Kuliner, Universitas Pendidikan Indonesia

Manajemen Industri Katering UPI (Rakhmat)

Manajemen Industri Katering UPI (Rakhmat)

Halo intipers! Perkenalkan aku Rakhmat Alief dari jurusan Manajemen Industri Katering (MIK) UPI, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurusan ini dikenal sebagai jurusan MIK yang hanya ada satu di Indonesia. Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan Manajemen Industri Katering UPI?

Fokus dari MIK itu, 70% diajarkan tentang manajemen berbisnis dan 30% tentang mengolah produk. Jurusan ini tidak hanya belajar di kelas saja namun juga di lab dengan standar dapur hotel.

Lalu, apa perbedaan dari jurusan Manajemen Industri Katering dan Pendidikan Tata Boga?

Perbedaan MIK dan tata boga, jika MIK dicetak untuk menjadi supervisior karena kita mempelajari tentang manajemen, dan bisa juga menjadi juru masak karena mempelajari tentang pengolahan produk tersebut. Gelarnya pun espar atau sajrana pariwisata. Nah, jika tata boga, gelar yang akan di dapatkannya adalah pendidik, atau S.Pd. dan mereka dicetak untuk menjadi guru tata boga.

Slide5

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugas yang diberikan oleh dosen seperti makalah, lalu menghitung food cousting, atau makanan yang kita buat, harus dihitung berapa harga produknya juga harga jualnya. Selain itu, karena kita bernaung di pariwisata, jadi kita biasa diberiakan tugas yang menarik, yaitu observasi dan jalan-jalan.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku di Manajemen Industri Katering UPI?

Dosen favoritku yaitu Pak Agus Sudono, beliau menjadi dosen sekaligus ketua prodi, dan alasan aku menjadikannya dosen favorit, karena enjoy ketika diajak berdiskusi, juga memiliki kesamaan yaitu menyukai bisnis dan kopi.

Mata kuliha favorit tentunya mata kuliah kelayakan bisnis yang diampu oleh Pak Agus sendiri, karena memang aku menyukai bisnis, dan tugasnya pun tidak terlalu memberatkan.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan Manajemen Industri Katering UPI?

Untuk tahun 2019 dan seterusnya, jurusan ini membuka tuga konsentrasi yang bisa dipilih saat semester 2 atau 3.

  1. Gastronomi makanan

Konsentrasi ini fokus pada makanan dari Indonesia.

Di tahun ini 2019 ada, sesuai dengan jenis dan bidang makanannya, seoerti gastronomi makanan dari indonesia daiajarkan digital gastronomi, pemasaran, system informasi , kuisin makanan dari luar, pastry dan bakery untuk roti. Di pilih semester 2 atau 3 sudah mulai konsentrasi.

2. Cuisine

Konsentrasi ini mempelajari tentang makanan dari luar Indonesia.

3. Pastry dan Bakery

Mempelajari dan praktek yang berhubungan dengan roti  serta kue.

Ketiga konsentrasi itu mempelajari tentang digital gastornomi, cuisine, pastry dan bakery, pemasaran, sistem informasi.

Prospek kerja / alumni kerja dimana aja?

Alumni lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai supervisior waralaba, bekerja di hotel sebagai chef, dan mendirikan sebuah bisnis, namun kebanyakan alumni memilih untuk menjadi supervisior dan berbisnis.

Harapan aku setelah lulus

Harapan untuk jurusan ini, semoga bisa meningkat akreditasinya, semakin dikenal, semakin banyak peminatnya, juga memiliki lulusan yang berkualitas. Sementara harapan aku, semoga Ilmu yang sudah didapatkan bisa bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Tips yang terpenting adalah, ikuti semua perkuliahan dengan baik, menjaga sikap dan sopan santun terhadap dosen, karena jika itu sudah dilakukan, maka nilai pun akan aman.

Kode Konten: Y134

Komen dibawah! 22

  1. Shofa Shidqi Fi Ardhillah

    Assalamu’alaikum kak
    Saya Shofa Shidqi dari SMKN 40 Jakarta

    Izin bertanya kak
    Kak, saya dari jurusan SMK Akuntansi. Ingin kuliah tahun 2021. Jika saya mengambil jurusan MIK ini, kira kira ada ga sih kak dari kakak-kakaknya yang dulunya dari SMK Akuntansi? Soalnya kalo SBMPTN tahun ini ga dibolehin. Sedangkan saya baru tahun depan bisa daftar nya hehe
    Terima kasih kak

    • Deffany

      Halo Shofa, aku Deffany dari MIK 2019. Aku sama kaya kamu berasal dari SMK jurusan Akuntansi dan alhamdulillah keterima di MIK ^_^

  2. Laras Auliya

    Assalamualaikum ka aku Laras Auliya dari Man 02 Bogor aku kalo mau ke MIK ini kalo ikut SBMPTN berarti kemungkinan sangat kecil ya ka yang masuk lintas minat aku minta doanya ya semoga tahun ini bisa masuk UPI Bandung

  3. just.Na

    Assalamua’alaikum .
    Saya menyenangi dapur , memasak dan bisnis . Dan hari ini saya menemukan artikel yang sangat menarik hati saya utk menuntut ilmu di mata kuliah ini .
    apakah ada batasan usia untuk kuliah di jurusan MIK ini ??

