Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang (Antania)

Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang (Antania)

Tak kenal maka kenalan dong yaa. Halo teman-teman Intipers! Perkenalkan namaku Anzalna Antania Hanjani, biasa dipanggil Antania atau Tania. Aku adalah mahasiwa Prodi Manajemen Pemasaran, Politeknik Negeri Malang angkatan 2016. Saat ini menempuh studi di semester 8 yang tentunya ini adalah tahun terakhirku di kampus. Pasti disini teman-teman Intipers ingin mengetahui bagaimana sih kuliah manajemen pemasaran itu. Simak kuy, karena disini aku mau share pengamalan dan juga informasi semasa kuliah.

Kuliah Manajemen Pemasaran Jadi Sales?

Manajemen Pemasaran merupakan salah satu prodi di jurusan Administrasi Niaga yang berdiri pada tahun 2006. Mungkin belum banyak kampus yang jurusan manajemennya terkonsentrasi pada pemasaran, sehingga belum banyak orang yang mengetahui adanya jurusan ini. Di samping itu, banyak juga opini masyarakat yang terkadang mengira bahwa lulusan manajemen pemasaran kerjanya jadi sales di suatu perusahaan. Itu stigma yang salah ya teman-teman intipers, karena kuliah di jurusan manajemen pemasaran ini banyak hal seru yang bisa dipelajari yang tentunya tidak terlepas dari pemasaran, jadi prospek kerja tentunya sangat luas bagi mahasiswa Manajemen Pemasaran.

Teman-teman intipers mungkin juga mengira bahwa pelajaran selama di jurusan ini hanya sebatas teori tentang pemasaran atau praktikum menjual barang, padahal ada yang lebih dari itu kok. Manajemen Pemasaran juga mengajarkan bagaimana kita bisa berbicara dengan banyak orang alias Public Relation, bagaimana cara kita membangun bisnis mulai dari 0, dan bahkan kalian diajarkan menjadi video creator, content creator, ataupun desain grafis yang tentunya ada mata kuliahnya sendiri loh. Bahkan jurusan manajemen pemasaran di Politeknik Negeri Malang ini aku mendapatkan 2 bahasa asing yang wajib diikuti pada setiap semesternya. Yang pertama tentu adalah Bahasa Inggris. Lalu untuk bahasa yang kedua, mahasiswa hanya bisa memilih salah satu yaitu, Bahasa Jepang atau Bahasa Mandarin. Jadi saat masih dalam orientasi, mahasiswa baru akan diberi pilihan apakah Bahasa jepang atau Bahasa mandarin selama menempuh studi.

Slide5

Mata Kuliah Paling Oke

Seperti yang sudah aku singgung di atas bahwa banyak yang dipelajari saat berada di jurusan ini. Apakah membosankan? Jawabannya TIDAK. Karena mata kuliah seru akan ada di setiap semesternya.

Mata kuliah paling oke yang pertama adalah Proyek. Proyek itu mata kuliah yang seperti apa sih? Jadi Proyek adalah mata kuliah dimana nantinya mahasiswa akan mengunjungi suatu perusahaan atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) secara berkelompok dan kemudian melakukan observasi untuk mengambil data yang dibutuhkan yang nantinya akan dibuat sebagai laporan dan dipresentasikan. Fokus Proyek pada setiap semesternya berbeda-beda, mulai dari Proyek Mengenai Perusahaan, Proyek Menangani Konsumen, Proyek Mengelola Data dan Informasi, Proyek Perencanaan Bisnis, dan Proyek Perencanaan Pemasaran.

Lalu mata kuliah oke selanjutnya yaitu E-Marketing. Di mata kuliah ini setiap kelompoknya membuat bisnis sendiri yang tentunya bisnis original dari pemikiran sebuah kelompok tersebut. Yang membuat mata kuliah ini seru adalah karena setiap anggota dari kelompok memiliki job desc yang berbeda. Job desc tersebut diantaranya yaitu, bertanggung jawab atas blog, bertanggung jawab atas sosial media yang dibagi menjadi 2 yaitu Instagram dan Facebook, bertanggung jawab atas iklan baris dan iklan gambar, bertanggung jawab menjadi editor video, bertanggung jawab mengoperasikan website baik itu konten maupun teknis, dan bertanggung jawab atas SEO. Bahkan pada mata kuliah ini terdapat rewards yang diberikan kepada kelompok yang memiliki iklan produk paling menarik, sehingga tentunya setiap kelompok saling berlomba dalam membuat konten untuk iklannya dan juga editing video yang semenarik mungkin.

Rapat di salah satu mata kuliah dengan kelompok

Tips-Tips untuk Maba di Prodi Manajemen Pemasaran POLINEMA

  • Jangan bosen saat ketemu sama yang namanya Proposal dan Laporan

Lah kenapa jangan bosen? Karena walaupun setiap semester atau bahkan beberapa mata kuliah di satu semesternya ada, kalian bisa mengasah kemampuan kalian dalam menulis dan bisa belajar membuat proposal maupun laporan yang baik. Tentunya nanti berguna saat ditujukan bagi perusahaan maupun atasan saat sudah bekerja.

  • Ikut organisasi yang sesuai sama yang kalian mau

Hayoo para maba mau jadi KUPU-KUPU (Kuliah Pulang) atau KURA-KURA (Kuliah Rapat) nihh? Kupu-kupu sih boleh yaa.. tapi apa nggak bosen nih sama kehidupan kuliah yang itu-itu aja? Ikut organisasi atau yang biasanya disebut UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) nggak semengerikan yang kalian pikir kok. Ikut rapat, sibuk buat acara sana-sini, belum lagi jobdescnya yang bisa jadi bentrok sama tugas-tugas kuliah. Eitss… itu tergantung kalian. Asalkan kalian memilih UKM yang memang sesuai dengan apa yang kalian inginkan. Kan banyak tuh UKM kampus mulai dari broadcasting, BEM, keagamaan, dsb. Kalian juga bisa ikut himpunan jurusan juga. Selain nambah pengalaman, tentunya kalian akan punya banyak relasi baik dari internal maupun eksternal kampus, melatih dalam manajemen waktu, dan manfaat lain yang nggak kamu dapetin di kelas. So, Dare Yourself!

Prospek kerja alumni Manajemen Pemasaran POLINEMA

Tentunya peluang kerja bagi jurusan Manajemen Pemasaran sangat besar. Basically, Manajemen Pemasaran sangat dibutuhkan di banyak perusahaan dan tentunya di berbagai bidang. Banyak dari alumni yang bekerja sebagai ahli pada divisi pemasaran, manajer pemasaran, digital marketer, dan prospek karir lainnya yang tentunya banyak banget baik itu perusahaan swasta maupun perusahaan umum milik negara (BUMN). Tambahan informasi, bahwa lulusan Manajemen Pemasaran tidak hanya bekerja di sebuah perusahaan saja lhoo, tapi bisa juga membangun bisnis sendiri, perusahaan sendiri. Believe that all your dreams have the beauty!

Harapan dan Rencanaku Setelah Lulus

Untuk rencanaku setelah lulus adalah aku ingin menambah pengalamanku sekaligus mengasah softskill agar saat melamar di sebuah perusahaan besar nanti aku sudah memiliki segudang pengalaman yang tentunya menjadi nilai tambah bagi perusahaan dan diriku sendiri. Selain itu juga melanjutkan kuliah S2 dan mendapatkan beasiswa untuk mencari ilmu di luar negeri. Bagiku tidak ada yang tidak mungkin jika aku melibatkan Allah dalam setiap langkahku. Because Allah Is the Best of Planners.

Kode konten: X365

Komen dibawah! 2

  1. Review Jurusan & Pengalaman Kuliah > Manajemen IKOPIN - Putri

    […] Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang (Antania) […]

  2. Pengalaman Kuliah di Manajemen Transportasi STIMLOG (Alfonsus)

    […] Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang (Antania) […]

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *