Administrasi Negara, Universitas Gadjah Mada

Manajemen dan Kebijakan Publik UGM (Diva)

Manajemen dan Kebijakan Publik UGM (Diva)

Halo sobat intipers! Aku Diva Yunita dari jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik UGM. Aku angkatan 2018, sekarang sedang di semester 5. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik UGM seperti apa?

Sebenernya jurusan manajemen kebijakan publik kalau di universitas lain namanya administrasi publik atau administrasi negara. Kalau di UGM ganti nama dari administrasi negara menjadi manajemen kebijakan publik antara tahun 2007 atau 2010 gitu. Jurusan kami ini sebenernya membahas gimana sebuah kebijakan publik atau kebijakan dari pemerintah sendiri diselenggarakan. Mulai dari formulasi kebijakannya sampai implementasi hingga evaluasinya.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik UGM?

Aku dulu pas SMA itu jurusan IPA, ini kan hitungannya jurusan soshum ya. Alasan milih ini tuh sebenernya karena tertarik sama jurusan Hubungan Internasional. Aku tertarik sama ekonomi global, politik internasional. Terus aku mikir kaya ada nih jurusan yang cuma satu di Indonesia, gak ada jurusan lain yang namanya manajemen kebijakan publik dan Its really interesting. Kita belajar gak cuma politik, ekonomi, tapi juga belajar hukum dan sistem pemerintahan di Indonesia. Terus, waktu itu HI pasang  gradenya lumayan gede, karena aku anak saintek jadi cari aman dan nyoba di MKP. Alhamdulilahnya keterima.

Slide5

Pas udah masuk seneng banget sih karena aku sendiri nemu banyak temen karena semua mahasiswa di UGM itu kumpulan dari berbagai daerah. Kalau masalah susahnya itu ngerasa tenggelam karena temen-temen pada pinter banget, Paimin materi sampai ke akarnya. Sementara aku kaya “waduh temen-temen udah sampai sana jadi aku harus ngejar gitu”. Ada ambisi sendiri tapi bukan ambisi untuk nilai bagus, ambisi untuk survive aja itu bagiku udah susah banget karena temen-temen udah pinter-pinter semua.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Manajemen dan Kebijakan Publik UGM?

Jurusan kami kan ada di bawa naungan fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, nah banyak orang yang mungkin misleading karena nama jurusannya ada kata manajemennya. Kami gak ada hitung-hitungan sama sekali, beneran pure teori, kita belajar hukum sedikit, politik, belajar gimana sebuah kebijakan diformulasikan.

Kalau di tahun pertama kita lebih membahas pengetahuan umum di bidang sosial politik. Semester 2 itu lebih kepada kompetensi, misalnya pembuatan kebijakan publik dan metodologi, penelitian. Tahun ke 2 kita mulai menjurus, kita terfokus belajar metodologi kebijakan publik sama manajemen publik. Di semester 5 udah mulai menjurus, kita udah bisa evaluasi kebijakan, kita udah tahu runtutan kebijakan. Semester 6 kita ngebaas tentang anggaran, jadi udah mulai terkotak-kotak. Mata kuliah di awal ada ilmu sosial dasar, inovasi pelayanan publik, sistem perencanaan publik, dll.

Dulu itu ada konsentrasi kebijakan publik sama manajemen publik, cuma lama kelamaan kita pikir kalau keduanya itu berkaitan dan gak bisa dipisahkan. Manajemen publik membahas tentang pelayanan publik, yang lebih ke perencanaannya, sistem perencanaan pembangunannya. Sementara kalau kebijakan publik itu lebih ke formulasi, implementasi sama evaluasi kebijakan.

Kalau soal lingkungan belajar, di angkatanku sendiri ada yang fokus ke akademik ada yang berpikir kalau praktik di jurusan kita itu bisa diimplementasikan di organisasi. Gimana caranya kita bisa memperbaiki sistematika organisasi, dll. Jadi kalau anak teknik mungkin ada praktikumnya, tapi kalau kamu praktikumnya langsung ke organisasi, gimana kita mempraktikan yang udah kita pelajari sebagai anggota organisasi.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Aku keterima di ujian mandiri, UTUL. Jurusanku itu ada yang reguler dan internasional. Kalau yan reguler itu ada SNMPTN, SBMPTN sama ujian mandiri. Kalau yang internasional ada 3 tahap, pembukaannya itu dari Januari biasanya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Memang MKP di semester 1 dan 2 itungannnya agak-agak absurd karena kita bener-bener belajar basic. Kita belajar ilmu sosial dasar, ilmu politik, hukum tata negara sampai akhirnya kita ngerasa ini jurusan mau ke mana arahnya. Sampai di semester 3 kita  udah mulai terkhusus dan mulai keliatan jalannya. Lama kelamaan sih aku ngerasa ada interest di hal-hal tertentu kalau udah gitu nanti kita bakal ngerasa jurusan ini tuh menarik, tapi memang prosesnnya pelan tapi pasti.

Kalau kalian pilih jurusan jangan cari aman aja. Maksudnya kan banyak ya anak SMA yang ngerasa nilainya itu aman di prodi A terus dia apply di prodi A. Menurut ku jangan kaya gitu, karena masalah kuliah kan long term, menentukan nanti masa depan mau seperti apa. Banyak juga temen-temen yang begitu, akhirnya gak bisa lanjut di jurusannya. Harus bener-bener cari tahu pengennya dimana, kamu sukanya apa, lingkungan yang kamu suka apa.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Sebenernya sampai sekarang pun aku masih bingung mau memetakan nanti kalau udah lulus mau kerja dimana. Prospek kerja kita tuh luas. Dari beberapa alumni yang aku kenal, bisa kerja di human resource, public pollicy analysis. Nanti mulai dari semester 5 biasanya semester 5 bakal udah tahu lebih interest ke mana. Ada alumni yang kerja di lembaga di bidang kerjanya itu buat kebijakan, ada yang di bank sebagai HRD, di instansi pemerintahan. Mata kuliah di MKP juga agak banyak jadi kamu bisa memetakan diri. Kalau kamu memang mau memetakan diri kamu sebagai orang yang suka kebijakan ekonomi berarti bisa mengarahkan diri ke OJK atau BI. Sebenernya kita bisa diterima dimana-mana tinggal kitanya aja mau metain langkah ke mana.

Harapan dan rencana ke depannya?

Aku mau coba magang, mau ekspor dulu aku cocok di bidang mana. Di pemerintahan kak atau di swasta. Kalau udah nemu, aku niatnya mau lanjut S2.

Kode konten: C200

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *