Manajemen Dakwah, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri

Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga (Alif)

Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga (Alif)

Hallo sobat Intipers! Aku Muhammad Alif Fathullah Azhar dari jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga angkatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya maupun diskusi bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawabannya akan otomatis masuk ke email kalian kok. Pastikan sebelum bertanya kalian baca dulu artikel ini sampai selesai ya.

Secara umum jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga seperti apa?

Perlu diketahui jurusan manajemen Dakwah di UIN Sunan Kalijaga mungkin bagi beberapa orang terdengar berbeda dan spesial. Karena biasanya Manajemen erat kaitanya dengan Ilmu Ekonomi namun, di jurusan ini justu berada di bawah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Secara garis besar jurusan ini memiliki Visi dan Misi yang selaras dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu membentuk sarjana yang memiliki pengetahuan dan wawasan agama yang mumpuni serta selaras dengan pengetahuan umum sehingga dapat bersaing. Nah membicarakan apa yang di pelajari di jurusan Manajemen Dakwah kurang lebih sama dengan jurusan Manajemen yang berada di Fakultas Ekonomi. Di jurusan sama-sama mempelajari enterprenurship, teknik marketing, dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga?

Ketika saya sudah berada di penghujung SMA yaitu Kelas 12, saya menyiapkan beberapa list jurusan yang ingin saya masuki di dunia perkuliahan. Karena saya memiliki latar belakang pesantren, saya ingin jurusan yang dipilih tidak menghilangkan esensi islami. Akhirnya saya menemukan jurusan yang sesuai dengan prinsip yang saya anut, yaitu jurusan Manajemen Dakwa. Saya pilih UIN Sunan Kalijaga dengan pertimbangan jurusan Manajemen Dakwah di kampus tersebut memiliki Akreditasi A. Selain itu bertempat di Kota Pelajar yaitu Yogyakarta.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ketika berada di Semester 4 nantinya mahasiswa dimintai untuk memilih konsentrasi mana yang sesuai dengan minatnya. Untuk saya sendiri mengambil konsentrasi Manajemen SDM dan mata kuliah yang paling menarik yaitu Manajemen Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Mata kuliah yang dipelajari antara lain Kinerja Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perencanaan dan Penilaian Kinerja, Pemasaran, Manajemen Operasional dan lainnya.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Sedangkan konsentrasi Manajemen Haji dan Umroh, pada konsentrasi ini mahasiswa nantinya akan belajar mengenai pelaksanaan dan praktik ibadah haji, sampai pada pelayanannya. Output dari konsentrasi tersebut yaitu ketika sudah lulus diharapkan mahasiswa tersebut mampu menjadi director dari perusahaan yang berhubungan dengan travel haji dan umroh maupun bergabung menjadi bagian dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Terakhir yaitu Manajemen Lembaga Keuangan Islam, merupakan salah satu konsentrasi yang favorit bagi mahasiswa Manajemen Dakwah. Yang dipelajari di konsentrasi ini yaitu manajemen keuangan, sistem informasi keuangan, pengelolaan layanan di lembaga keuangan dengan mempertibangkan nilai-nilai islam.

intipkuliah-web1

Apa saja jalur masuk di UIN Sunan Kalijaga?

Jalur masuk di PTKIN sedikit berbeda dengan PTN. Jalur yang pertama yaitu SPAN-PTKIN  yang merupakan jalur undangan menggunakan nilai raport. Untuk jalur tulis yang diadakan langsung oleh Kementerian Agama RI yaitu UM-PTKIN, seleksi ini hampir mirip dengan SBMPTN namun yang membedakan adalah materi yang diujikan. Dan jalur yang terakhir yaitu Jalur Mandiri yang disediakan oleh kampus UIN Sunan Kalijaga.

Ada tips untuk mahasiswa baru Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga?

Sedikit tips dari saya untuk teman-teman yang baru bergabung dengan jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Mungkin di setiap semesternya kalian bisa mengingat lagi tujuan memilih jurusan Manajemen Dakwah, dengan mengingat apa tujuan kalian maka bisa mengurangi godaan malas dan terlena yang biasa terjadi ketika semester kian bertambah. Yang paling penting yaitu memperkuat relasi dengan sesama agar bisa membantu ketika kita untuk memudahkan dalam mencapai visi misi dalam hidup kita.

Bagaimana prospek kerja jurusan ini?

Prospek kerja dari alumi jurusan Manajemen Dakwah sangat beragam mulai dari pegawai di BUMN, membangun StartUp dibidang bisnis, pendidikan dan sosial, selain itu bisa menjadi penyuluh di Kementerian Agama RI.

Apa rencana dan harapan setelah lulus?

Ada banyak rencana yang sudah saya buat ketika nanti sudah lulus. Dari berbagai saran orang terdekat kebanyakan menyarankan untuk menjadi Akademisi. Maka dari itu saya ingin melanjutkan studi magister bidang Human Resources Management. Semoga nantinya bisa berkuliah di kampus kelas dunia baik itu di benua Asia, Australia, maupun Eropa.

Konten : C801

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.