Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Sagita)

Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Sagita)

Halo sobat intipers! Aku Sagita Aidul Miftah dari Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Bagaimana gambaran umum program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Manajemen Pendidikan Islam sering disebut dengan tenaga administrasi pendidikan islam seperti yang ada di Madrasah, Pesantren maupun yang lainnya. Disini belajar mengenai dasar manajemen pesantren, sumber daya manusia dan juga ada manajemen sarana dan prasarana. Akreditasi jurusan ini sudah A, karena tergolong UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah UIN terbaik nomor 1 di Indonesia, karena yang paling banyak jalurnya namun diterimanya sedikit. Akreditasi jurusan-jurusan yang ada di UIN sudah A.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info live jurusan tiap minggu, TO Online, konsultasi jurusan, dan info seputar kuliah bisa gabung ke grup wa.

Apa alasan memilih jurusan Manajemen Pendidikan Islam?

Karena didalam jurusan ini kita bisa menjadi tenaga pendidik yang beradministrasi di lembaga pendidikan. Ga cuma di pendidikan keagamaan islam aja tapi kita bisa juga terjun di lembaga umum.

Apa mata kuliah dan tugas serta praktikum yang ada di Manajemen Pendidikan Islam?

Ada banyak yang dipelajari, salah satunya ada landasan manajemen pendidikan Islam sebagai dasar yang akan kita gunakan, dengan tujuan bagaimana mengubah pendidikan Indonesia menjadi lebih maju lagi seiring dengan perkembangan teknologi. Misalnya kita sekarang sudah ada laptop dan lain sebagainya, kita gunakan itu untuk media pembelajaran.

intipkuliah-web1

Apa saja konsentrasi dan keahlian di Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung?

Ada tentang tenaga pendidik di lingkungan kementerian Agama. Pengelolaan pendidikan Islam ini juga sebagai tenaga pendidik yang ada di sekolah maupun pesantren.

Apa saja jalur masuk yang ada dijurusan ini?

Ada jalur SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Yang beda adalah di UIN ada jalur SPAN-PTKIN, yaitu seperti SNMPTN namun khusus untuk pendidikan berbasis agama Islam biasanya dilihat dari nilai rata-rata agama.

Adakah tips untuk mahasiswa baru?

Tips untuk adik-adik yang masih bingung mencari jurusan kuliah, boleh nih kalian gabung dijurusan ini karena kita disini diajari bagaimana cara memperbanyak relasi biasanya ada di perkantoran atau tata usaha. Lalu kita harus aktif di media sosial dan berprestasi dibidang akademik maupun non-akademik. Kita juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan serta mempersiapkan mental. Kalau bisa kita harus punya IPK tinggi.

Prospek kerja dan alumni jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung seperti apa?

Kita bisa menjadi tenaga pendidik, kepala sekolah bahkan bisa juga masuk ke Dinas Pendidikan. Bisa juga kita kerja menjadi tenaga administrasi di kantor maupun tata usaha. Bahkan kita juga bisa bekerja di Kementerian Agama.

Rencana dan harapan setelah lulus?

Rencana dan harapan kita pastinya ga jauh beda ya, yaitu untuk meraih sebuah cita-cita. Aku juga ingin bekerja sesuai dengan keinginanku dan ilmu yang sudah aku dapatkan selama berkuliah.

 

Kode konten: C981

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published.