IPB University, Manajemen

Manajemen IPB University (Jordan)

Manajemen IPB University (Jordan)

Halo sobat intipers! Aku Jordanata Tjiptarahardja dari Manajemen IPB University angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen IPB University seperti apa?

Manajemen mengelola atau mengatur sebuah usaha atau perusahaan, ada banyak yang dikerjaka di perusahaan, kita fokus di 4 aspek, yaitu sumber daya, keuangan, marketing/pejualan, dan operasional. Di IPB manajemen nya dari saintek, tapi jangan takut, ada beberapa temen saya pada saat ingin masuk ke IPB ujiannya saintek, siapapun boleh tapi pada saat ujian masuknya saja saintek.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen IPB University?

Pas SMA biasanya jurusan IPA mau jadi dokter, insinyur, pada saat itu aku berpikir bahwa mau jadi dokter, tapi Ayah menyarankan untuk uji minat dan bakat, pas di uji ternyata minat atau apa yang kita suka memang benar dokter, tapi pada saat di cek bakatnya, ternyata di manajemen, akhirnya pada saat SBMPTN pilihan pertama kedokteran, kedua dan ketiga manajemen.

Di Indonesia manajemen dari saintek selain di IPB ada juga di ITS. Sebenarnya yang dipelajari itu sama terkait manajemennya, tapi yang unggul di IPB ini ditekan daya analisisnya, basicnya dari IPA walaupun tidak semua, kita lebih di suport untuk analisis data, kalo masuk manajemen temen-temen ga cuma belajar manajemen di perusahaan aja, tapi belajar tentang agrikultur, pertanian, kehutanan, karena semuanya itu pasti berkesinambungan dengan ekonomi, jadi wawasannya lebih luas.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kita belajar tentang marketing gimana memasarkan jasa, memasarkan di dunia internasional, yang kedua sumber daya manusia, gimana ngitung gaji, membuat kebijakan di perusahaan, ketiga tentang keuangan, gimana cara melihat laporan keuangan, cara baca saham, obligasi, terakhir operasional atau biasanya belajar di pabriknya kaya sistem antrian, meletakan barang. Menariknya kita ada company visit ke perusahan-perusahaan, dua tahun lalu ke Shopee, satu tahun lalu ke Garuda Indonesia, jadi kita bisa melihat secara langsung. 

schooters

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo di IPB pertama temen-temen akan belajar general, secara keseluruhan dulu, setelah itu baru di semester 7 dan 8 untuk tugas akhir memilih konsentrasi akan fokus ke 4 bidang yang mana, apakah sumber daya manusia, marketing, keuangan atau operasional. Aku sendiri ngambil tentang marketing, skripsi nya meneliti terkait kurir yang mengantar belanjaan online. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Ada jalur SNMPTN, fun factnya bahwa IPB merupakan lembaga pertama kali yang menyerukan SNMPTN di Indonesia, awalnya hanya di IPB dan akhirnya dipakai secara nasional, oleh karena itu, setiap tahunnya kuota SNMPTN di IPB banyak bahkan sampai 40%, ini membuka peluang agar seluruh Indonesia punya kesempatan yang sama untuk masuk ke IPB. Kedua UTBK dan ketiga jalur mandiri, bisa di cek instagram IPB @ipbofficial atau juga di admisi.ipb.ac.id. Ada juga jalur BUD atau Beasiswa Utusan Daerah, biasanya untuk putra putri terbaik di daerah. Lalu ada juga jalur ketua OSIS, di IPB bukan cuma smart aja tapi leadership gimana menebar kebermanfaatan itu penting.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen IPB University?

Pertama biasanya banyak orang pas awal masuk, merasa ini bukan jurusan saya, pertama harus banga dulu sama apa yang kita raih, karena otomatis kita bersyukur dan bahwa jalan yang diberikan Tuhan adalah jalan terbaik. Di saat pertama udah selesai, kedepannya enak, bisa berkreasi ataupun eksplore, di kampus ada organisasi, kepanitiaan, bisnis, ekstrakurikuler atau UKM, kuncinya silahkan ikuti apa saja yang penting temen-temen suka dan bisa konsisten.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

IPB dijulikin Institute Perbankan Bogor, karena rata-rata alumninya kerja di Bank, bahkan tahun 2017 atau 2018, Pak Jokowi bilang kebanyakan lulusan IPB jadi banker semua, kenapa di bank karena jenjang karir udah jelas, anak IPB analisisnya kuat-kuat, jadi cocok yang berhubungan dengan angka atau statistik. Kedua ada beberapa kakak kelas di BUMN, seperti Telkom dll. Terus anak muda di start up atau E-commers, ada di perushaan swasta, dan ada juga jadi pengusaha. Kalo di perusahaan biasaya tidak lepas dari 4 aspeknya manajemen, bisa jadi marketing, HR, keuangan, atau di bagian produksi.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Sekarang lagi magang di perusahaan konsultan. Kedepannya akan berkarir lagi di dunia konsultan. Ada hal menarik lagi, biasanya setelah lulus bingung mau ngapain. Kalo aku pas di akhir-akhir nyobain lomba-lomba kasus bisnis, dan ini jadi modal untuk kerja di start up. Tapi kedepannya mau berkarir di dunia konsultan.

Kode konten: C604

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *