Manajemen Pemasaran, Universitas Sumatera Utara

Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara (Tary)

Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara (Tary)

Halo sobat intipers! Aku Octary Sabrina Br Ginting dari Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara seperti apa?

Manjemen kita terbagi menajdi 3 konsentrasi, yang pertama ada manajemen pemasaran, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia. Materi kuliahnya seperti ekonomi, akuntansi, perekonomian indonesia, pemasaran lebih ke prakteknya lebih ke cara kita berwirausaha. 

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara?

Kebetulan aku kuliah yang sekarang ngambil jalur ekstensi aku udah tamat D3, aku pengen lanjut S1. Kebetulan di Medan S1 pariwisata yang negeri itu belum ada, jadi aku cari informasi kampus mana dari D3 pariwisata tapi negeri, ada yang merekomendasikan ada di USU, aku coba berkaitan dengan D3 dulu.

Slide5

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Tugas di ekonomi lebih ke hitungan terutama pemasaran, teori ekonomi. Kita harus tahu informasi terkait ekonomi di Indonesia. Jadi kalo dibilang rata-rat aorang ekonomi pinter jualan, pinter itung-itungan, itu udah pasti. Tugas yang paling menarik menurut aku pribadi, seperti kaya presentasi di depan kelas, karena pandemi jadi daring, lebih sering pake zoom, tugas paling sering presentasi, kelompok.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Kalo dari pemeasaran ga ada, kalo dari ekonominya yang tiga tadi. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Kalo dari jalur masuk, aku ngambil ekstensi, berarti lanjutan D3 ke S1, jalurnya itu setelah SBM dan Mandiri, setelah dua jalur itu masuk, baru jalur ekstensi di umumin kapan bukanya, biasanya kalo websitenya ga ada, mereka ngumumin dari instagramnya sendiri, ada usuofficial, usu, ada konsentrasi masing-masing jurusan kaya manajemen, jadi informasinya lebih banyak dari situ.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Pemasaran Universitas Sumatera Utara?

Lebih kaya mikirin dari awal, di ekonomi ada beberapa konsentrasi juga, supaya kita lebih terfokusnya sesuai dengan pasionnya kita, maunya kemana, bisanya di bagian mana, kalo kita bisa jualan berarti masuknya ke pemasaran, kalo ngurus Sumber Daya Manusia atau HRD gitu ngambil SDM. Kalo suka hitung uang masuk ke keuangan. Kalo semester 3 kita baru nentuin mau konsentrasi yang mana. Di ekonomi itu banyak banget yang bisa kita pilih ranahnya mau kemana.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Alumni yang aku tahu, orang ekonomi umum pekerjaannya, bisa kemana aja, kalo kaya konsetrasi nya SDM bisa ke HRD, kalo kaya aku ngambil pemasaran, bisa kerja di bidang perusahaan bidang sales marketingnya, bisa ke hotel, pokoknya yang berkaitan dengan itu. Kalo keuangan bisa di bagian finance, seperti accounting, jadi kerjaannya rata-rata ga di bank, di kantor atau buka usaha sendiri.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan aku karena jalur nya agak beda sama D3 dulu, harapannya pengen cepat tamat, tapi ga asal-asalan, nilai bagus. Rencana setelah lulus nyari kerja yang lebih baik, sesuai dengan jurusan atau titel kita, bisa coba PNS, BUMN, kalo mampu bisa buka usaha juga.

Kode konten: C413

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *