Administrasi Negara, Universitas Gadjah Mada

Manajemen dan Kebijakan Publik UGM (Desfin)

Manajemen dan Kebijakan Publik UGM (Desfin)

Hallo intipers, Perkenalkan aku Desfin sabrina ramadhini, mahasiswa prodi Manajemen dan Kebijakan publik ( MKP ) di UGM. Yuk simak pengalamanku selama menempuh 5 semester di prodi ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bedah Prodi Manajemen dan Kebijakan Publik UGM

Manajemen dan kebijakan publik merupakan salah satu prodi di fakultas ilmu social dan ilmu politik UGM prodi ini dulunya bernama jursan ilmu  administrasi negara. Kemudian di tahun 2010 berubah menjadi yang sekarang. Pasti banyak yang bertanya tanya kenapa namanya berubah? Jadi perubahan nama ini didasari oleh dinamika dalam administrasi negara itu sendiri dan juga memberikan ruang yang flexible bagi alumninya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ada mitos yang mengatakan bahwa mahasiswa lulusan adminstrasi negara hanya mengerti jobdesk soal ketik- mengetik, pengarsipan maka mitos ini perlu di counter  dengan ekspansi lokus menjadi disiplin ilmu Manajemen dan kebijakan publik. Dengan adanya nama baru ini diharapkan publik dapat memperluas perspektifnya bahwa alumnus Manajemen dan kebijakan publik dapat menjadi policy maker yang dapat masuk ranah perusahaan, NGO, pemerintah. Prodi ini memiliki 2 kelas yakni : kelas regular dan kelas IUP ( internasional ). Kelas regular dapat dimasuki dengan mengikuti seleksi PTN pada umumnya diantaranya: SNMPTN, SBMPTN, ujian mandiri sedangkan kelas IUP hanya dapat dimasuki oleh mahasiswa yang lolos seleksi INTAKE baik batch 1,2,3.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Kenapa si harus masuk Prodi Manajemen dan kebijakan publik UGM?

Di prodi Manajemen dan Kebijakan Publik mempelajari beberapa disipilin ilmu jadi tidak hanya masalah kebijakan semata. Ada disiplin ekonomi, politik, jurnalistik, filsafat, pariwisata.  Karena sejatinya disiplin kebijakan publik hanyalah sebuah  tool  sehingga dibutuhkan content dan konteks yang diambil dari isu social.

Mata Kuliah  dan Dosen favorit di Prodi Manajemen dan Kebijakan Publik

Berikut ialah beberapa daftar mata kuliah yang dapat diambil mahasiswa:

  1. Manajemen asset
  2. Monitoring dan evaluasi kebijakan
  3. CSR
  4. Ekonomi politik dan kebijakan publik
  5. Hukum Tata Negara
  6. Metode penelitian kualitatif
  7. System perencanaan pembangunan
  8. Teori organisasi publik
  9. Etika dan akuntabilitas publik
  10. Formulasi dan legitimasi kebijakan

Diantara daftar mata kuliah diatas yang menjadi mata kuliah terfavoritku ialah:

  1. Manajemen asset

Di mata kuliah ini aku mempelajari bagaimana pengelolaan asset di sektor publik sesuai dengan peraturan perundang undang yang berlaku selain itu, juga menghitung anggaran RAB. Mata kuliah ini lebih menekankan pada ketelitian dan penuh dengan kalkulasi  ekonomi. Bikin pusing kan? Eits ada kalanya matakuliah ini juga menyenangkan kok seperti melakukan observasi di lapangan dan mempelajari seluk beluk korupsi. Ternyata praktik korupsi tidak hanya menyuap dalam jumlah banyak tapi ada praktik praktik kecil lainnya.

  1. Formulasi dan legitimasi kebijakan

Di mata kuliah ini kita akan mempelajari bab agenda setting dan proses perumusan kebijakan. Tahap  agenda setting  kita juga dituntut untuk memiliki awareness  terhadap isu yang sedang diberitakan oleh media massa, dan juga menganalisis mengapa dari banyak isu yang sedang hangat hanya 1 berita saja dengan durasi pemberitaan lama. Di mata kuliah ini juga diselingi pengetahuan consent  of mass media .

Dosen favorit saya Pak Hadriyanus Suharyanto dan bu Ambar Teguh Sulistyani karena beliau ini dapat memberikan arahan dan masukan ketika sedang pusing memahami materi kuliah selain itu,  juga media pengajaran inovatif seperti: menggunakan video. Pembawaan saat mengajarpun tidak monoton. Dukanya selalu memberikan banyak tugas.

