Manajemen ITHB (Shelly)

Halo sobat Intipers! Kenalin aku Shelly Tiffany dari alumni Manajemen ITHB angkatan 2017. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut baca ya intipers. Bagi intipers yang ingin bertanya atau diskusi seputar jurusan/prodiku bisa komen dibawah artikel ini ya. Kalau sempat akan dibalas, dan jawabannya akan langsung masuk ke email kalian. Pastikan kalian baca dulu artikel ini sampai selesai sebelum bertanya yaa.

Secara umum, jurusan Manajemen ITHB seperti apa?

Jurusan yang mempelajari cara mengelola atau mengatur sebuah perusahaan atau corporacy. Bagaimana mengatur, mengelola, memanage, memimpin sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya yang dimiliki oleh perusahaan. Di ilmu management terdapat 4 konsentrasi yang bisa dipilih antara lain manajemen sumber daya manusia (berhubungan dengan mengelola employee yang ada), manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional. Keempat konsentrasi dipelajari di perkuliahan S1.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan  masuk perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

Sebagian orang menganggap kuliah di jurusan manajemen hanya belajar teori, nyatanya itu kurang tepat. Karena ada beberapa mata kuliah yang full praktik. Ada juga yang beranggapan di jurusan Manajemen tidak ada hitung-hitungan, padahal tetep aja ada mata kuliah yang berhubungan dengan hitung-hitungan.

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen ITHB?

Alasan aku masuk ambil jurusan Manajemen yang pertama karena waktu SMA aku ambil jurusan IPS (Social Science) dan opsi dari jurusan IPS di dunia perkuliahan ngga sebanyak dari jurusan IPA, setelah mempertimbangkan beberapa hal salah satunya jurusan yang aku pilih memiliki peluang yang luas, dan jurusan Manajemen sangat dibutuhkan karena setiap perusahaan membutuhkan orang yang bisa memimpin, mengelola sebuah perusahaan ataupun korporasi.

Apa saja jalur masuk di jurusan Manajemen ITHB?

Ada beberapa jalur masuk, yang pertama ada jalur test (ada test interview, maupun yang berhubungan dengan kompetensi (matematika, bahasa inggris, dan mata pelajaran lainnya) tergantung dengan jurusan yang kita pilih. Jalur kedua yaitu jalur beasiswa, terdapat dua jenis beasiswa yaitu beasiswa akademik, dan beasiswa non-akademik. Beasiswa akademik seleksi dilihat dari nilai rapor SMA. Sedangkan beasiswa non-akademik berfokus pada prestasi non-akademik seperti lomba-lomba olahraga, seni, dsb. Yang terakhir adalah beasiswa guru, beasiswa ini di khususkan untuk calon mahasiswa yang memiliki orang tua berprofesi sebagai guru.

intipkuliah-web1

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah khas di jurusan aku salah satunya yaitu digital marketing, mata kuliah ini unik karena ga semua kampus menyedikan mata kuliah ini. Pada mata kuliah digital marketing kita mempelajari marketing secara digital yang lebih modern, misalnya memakai sosial media, belajar pemasaran konten, dan mempelajari bagaimana cara memasarkan produk melalui market place.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Konsentrasi dipilih ketika memasuki semester 7, karena konsentrasi akan berpengaruh terhadap topik skripsi yang akan kita ambil. Pilihan konsentrasi yang bisa diambil yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran dan manajemen operasional.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen ITHB?

Dari awal kita harus tau dulu minatnya ada di bidang apa agar lebih ter arah ketika di dunia perkuliahan. Contohnya kalau kita tertarik untuk mengelola ataupun berinteraksi dengan banyak orang kita bisa mengambil manajemen sumber daya manusia sebagai konsentrasi di perkuliahan. Lain halnya kalau kita tertarik dengan hal yang dinamis prefer masuk manajemen pemasaran karena pemasaran itu suatu hal yang dinamis dan itu membutuhkan kreatifitas serta ide-ide kita. Kalau kita tertarik dengan hal-hal yang berbau hitung-hitungan manajemen keuangan akan cocok dengan orang yang mempunyai minat tersebut. Tips lain dari aku di ilmu Manjemen akan tetap ada hitung-hitungan jadi jangan menghindari dari mata kuliah ini. Contohnya aja kaya mata kuliah Akuntansi Manajemen, Akuntasi Biaya, dan Statistika. Kita harus bisa menyesuaikan dengan mata kuliah hafalan dan juga hitungan. Jangan takut dengan mata kuliah hitungan karena kalau kita belajar pasti bisa.

Apa harapan kakak kedepannya?

Harapan kedepannya yaitu semoga S2 nantinya berjalan dengan lancar karena sekarang masih on going. Pastinya aku pengen banget setelah lulus jadi pengajar entah itu jadi guru ataupun dosen, karena aku memiliki passion dibidang itu dan ingin memajukan pendidikan.

Kode Konten : C797

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.