Manajemen Pemasaran Industri Elektronika, Politeknik APP Jakarta

Manajemen Pemasaran Industri Elektronika (Kartika)

Manajemen Pemasaran Industri Elektronika (Kartika)

Halo sobat intipers! Aku Kartika Rahmadana dari Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP Jakarta angakatan 2019. Kali ini aku akan sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah ini ya. Kalau sempat akan dibalas dan jawaban kalian akan otomatis masuk ke email loh. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini ya sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP Jakarta seperti apa?

Secara garis besarnya kita akan mempelajari ilmu marketing yang sudah spesifik yaitu pada Industri Elektronika (seperti handphone, laptop dan alat elektronik lainnya). Mata kuliah yang dipelajari kurang lebih seperti dasar-dasar pemasaran, selling, pelayanan prima dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info mengenai jurusan dan perguruan tinggi follow instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulannya. Klik Disini

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP?

Alasannya yaitu karena Politeknik APP ini dibawah Kementerian Perindustrian. Selain itu merupakan salah satu Polteknik yang ada di Jakarta (dari prospek kerja banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga pemasaran). Untuk jangka panjang bisa dimanfaatkan kedepannya kalau kita ingin terjun ke dunia enterpreneur.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Klik Gambar Di Bawah Jika punya masalah pribadi atau masalah kuliah yang ingin dikonsultasikan bersama mahasiswa Akhir Psikologi

intipkuliahcivi-min

Aku bakal jelasin mata kuliah khusus di jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika nih. Setiap semesternya kita akan ada project khusus untuk menunjang skill kita di dunia pemasaran. Untuk Project 1 akan di  temui di Semester 1. Yang dipelajari pada project ini yaitu aplikasi design promotion tools. Kita akan belajar design graphic, bukan hanya ilmu marketing ataupun teorinya saja tetapi juga praktek. Kemudian di Semester 2 kita akan mempelajari Analisis Proses Industri Elektronika. Pada Project 2 ini kita akan belajar menganalisis Trend Pasar, sehingga kita bisa membuat sebuah produk atau product development.

Kemudian di Semester 3, akan ditemui Project 3 yang berfokus pada Pembuatan Iklan Audio Visual. Harapannya kita bisa siap jika terjun di dunia Advertising, Voice Offer, Audio Engineer, Director dan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia Advertising. Selanjutnya Semester 4 kita akan menemui Project 4 yang akan mempelajari Analisis Merk Industri Elektronika. Di project ini kita tidak hanya mempelajari produknya saja tetapi Merk nya juga seperti (LG, Philips, dan sebagainya). Tetapi kita juga mempelajari bagaimana brand awarenessnya, dan bagaimana asosiasinya di tengah masyarakat.

Yang paling menantang yaitu Project 5 ditemui ketika Semester 5 nanti, pada project ini kita akan mempelajari Event Organizer. Project ini akan mengajarkan bagaimana membuat sebuah event dari persiapan sampai dengan pelaksanaan. Event organizer sangat penting karena setiap perusahaan akan membuat sebuah event yang digunakan untuk lauching produk yang mereka buat jadi penting untuk mahasiswa ataupun lulusan dari jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronik memiliki skill dibidang ini.

Klik Gambar Di Bawah Jika Tertarik Masuk Grup Whatsapp untuk info konsultasi jurusan, info TO online, live jurusan, dsb.

iklan-wa-min

Apa saja jalur masuk yang ada di jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politektik APP Jakarta?

Jalur yang pertama yaitu disediakan dari Kementerian Perindustrian yaitu bernama Jarvis. Jalur Jarvis bersama yang mana sistemnya hampir mirip dengan SNMPTN. Sistemnya kita submit nilai kemudian akan diseleksi oleh pihak Politeknik APP Jakarta dan hasilnya bisa kita lihat. Selanjutnya yaitu jalur PPKA, jalur ini biasa disebut dengan jalur rapor, sistemnya kita mengirimkan hasil rapor dan juga berbagai prestasi yang dimiliki ke pihak kampus. Yang terakhir yaitu jarvis mandiri, dimana jalur ini sistemnya kita melakukan ujian tulis secara online dan berbayar. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi jarfis mandiri yaitu sebesar Rp. 150.000,-.

Lihat vlog dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Pemasaran Industri Elektronika Politeknik APP Jakarta?

Nah tips belajarnya nih intipers, karena kita ada project khusus disetiap semester dan kita harus mendapatkan acc sebelum naik ke project selanjutnya. Tips dari aku jangan nunda tugas di setiap projectnya, semakin kita numpuk maka semakin kita lama mendapatkan acc dari dosen. Selanjutnya kalian harus memperhatikan attitude, karena percuma kalau temen-temen pintar tetapi tidak punya attitude.

Khususnya untuk mahasiswa baru nih, jangan terbawa arus, jadi sejak awal sebaiknya kita punya target nanti di perkuliahan akan seperti apa apakah ingin mendapatkan IPK Cumlaude, atau ingin punya target yang lainnya. Jadi boleh pasang target dari awal, sehingga bisa mempersiapkan apa yang harus dilakukan. Apalagi jika punya cita-cita menjadi asisten dosen. Kalian harus memperhatikan nilai praktek selama menjadi mahasiswa, dan mempunyai catatan yang baik dengan asisten dosen terhadulu sehingga bisa direkomendasikan ke dosen selanjutnya.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Prospek kerja dari jurusan Manajemen Pemasaran Industri Elektronika banyak banget nih intipers, karena seluruh industri memerlukan Manager Pemasaran. Nah di Politeknik APP sendiri ada Career Devopment Center. Fungsinya  akan menghubungkan alumni dengan berbagai perusahaan yang sudah berkerja sama dengan Kementerian Industri maupun Politeknik APP Jakarta.

Apa rencana setelah lulus?

Rencana kedepannya saya akan magang terlebih dahulu. Kalau saya mempunyai kualifikasi yang baik mungkin bisa di rekrut di perusahaan tempat saya magang. Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengikuti Universal Seles Comperhensive. Jadi mungkin kedepannya saya akan bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan public speaking seperti CS, personal selling, dan berbagai bidang lainnya.

Konten : C791

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.

Lost your password? Please enter your email address. You will receive mail with link to set new password.