Apa aja si konsentrasi dalam prodi Manajemen dan Kebijakan Publik UGM

Di jenjang strata-1 tidak ada konsentrasi yang secara baku di tawarkan pada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memilih sesuai preferensi mata kuliah yang ada. Namun ketika melanjutkan ke jenjang strata-2 ada 2 konsentrasi yang ditawarkan yakni:

  1. Konsentrasi Kebijakan Publik

Konsentrasi ini mempelajari apa saja si ? apa iya hanya terbatas kebijakan pemerintah? Apakah konsentrasi ini  worth it ? Oke jadi konsentrasi ini ialah medium bagi mahasiswa  S2 yang ingin memperdalam bagaimana membuat kebijakan yang sesuai dengan akar masalah yang ada. Seperti yang kita tahu bahwa untuk mengetahui akar masalah perlu memiliki keahlian khusus dan tidak sembarangan sehingga, pada konsentrasi ini akan mempelajari lebih dalam dari tahap formulasi hingga evaluasi kebijakan dan juga belajar untuk mengembangkan sensivitas mengelola lingkungan kebijakan dengan hal ini kita mempelajari kemampuan bernegosiasi dan mengelola konflik.

  1. Konsentrasi Manajemen publik

Pada konsentrasi ini mahasiswa diarahkan untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengembangkan inovasi pelayanan, mengelola SDM  di sektor publik dan juga membantu tumbuhnya skill leadership.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips- tips Untuk MABA

Mata kuliah di prodi Manajemen dan Kebijakan Publik ini banyak menganalisis dan mengamati isu isu sosial. So, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai isu apa yang sedang terjadi wajib banget buat rajin baca berita, artikel atapun jurnal. oh ya buat kamu calon maba di prodi ini harus pintar -pintar melatih  softskill  pasalnya ilmu yang ada di kelas masih keraknya saja sehingga perlu dipahami secara mendalam dengan terjun di organisasi, volunteer, ataupun magang. Jadwal kuliah di prodi ini sangat  seloww!, hmm tapi tugasnya tidak selow. Jadwal kuliah hanya hari senin sampai rabu ataupun kamis. So, tidak ada alasan tidak punya waktu. Gunakan hari jumat, sabtu dan  minggumu untuk mengeksplore hal- hal yang ada di kampus.

Bagaimana prospek kerja alumninya ?

Prospek kerja para alumni sejauh yang saya ketahui banyak di sektor pemerintah seperti Bappenas, Departemen dalam negeri, Kementrian percepatan daerah, Sekretariat Negara. Lalu untuk sektor swasta yang mengurusi public yakni di BUMN seperti: PT KAI, Garuda, PT Telkom. Ada juga menjadi analis kebijakan public di NGO ataupun LSM. Profesi lain yang masih  terkait ialah konsultan politik, dosen dan birokrat.

Kode konten: X446

Komen dibawah! 9

  1. Ayu Sabrina

    Selamat pagi kak, perkenalkan nama saya Ayu Sabrina dari sekolah SMAN 1 Batam. Penjelasan yang kakak berikan sangat bagus dan bermanfaat. Saya berencana untuk mengambil jurusan manajemen dan kebijakan publik ini, untuk masuk ke dalam jurusan ini ada tidak mapel yang menjadi penentu untuk lolos ke jurusan ini kak? Terimakasih kak.

    • desfinsabrina

      Hai, Ayu Sabrina.
      maaf ya aku baru membaca pesan kamu.
      jadi gini, di prodi ini tuh gak ada ketentuan mata pelajaran mana yang akan menjadi penentu kelulusan. jadi, yang penting ialah nilai rapor rata ratanya tinggi serta di dukung oleh sertifikat. semoga bisa membantu

  2. Khasa Meylina

    Halo kak! Saya Khasa Meylina Izin bertanya, untuk tugas yang diberikan banyak berkelompok atau individu tugasnya mengenai hal apa aja kak ? Dan untuk magang gimana prosesnya ?

    • desfinsabrina

      hai, Khasa Meylina.
      maaf baru sempat membaca pesan kamu.
      jadi tugas di prodi MKP di semester awal lebih banyak ke tugas kelompok akan tetapi menjelang pertengahan semester misal semester 3-4 lebih banyak individu dan semster 5-6 banyak tugas kelompok akan tetapi, ini tentatif tergantu dari dosen yang mengampu matkul tersebut.
      Oh ya untuk magang mudah banget kok. tinggal minta surat pengantar dari FISIPOL via OSS dan udah tinggal download .
      semoga membantu

  3. habibie

    bagus ka…! LULUS UGM
    kalo klo jurursan ini ank ipa bisa gak?

  4. Juni

    Terima kasih kak atas sharing nya, semoga tahun ini bisa jadi salah satu mahasiswa MKP UGM’21. Aamiin allahuma aamiinn

  5. Khanaya P

    Hai kak! Aku lolos MKP UGM 2021. Apa ada rekomendasi buku yang bagus dimiliki mahasiswa MKP semester awal? Terimakasii

  6. Amelia

    Hai kak, apakah bisa anak smk jurusan pariwisata diterima di jurusan MKP lewat jalur SBMPTN? atau adakah jurusan smk tertentu?
    Terimakasih kak maaf mengganggu

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *