IAIN, Manajemen Dakwah

Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung (Umi)

Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung (Umi)

Halo sobat intipers! Aku Umi Kulsum dari Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung seperti apa?

Tepatnya ada di Fakultas Usuludin dan Dakwah IAIN Tulungagung, mempelajari banyak hal, mulai dari mata kuliah mendasar sampai mata kuliah yang menegerucut dengan manajemen dakwah, mulai dari manajemen itu apa, terusilmu dakwah seperti apa, seperti yang disampaikan Profesor Muhammad Ali Aziz, bahwa sanya dakwah mengajak kepada kebaikan, jadi di dalam jurusan kami terdapat mata kuliah yang sejalur dengan kita, ada manajemen dakwah itu sendiri, psikologi dakwah yang nantinya kita pada saat berdakwah itu bisa mengetahui bagaimana masyarakatnya, kita berdakwah bisa mengetahui psikologi atau prilaku dari sasaran dakwah kita sendiri. Stigma dari masyarakat itu, manajemen dakwah itu lulusannya hanya pada Da’i, itu merupakan stigma yang kurang tepat, karena yang saya ambil kata-kata dari wakil dekan Usuludin, bukan bagaimana cara berdakwah tetapi bagaimana memanajerial dakwah itu sendiri. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung?

Sebenarnya dulu saya itu kurang minat dalam melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi, tetapi dari orang tua meminta saya untuk melanjutkan menimba ilmu kepada perguruan tinggi, kenapa saya mengambil jurusan manajemen dakwah, karena niat saya ada di perguruan tinggi itu bukan hanya eksistensi, tetapi mencari ilmu yang lebih dalam lagi sebelumnya di sekolah menengah, saya memilih jurusan ini karena dorongan orang tua yang tidak lepas dari agama islam, yang kedua saya ingin mengetahui dan mendalami bahwa saya memiliki keinginan membuka biro haji dan umroh.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Yang berkatan dengan manajemen dakwah, manajemen oprasional, ilmu dakwah yang mempelajari dari definisi sampai berdakwah itu seperti apa, sangat penting atau tidak, terus ada psikologi dakwah, sebelum berdakwah kita bisa melihat bagaimana masyarakat itu. Kita langsung terjun ke masyarakat, lalu ada feed back ke kita praktiknya menulis.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ada dua ka konsetrasinya, ada di bidang haji dan umroh, bagaiamana manajemen biro haji dan umroh, terkait manajemen keuangannya atau manajemen publikasi organisasinya juga. Kedua ada konsetrasi dakwah orasi, literasi dan seni. Di literasi, lebih di tekankan kepenulisan, mulai dari naskah dakwah, ceramah, pidato, kita juga di ajarkan membuat artikel, jurnal. Selanjutnya ada dakwah orasi, bisa kita terjun langsung dan di ajarkan dakwah langsung. Kita ga melulu kesan dakwah menjadi sasaran dakwah kita tegang, kita bisa dengan intermezo atoau candaan. Konsentrasi di ambil pada semester 5, aku rencananya akan mengambil konsektrasi dakwah orasi, literasi dan seni

schooters

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

SPAN PTKIN, UMPTKIN, SPEB Mandiri, ada beasiswa bagi mereka yang kurang mampu, jika ada mahasiswa yang tidak memiliki ayah atau ibu, di kampus kami akan diberlakukan UKT 0. Informasi lebiih lanjut di website atau instagram IAIN Tulunggagung. Aku masuk UMPTKIN, di awal itu memiliki rasa gugup, tegang, saya bisa masuk atau tidak, orang tua saya meyakinkan saya bahwa saya bisa masuk ke dalam Institut yang menjadi pilihan saya, tidak lalai dari doa itu sendiri.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Dakwah IAIN Tulungagung?

Untuk mahasiswa baru yang baru bergabung, agar mereka belajarnya di tingkatkan meskipun berada di kondisi covid ini, karena mahasiswa banyak yang menyepelekan kuliah di masa pendemi ini, tetap semangat, ketika kalian itu niat dan memiliki rasa yang besar untuk mempelajari itu semua, pasti akan ada tantangan tersendiri terkait apa itu manajemen dakwah.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Kita bisa menjadi dosen yang berada dalam lingkup dakwah, bisa bekerja dalam lembaga keuangan islam, terus bisa kedalam pengelolaan masjid ataupun lembaga kemasyarakatan islam lainnya, kita juga bisa masuk kedalam lembaga kemenag, kita bisa menajdi biro dari salah satu staf biro haji dan umroh atau mendirikannya, bisa menjadi wirausahawan, kita belajar mata kuliah pendukung yang bisa menajdikan kita mencari kerja atau membuka lapangan kerja.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pertama saya ingin menjadi seorang penulis, jadi disamping saya memiliki biro haji dan umroh, saya ingin menjadi seorang penulis, saya yakin dengan berusaha, berdoa, dan melatih diri, InsyaAllah akan tercapai. Kalo pun ada kesempatan untuk melanjutkan strata dua akan saya lanjutkan. Menulis itu menjadi sampingan, karena memiliki metode yang harus dilaksanakan kedepannya.

Kode konten: C427

Komen dibawah! 1

  1. hamba Allah

    kak, apakah kita juga disuruh mempraktikkan dakwah?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *