelas karyawan. Mungkin sebagian orang hal ini aneh, dan pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah “apa kuliah malam tidak cape? Tidak terbayang karena siang hari lelah bekerja dan malam  hari harus kuliah”. Jujur untuk saya sendiri ini tidak melelahkan. Awalnya memang berat, namun seiring berjalannya waktu saya menikmati semuanya. Ilmu yang saya dapat, teman yang selalu ada untuk saya, dan berbagai ilmu yang non akademis yang saya dapatkan juga sangat banyak. Justru disinilah awal mimpi saya di mulai, untuk  berkembang menjadi lebih baik dan berkontribusi untuk negara.

MATA KULIAH YANG ADA DI MANAJEMEN BISNIS?

Teruntuk matakuliah, sepertinya jika semuanya disebutkan akan panjang artikel ini. Saya akan menyebutkan beberapa matakuliah dan memberi  gambarannya. Prodi Manajemen pasti akan berkaitan dengan uang. Ada matkul Matematika bisnis, akutansi biaya, perpajakan. Kita akan benar benar di asah untuk menghitung uang yang gaib dan hanya angka yang saya sendiri tidak menyukai matkul ini hihi. Ada juga Hukum Komersial, hukum ini berkaitan dengan bisnis juga. Nanti ketika kita sudah lulus dan berniat untuk memiliki bisnis sendiri kita tahu mana larangan negara dan mana yang harus kita patuhi. se seru itu sobat!

MATA KULIAH YANG DI SUKAI?

dari 7 semester ini hanya ada 1 mata kuliah yang saya sukai dan sangat berkesan bagi saya, yaitu BISNIS INTERNASIONAL, salah satu matkul yang memberikan gambaran dan kenyataan di dunia bisnis internasional, sehingga kita bisa tahu apa yang sedang dan terjadi dalam dunia bisnis Internasional, tidak hanya di indonesia namun seluruh dunia terutama di ASIA.

KONSENTRASI APA SAJA YANG ADA DI MANAJEMEN BISNIS?

saat memasuki semester final, yang artinya kamu harus memiliki jalur konsentrasi dari prodimu, di Kelas Karyawan Unibi ini ada 2 Konsentrasi tersedia yaitu, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA dan PEMASARAN. 2 hal yang beda tapi berkaitan erat dan saling mengenggam satu sama lain hihi, dimana tidak akan ada pemasaran produk atau jasa jika tidak ada Sumber daya manusia, Tidak akan ada Penjualan yang baik tanpa Sumber daya manusia yang mumpuni, dan kebetulan saya sendiri mengambil Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Kenapa? karena saya sendiri ingin menjadi SDM yang baik, dan ingin menciptakan SDM yang baik pula, yang bisa bekerja sama untuk membangun indonesia lebih baik.

Kegiatan presentasi dalam perkuliahan

TIPS UNTUK MAHASISWA BARU

teruntuk kalian yang mungkin saat ini sedang berjuang SNMPTN dan SBMPTN yu semangat!, saya yakin kalian bisa!!!, dan untuk kalian yang memang terhalang biaya untuk kuliah, JANGAN TAKUT, dengan keyakinan dan usaha kita pasti bisa untuk kuliah, yah dengan adanya kelas karyawan ini bisa membantu kita untuk memiliki pendidikan yang baik, JANGAN TAKUT, saya yakin semua anak indonesia bisa Berkuliah asal kita bisa berusaha dengan sebaik mungkin.

JANGAN MALU dengan KELAS KARYAWAN tapi kita harus bangga kita bisa satu langkah lebih maju, karena ketika nanti lulus KITA BISA MEMILIH JALAN KITA SENDIRI, dengan adanya kelas karyawan ini saya harap bisa membantu sobat semua, untuk tidak patah semangat,dan tidak menyerah dalam pendidikan, karna BERPENDIDIKAN ITU HAK BAGI SELURUH ANAK DAN SELURUH MANUSIA YANG ADA DI INDONESIA, so kalo kalian gagal di PTN jangan menyerah, jika kalian tidak memiliki biaya kelas karyawan menjadi solusi bagi kita semua. jangan pernah berfikir bahwa Kuliah Kelas Karyawan itu melelahkan, PADA KENYATAANNYA ini semua menyenangkan, dan ayo berjuang bersama sama TERUS SEMANGAT!!!.

RENCANA DAN HARAPAN SETELAH LULUS.

bukan kah mimpi itu hak semua orang? setelah lulus saya ingin sekali bisa kuliah di luar negri, atau bekerja di luar negri, sebagai gantinya ingin membawa ilmu dari negara yang saya kunjungi, dan di terapkan di indonesia, walaupun saya lulusan kelas karyawan tapi bukan berarti saya hanya stak menjadi karyawan di perusahaan, saya sama seperti manusia umumnya saya juga ingin menggapai cita cita saya tersebut. Harapannya, tidak hanya saya tapi seluruh anak di indonesia bisa berkuliah dengan passion mereka dan bisa memiliki cita cita yang tinggi serta berjuang untuk itu, semoga kita bisa meraih cita cita kita semua.

Kode konten: X373

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *