IPB University, Manajemen

Manajemen IPB University (Mufida)

Manajemen IPB University (Mufida)

Halo sobat intipers! Aku Mufida Rahma dari Manajemen IPB University angkatan 2018. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen IPB University seperti apa?

Manajemen di IPB University termasuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Jadi, manajemen di IPB itu basisnya saintek. Kalau dari manajemen sendiri mungkin temen-temen banyak yang udah tahu ya, kalau manajemen itu gimana cara kita mengatur sesuatu. Kalau di perkuliahan, manajemen itu kita belajar mengatur proses produksi dari hulu ke hilirnya. Kita juga belajar aktivitas keuangannya, pemasarannya, ngatur sumber daya manusianya, produksi dan operasinya.

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

Slide5

manajemen ipb

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen IPB University ?

Dulu itu aku dapet rekomendasi dari kakak tingkat daerah aku, di Cilacap yang merekomendasikan jurusan ini. Aku juga kurang tertarik sama jurusan saintek, itu juga karena aku kurang tahu jurusan saintek. Itu yang mendasari aku daftar di jurusan ini, tapi Alhamdulillah gak salah jurusan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari Manajemen IPB University ?

Kalau dari mata kuliahnya itu ada manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen produksi dan operasi. Nah itu mata kuliah wajib manajemen dan nanti ada perluasannya lagi. Nanti di semester 3 kita juga milih mata kuliah penunjang, ada minor sama supporrting course. Aku ambil minor komunikasi, kalau di manajemen sendiri minornya ada 3 yaitu komunikasi, ilmu keluarga dan konsumen sama aktuaria. Kalau supporting course ini bebas pilih mata kuliah di departemen lain asal gak bentrok sama mata kuliah wajib. Jadi, kita belajar juga mata kuliah departemen lain.

Buat aku mata kuliah yang paling berkesan buat aku itu Kalkulus, adanya di tingkat 1. Itu karena aku gak suka sama hitung-hitungan jadi kalkulus sih yang paling buat struggle. Di IPB itu di tingkat 1 ada penyetaraan, namanya PPKU. Semua mahasiswa baru dari berbagai jurusan diikutkan PPKU, mata kuliahnya kaya pas SMA tapi diperluas.

Kalau dari tugasnya karena sekarang lagi daring jadi lumayan banyak banget tugasnya. Biasanya tugasnya itu analisis dengan referensi jurnal. Kita sering turun lapangan, yang diutamakan itu ke produk-produk pertanian karena mengingat IPB juga kampus pertanian. Meskipun sekarang lagi daring, kita tetep turun lapang sendiri-sendiri. Kalau pas di kampus itu seneng ya bareng-bareng sama temen dan dapat perusahaan yang gede. Pas turun lapang itu utamanya kita wawancara tentang proses produksi, manajemen perusahaan yang berkaitan.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Di tingkat akhir nanti ada pemilihan konsentrasinya, mau ke manajemen pemasaran, manajemen keuangan, atau manajemen produksi dan operasinya. Nah tapi tetep kita semua belajar itu dari awal.

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Aku sendiri SNMPTN, selain itu ada SBMPTN, ujian mandiri, jalur prestasi nasional/internasional, beasiswa utusan daerah sama jalur ketua OSIS. Kalau beasiswa utusan daerah itu kalian bisa menghubungi pihak daerah kalian, misal kabupaten atau provinsi nanti kalian konfirmasi mau kuliah di IPB nanti dibiayai sama daerah. Info lebih lanjutnya kalian bisa lihat di admisi.ipb.ac.id.

Saingannya pasti ketat untuk masuk Manajemen IPB. Pas waktu angkatan aku itu Manajemen no. 1 yang paling banyak peminatnya.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Kalau dari cara belajar, aku tuh dulu pernah coba-coba cara belajar. Sebenernya tergantung diri masing-masing. Kalau udah menemukan cara belajar yang bagus, kita tinggal konsisten aja. Terus kita juga harus pinter-pinter manajemen waktu, antara kuliah, organisasi terus bisnis-bisnis karena di IPB banyak juga yang buat bisnis. Kita haru pinter-pinter ngatur waktu biar sama-sama enak antara organisasi sama kuliah, tentuin prioritas dulu sih. Bisa ditulis di buku agenda atau google calendar.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Luas banget ya karena setiap kegiatan itu kan harus diatur. Lulusan manajemen yang aku tahu ada yang udah kerja di Garuda, Pertamina, Shopee, OJK, Tokopedia, MNC Sekuritas sama berbagai macam bank. Ada juga yang jadi pengusaha dan influencer.

Harapan dan rencana ke depannya?

Pertama, aku pengen bekerja di suatu perusahaan untuk dapat ilmunya untuk menerapkan tujuan aku untuk meningkatkan ekspansi UMKM. Aku juga pengen bangun bisnis nanti.

Q&A

  1. Manajemen IPB soshum atau saintek?

Saintek, aku sendiri SMA-nya IPA. Jadi, semua jurusan di IPB itu masuknya ke rumpun saintek. Dalam pemecahan masalahnya, 50% kuantitatif, 50% kualitatif. Terus karena kampus pertanian juga jadi concern mengembangkan produk pertanian dan masalah pangan juga yang itu masuk ke rumpun saintek.

  1. Suka duka di tahun pertama?

Tahun pertama kan asrama, karena wajib. Enaknya itu dapat temen baru, karena itu kan ada 6 gedung untuk putri satu kamarnya itu bisa 3-4 mahasiswa. Kita jadi bisa bareng ngerjain tugas. Enaknya lagi karena mata kuliahnya kaya SMA jadi masih santuy kuliahnya belum ngejurus kaya pas semester 3. Kita juga bisa kenal sama temen-temen jurusan Iain karena nanti tuh kita dicampur gitu. Dukanya lebih ke penyesuaian karena aku rantau juga, tapi keseluruhan asik.

  1. Berapa rata-rata rapot untuk bisa keterima?

Kalau untuk rapot gak ada patokannya ya, cuma ada tips sih. Pertama, kita harus tahu hubungan antara sekolah kita sama IPB, itu dilihat dari alumninya. Nilai alumni kita gimana, terus udah ada apa belum alumni kita di sana. Itu katanya peluang kita bisa lebih gede, ini katanya ya. Kalau nilainya dari aku dan adik-adik SMA ku itu rata-rata semua di atas 85.

  1. Manajemen di kampus lain kan soshum, kalau di IPB masih belajar saintek sampai semester berapa?

Di PPKU itu belajar bener-bener saintek tapi kita dapatnya yang umum-umum. Saintek itu nanti berkembang di cara berpikir kita. Harus ada datanya, hitung-hitungannya, analisisnya gitu basisnya saintek.

  1. Skor UTBK Manajemen IPB itu berapa?

Kalau dari temen-temen aku itu katanya 600an

Kode konten: C192

Komen dibawah! 7

  1. Fatimah

    Kak bedanya manajemen hutan, manajemen sumberdaya perairan dan manajemen sumberdaya lahan diipb apa kak?

  2. Dalilla Ziva Maharani

    Kak, aku pengen masuk manajemen kan yaa, tapi dari sekolah aku tu belum ada yg pernah daftar gitu kak, cuma kalo di jurusan lai sih ada. Terus kalo rata” biasanya 85, nilai snmptn aku 90.7 kak, kira” peluang aku masuk manajemen cukup besar apa kecil yaa?

    • Wanto Herwanto

      Izin, membantu dalam menjawab. Secara, numerik -in case your grade at raport, peluangnya besar bisa lolos SNMPTN. Tetapi, perlu diperhitungkan juga prestasi nonakademiknya dalam hal ini perlombaan, keikutsertaan dalam organisasi tertentu, apalagi di IPB memiliki wadah bagi siswa/i yang memiliki dedikasi tinggi dalam hal keorganisasian (Jalur Ketua OSIS). Pun, akreditasi sekolahnya menjadi salah satu pertimbangan pada SNMPTN.
      Semangat! semoga, bisa lolos SNMPTN-nya, yak.

  3. Lysta Ayu

    Kak pelajaran apa yang rata-ratanya tertinggi di rapot kaka waktu daftar manajemen IPB jalur SNMPTN?

  4. Inka

    Kak, aku mau masuk manajemen ipb tapi nilai rata2 rapot aku secara keseluruhan dari semester 1-5 cuma 84, alumni sekolah aku ada yg keterima ipb tahun kemarin lewat snmptn dan ada juga beberapa kakak kelas yg keterima dari jalur usmi. Kira2 peluangnya besar ga kak? Oh iya, kalo manajemen ipb banyak hitung2an ngga, soalnya aku ga terlalu jago hitung2an:((

  5. Ravena Farid

    Haii ka aku mau tanya kalau untuk jurusan manajemen itu lebih banyak itung²ngannya ga si ka?

  6. Namira

    Kak aku mau tanya dong, jd aku suka banget itung²an trs males klo pelajarannya teori nya terlalu banyak dan aku lulusan smk jurusan akutansi.. rencananya aku mau coba IPB buat SNMPTN, tp aku bingung mau pilih jurusan Ekonomi Syariah atau manajemen kak buat kelanjutannya… Menurut kakak lebih baik jurusan apa ya kak?🙏🏻

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *