IAIN Salatiga, Manajemen Dakwah

Manajemen Dakwah IAIN Salatiga (Fahri)

Manajemen Dakwah IAIN Salatiga (Fahri)

Halo intipers. Perkenalkan saya Fahri Ali, Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Salatiga Angkatan 2018. Saya biasa dipanggil Fahri atau Alifahry. Lewat tulisan kecil ini, saya akan membagikan pengalaman kuliah saya selama 7 semester ini di jurusan tercinta yaitu Manajemen Dakwah IAIN Salatiga. Yuk, simak pengalaman saya dengan seksama ya, dan pastikan kalian dalam keadaan bahagia. Salam bahagia dan selamat membaca !

  • Apa yang dipelajari di Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Salatiga

Sesuai dengan namanya, yaitu Manajemen Dakwah. Kita didalamnya diajarkan banyak sekali ilmu yang berkaitan dengan dunia Manajemen dan ke-Dakwah-an. Tentunya akan banyak sekali ilmu-ilmu kolaborasi antara keduanya. Tahukan kamu, banyak orang yang menganggap bahwa mahasiswa-mahasiswa Manajemen Dakwah nantinya akan menjadi seorang pendakwah atau menjadi da’i/da’iyah, namun pada faktanya tidak demikian kawan. Karena pada Jurusan ini tidak melulu mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan penceramah saja atau dikenal dengan ilmu retorika, namun kita juga diajarkan ilmu-ilmu Manajemen. So, jangan salah paham lagi ya hehe….

  • Mata Kuliah dan Tugas Khas yang ada di Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Salatiga

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Mata kuliah yang diajarkan di Jurusan Manajemen Dakwah sebenarnya banyak sekali, namun saya akan berbagi pengalaman yang saya rasa paling berkesan. Yang pertama adalah mata kuliah Manajemen Masjid dan Islamic Center. Pada Mata Kuliah ini kita diajarkan bagaimana mengelola Kelembagaan Islam, salah satunya adalah Masjid dan Islamic Center. Bagaimana pengelolaannya, perencanaan sampai dengan tahap evaluasinya, dan di mata kulaih ini saya banyak belajar karena memang mata kuliah ini sifatnya penelitian dan praktikum langsung mendatangi Masjid & Islamic Center di sekitar kampus.

Mata kuliah kedua yang paling bermakna di Jurusan Manajemen Dakwah adalah Manajemen Pelatihan Dakwah. Pada mata kuliah ini kita diajarkan bagaimana mengadakan pelatihan pada lembaga-lembaga. Mata kuliah ini menempatkan mahasiswa sebagai penyelenggara pelatihan, kemudian mahasiswa mencari lembaga yang akan digunakan sebagai media pelatihan. Pada Mata kuliah ini kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan kemudian kita merancang serta merencanakan pelatihan di sekolah-sekolah sekitar kampus yang menjadi sasarannya adalah sekolah SMP sampai dengan SMA. Tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa untuk berani tampil didepan umum sebagai penyelenggara kegiatan Dakwah.

Nah, dari kedua mata kuliah diatas menunjukan bahwa Jurusan Manajemen Dakwah tidak melulu belajar soal Dakwah saja, namun kita juga diajarkan ilmu-ilmu kolaborasi Manajemen.

  • Konsentrasi yang ada di Jurusan Manajemen Dakwah IAIN Salatiga

Pada IAIN Salatiga, Fakultas Dakwah. Salah satu program studinya adalah Manajemen Dakwah. Didalamnya terdapat 2 Konsentrasi yang berbeda. Yang pertama adalah “Manajemen Kelembagaan Islam” dimana pada konsentrasi penjurusan ini mempelajari tentang bagaimana pengelolaan lembaga-lembaga yang berbasis Islam. Pada konsentrasi ini akan diajarkan banyak sekali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Manajemen Kelembagaan. Mislanya Administrasi Kelembagaan Islam, Manajemen Organisasi Islam, Praktikum Manajemen Zakat, Infaq dan Shadaqah serta mata kuliah lainnya yang beragam.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Konsentrasi yang kedua adalah “Manajemen Haji & Umrah” dimana pada konsentrasi ini kita akan mempelajari bagaimana mengelola dan mengatur biro Travel Haji & Umrah. Tidak berhenti disitu saja, kita juga diajarkan banyak ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Manajemen Haji & Umrah. Misalnya Manajemen Transportasi Haji & Umrah, Manajemen Operasional Haji & Umrah, Sistem Informasi Haji & Umrah dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan ilmu Haji & Umrah.

Kedua konsentrasi tersebut, sama-sama mempelajari Manajemen, namun yang membedakan adalah Objek atau sasaran dari masing-masing rumpun konsentrasinya.

  • Tips-Tips untuk Mahasiswa Baru di Jurusan Manajemen Dakwah

Manajemen Dakwah adalah salah satu Jurusan yang memiliki peluang besar, maka cintailah Jurusan Manajemen Dakwah ini, anggap sebagai rumah besar kita untuk terus belajar, berkarya, dan tunjukan pada dunia bahwa kita bisa. Bisa karena terbiasa. Banyak mahasiswa yang sudah memasuki semester 3, 4 bahkah 7 merasa salah jurusan di program studi ini, itu adalah fase kawan, tetap jalani segala proses yang ada. Dan percayalah kalian jika merasa tersesat di Jurusan Manajemen Dakwah, kalian tersesat di jalan yang benar !. Pada Jurusan Manajemen Dakwah jangan takut untuk unjuk diri di depan umum, karena pada semester-semester selanjutnya akan banyak menggunakan ilmu retorika atau berbicara di depan umum, jangan jadi mahasiswa pemalu. Karena pada dasarnya Jurusan Manajemen Dakwah adalah Jurusan yang notabene adalah rumpun ilmu sosial, yang menuntut kita untuk banyak bersosialisasi dan berinteraksi dengan khalayak masyarakat umum.

  • Ikuti Organisasi/Magang yang kita banget !

Selain itu, tips selanjutnya yang perlu kalian selaraskan agar sesuai dengan Jurusan Manajemen Dakwah adalah ikuti dan bergabunglah organisasi-organisasi yang kamu sukai, karena dengan berorganisasi akan membantu proses perkuliahan kita nantinya. Dan juga magang di tempat-tempat yang menunjang perkuliahan mu dan sebisa mungkin disesuaikan dengan konsentrasi yang kalian ambil. Seperti di Kementerian Agama, Kantor Urusan Agama, BAZNAS, Pondok Pesantren LAZIS dan lain sebagainya. Organisasi yang diikuti, misalnya, mengikuti organisasi kampus seperti Himpunan Program Studi, Dewan Eksekutif, UKM ataupun organisasi-organisasi lainnya. Tujuannya adalah untuk mendogkrak kualitas diri dengan meningkatkan potensi kemampuan dan skill yang kita miliki. Supaya tidak terjebak pada zona nyaman dan tentunya untuk mengasah keterampilan yang sifatnya softskill.

  • Prospek Kerja Lulusan Manajemen Dakwah

Lulusan Manajemen Dakwah sangat bervariasi profesinya, seperti misalnya di Kementerian Agama, Departemen Agama, Kantor Urusan Agama, Pengelola Yayasan, Pondok Pesantren, Takmir Masjid, Panti Asuhan, BMT, BAZNAS,  Pengelola Biro & Travel Wisata Haji & Umrah dan tidak menutup kemungkinan bisa pada sektor profesi-profesi lainnya.

  • Harapan dan Rencana setelah Lulus

Jujur, setelah lulus saya masih diambang banyak pilihan ingin terjun di profesi apa. Karena memang jurusan Manajemen Dakwah adalah jurusan yang relatif umum dan bisa banyak  dimasuki oleh Sarjana S. Sos, khususnya Manajemen Dakwah. Rencana saya 1-2 tahun kedepan adalah ingin mengembangkan komunitas SFHU (Silatul Fikr Haji & Umrah) yang baru dirintis bersama teman-teman di kampus yang berkolaborasi dengan PT. WALI Tour & Travel, dan harapannya bisa berkembang dan terus berjalan. Disisi lain saya juga ingin mengikuti dan bergabung dengan komunitas pengabdian masyarakat Indonesia Mengajar di pelosok negeri. Dan masih banyak harapan-harapan yang ingin saya lakukan setelah lulus dari IAIN Salatiga.  Doakan ! mudah-mudahan segalanya diberi mudah. Amiiin

Kode Konten: X494

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.