  4. Ramadan

    Assalamualaikum a, izin mau nanya.
    Kan MIK itu masuk jurusan kepariwisataan ya, dan hampir di semua kampus kalau jurusan pariwisata itu mahasiswa nya selalu tampil rapih, goodlooking, bersih, gitu lah pokonya. Nah kasih tau dong kak syarat/ tata terbib & peraturan untuk mahasiswa MIK , kaya peraturan dari ujung kepala sampai ujung kaki itu apa aja yg ga boleh di langgar. Pengen tau lebih jauh tentang MIK UPI sebelum pilih prodi ini di taundepan. Makasih banyakk sebelumnyaa🙏🏻

    • rakhmatalief

      Iya kak, di dalam jurusan pariwisata itu ada yang namanya Grooming, dari ujung rambut sampai kaki emang harus rapih, jika pria : rambut harus rapih dianjurkan menggunakan gel, memakai seragam, memakai ikat pinggang, sepatu pantofel, kaos kaki hitam dan memakai parfum.
      Jika wanita : menggunakan ikat rambut jika tidak berkerudung (dicepol), menggunakan make up minimal bedak dan lipstik, memakai seragam, memakai ikat pinggang, memakai high heels dan menggunakan parfum.

  5. Debi Nuraeni

    Assalamualaikum.haii kak aku debi dari man 4 karawang aku mau nanya kak kalo mik dan tata boga itu yang dipelajari sama atau beda kak dan kalo lulusan mik itu bisa jadi guru gak kak? Dan kalo tata boga bisa jadi chef gak kak? bingung nentuin antara mik atau tataboga mohon jawaban nya ya kak Terimakasih

    • rakhmatalief

      Untuk jurusan MIK itu masuk nya jurusan Non-Dik (Non Pendidikan) jadi gelar nya bukan S.Pd, gelar nya nanti S.Par kita lebih diajarkan dalam me manage suatu industri makanan dari mulai bahan baku, mempelajari pengolahan nya hingga perhitungan untuk menjualnya, kemungkinan menjadi guru pun masih ada karena lulusan dari MIK beberapa memang ada yang menjadi pengajar di SMK pariwisata mengajar tataboga.

  6. Kareena

    Halo kak, izin bertanya untuk mahasiswanya apakah ada aturan tinggi badan dan semacamnya? terimakasih

  7. Lala

    Halo kak aku mau tanya soal masuk jurusan MIK kalau dilihat dari nilai unggul untuk SBM pelajaran apa aja ya untuk bisa lolos misal nilai utbk sosiologi atau ekonomi atau geografi yg dianjurkan tertinggi ?
    Dan kalo untuk TPS nya yg harus di unggulin buat pilih prodi ini apa ya?.. Terimakasih

  8. Annisa

    halo kak, saya mau tanya. selain mata kuliah bahasa inggris apakah ada mata kuliah bahasa luar yang lain? dan apakah untuk masuk MIK harus pintar berbahasanya kak?
    terimakasih sebelumnya kak🙏

  9. Ana nur azizah

    Kak mau tanya..
    Aku kan dari jurusan IPA SMA nya….
    Trus misalkan mau masuk jurusan MIK apakah boleh ?

  10. Yulis Sri Nurwanti

    Hallo kak saya berminat untuk masuk ke jurusan MIK tapi saya lintas minat apakah peluang untuk lolos besar?

  11. fajar

    hallo kak, mau nanya kalau smk dr jurusan teknik komputer dan informatika (multimedia) bisa pilih MIK upi di SNMPTN ga ya? ada ga yg linjur dr sekolahnya tp bisa lolos keterima mik upi ? atau emng cuma nerima smk jurusan tertentu aja? terima kasih sebelumnya.

  12. Annisa Siti Fatimah

    Jadi ka kalo ntar kuliah harus pake seragam rapih gitu ya ka?

  13. Athaya

    Hallo ka, mau tanya kalau kita lebih suka ke pastry bakery nya, lebih baik memilih jurusan MIK atau pend tataboga ya? terimakasih

  14. Aina

    Assalamu’alaikum..
    Jurusan MIK itu seumpama ada praktek memasak, bahannya sudah dapat dari kampus apa beli sendiri/biaya pribadi ?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *