Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri

Manajemen Keuangan Syariah UIN SGD (Ana)

Manajemen Keuangan Syariah UIN SGD (Ana)

Halo sobat intipers, aku Raudhatul Jannah, biasa dipanggil Ana dari jurusan Manajemen Keuangan Syariah UIN SGD Bandung. Di jurusan ini kita belajar mengenai pengelolaan keuangan yang baik secara islam. Fyi, jurusan ini termasuk yang paling banyak peminatnya loh teman-teman. Jadi, bisa dibilang Manajemen Keuangan Syariah ini sedang naik daun juga dan banyak SDM-nya yang sedang dibutuhkan. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

[Versi Video dari Artikel ini. Klik tombol play dibawah]

manajemen keuangan syariah uin

 

Perbedaan Manajemen dan Akuntansi Syariah?

Barangkali teman-teman bingung, perbedaan manajemen keuangan syariah dengan akuntansi syariah. Kalau manajemen keuangan syariah kita mempelajari manajemen keuangan dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporannya. Sedangkan, di Akuntansi Syariah lebih berfokus pada pencatatannya ya. Kalau bedanya dengan Ekonomi Syariah itu mungkin Ekonomi Syariah itu fokus pembahasannya lebih luas tentang ekonominya dibandingkan manajemen Keuangan Syariah dan Akuntansi Syariah.

Tugas dan Mata kuliah di Manajemen Keuangan Syariah UIN SGD

Tugas ketika kuliah yang diberikan biasanya membuat makalah. Kemudian, kunjungan ke instansi-instansi terkait seperti Rumah Zakat, BPRS HIK Syariah untuk wawancara perihal pengelolaan keuangan. Dosen favorit aku itu Dr. Deni karena ketika mengajar itu semua hal yang beliau ucapkan itu sangat inspiratif dan saya rasa menjadi nutrisi yang baik bagi otak kita. Kalau mata kuliahnya, saya seneng banget sama mata kuliah pasar modal syariah.

Tantangan terberat kuliah di jurusan ini

Tantangan terberat ketika kuliah ada semester 5 karena di semester itu bisa dibilang masa-masa jenuh kuliah dan sedang menjabat di organisasi, maka dari itu harus pinter-pinter membagi waktu.

Prospek kerja Manajemen Keuangan Syariah

Alumni jurusan ini banyak tersebar di berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta, seperti BI, OJK, pasar modal, perbankan, dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini BI sudah membuka departemen yang memfokuskan ke keuangan syariah, begitu juga dengan Pasar Modal.

Rencana setelah lulus

Rencana setelah lulus nanti bisa pilih unutk lanjut studi, memulai karir, atau membuka wiraswasta.. saya sendiri ingin melanjutkan studi di luar negeri, saya juga ingin turut berkontribusi untuk kmajuan keuangan syariah di Indonesia melalui instansi-instansi seperti BI atau yang lainnya.

Tips untuk siswa yang mau masuk ke jurusan ini

Untuk adik-adik SMA yang ingin masuk ke jurusan ini, harus semangat untuk belajar dan mengikuti alur seleksi.

Kode Konten: Y133

Komen dibawah! 14

  1. Syahrul

    Di pendaftaran tepatnya di langkah ke enam untuk jalur mandiri 2020, bagaimana mengisi nilai raport 1smpai5 bagi yang lulusan pkbm (paket c) dikarenakan hanya mempunyai nilai satu semester.
    Mohon bantuan nya ka ?

  2. Viani

    Kak kalo bedanya manajemen aja sama manajemen keuangan syariah itu apa yah? Apakah beda dari segi mata kuliah atau gmna?

  3. Zahra Yasmina Putri

    Susah Senang nya jurusan management keuangan syariah UIN sgd ka?!

  4. Marsya naila

    Kak kalo menurut kakak di UIN sunan gunung djati yang jurusannya lebih banyak diminati antara manajemen dan manajemen keuangan syariah itu yang mana yah? Terus perbedaan yang paling signifikan dari kedua jurusan itu apa? Terima kasih kakk

  5. Dea Indriani

    Apa bedanya Manajemen keuangan syariah dengan Manajemen bisnis syariah?

  6. Dewi Anisa

    Ka, waktu masuk jurusan ini lewat jalur apa? Sama nilai rata rata kaka tuh berapa sih, biar ada bayangan aja gitu

  7. Dina

    Kak boleh tanya masuk lewat jalur apa? Trus kalau kaka mau lnjut studi luar negeri boleh tau dimana?

  8. Rafi

    Kak nilai rata rata yang bisa masuk ke prodi manajemen keuangan syariah

  9. Rafi

    Kak nilai rata rata yang bisa masuk ke prodi manajemen keuangan syariah harus berapa?

  10. Mila hk

    Ka nilai rata – rata masuk manajemen keuangan syari’ah terus berapa? Dan dari skolah nya jurusan Ipa bisa ngga masuk ke manajemen keuangan syari’ah?

  11. Mhaiaa

    Kk kalo pas sekolah aliyah nya jurusan kegamaan bisa masuk jurusan manajemen keuangan syariah gk kk?

  12. Athy

    Jurusan manajemen keuangan syariah bisa jadi guru ga?

  13. Fajar

    Ka bedanya manajemen aja sama manajemen syariah itu apa? Terus rata rata nilai nya berapa ?

  14. Yuni Inayah

    Susah Senang nya jurusan manajemen keuangan syariah UIN sgd apa ka?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *