Administrasi Pendidikan

Manajemen Pendidikan Islam UNSIKA (Dewinta)

Manajemen Pendidikan Islam UNSIKA (Dewinta)

Assalamualaikum,Haii sobat intipers. Perkenalkan nama saya Dewinta Novilisia Trisnawati, dan biasa dipanggil Tata. Saya adalah  mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam UNSIKA / Universitas Singaperbangsa Karawang angkatan 2018. Oh ya, disini saya share ke kalian semua pengalaman kuliah yang telah saya lalui selama 4 semester di jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Nah Yuk, simak pengalaman saya. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa yang diperlajari di Manajemen Pendidikan Islam UNSIKA?

Nah, Sesuai namanya, kita disini kita mempelajari tentang sebuah perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, dan pengawasan proses pendidikan serta infrastruktur sebuah lembaga pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam  lebih dikaji dengan mengacu pada nilai-nilai ke-Islaman yang berdasarkan Al Quran dan Hadist. Dan, selain itu Manajemen Pendidikan Islam juga lebih berfokus dalam pengelolaan lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti madrasah, pesantren, perguruan tinggi Islam, dan yayasan pendidikan Islami.

Mata kuliah dan Dosen favorit di Manajemen Pendidikan Islam UNSIKA

Nah, mata kuliah yang dipelajari di manajemen pendidikan Islam itu banyak sekali. Ada Ulumul hadits, Ulumul Qur’an, Pembiayaan pendidikan, Manajemen kurikulum, Manajemen peserta didik, Bahasa inggris, Bahasa arab, Nahwu sharaf, Filsafat pendidikan islam, Filsafat umum, Manajemen strategi, Ialimbingan praktek ibadah,Metodeologi penelitian MPI,Ilmu pendidikan Islam, Psikologi pendidikan, Supervisi pendidikan dan masih banyak lagi.

Slide5

Nah, Mata kuliah yang menurut saya bermakna untuk sejauh ini saya itu ada tiga. Yang pertama, mata kuliah filsafat umum. Di mata kuliah ini seperti namanya filsafat berarti kita belajar memahami hal hal secara rasional, dan menyeluruh. Dan saya bisa belajar open minded salah satunya karna mata kuliah ini. Mata kuliah kedua yang menurut saya bermakna itu adalah manajemen kurikulum. Kenapa? Karna di mata kuliah ini kita tidak hanya diajarkan bagaimana mengatur kurikulum diskeolah. Kita juga belajar membuat sistem kurikulum, mengapa setiap beberapa tahun kita perlu merevisi atau mengupgrade kurikulum dll. Mata kuliah yang ketiga adalah psikologi pendidikan, di mata kuliah ini kita belajar bagaimana memahami peserta didik,agar kita bisa melakukan suatu metode pengajaran yang sesuai kemampuan masing masing peserta didik. Keliatannya memang mata kuliah ini lebih menjurus ke guru tapi mata kuliah ini sangat penting loh jika suatu saat kita menjadi konselor pendidikan.

Nah, lalu dosen favorit saya yaitu Bu Yayah dan Pak Syahroni. Menurut saya, mereka bisa menyampaikan hal rumit menjadi hal yang bisa memahami oleh para mahasiswa. Mereka juga termasuk orang yang open minded, senang berdiskusi denga para mahasiswanya, dan sabar.

Tips-tips untuk Maba di Jurusan MPI UNSIKA

Jurusan Manajemen Pendidikan Islam ini kita dituntut untuk bisa merencanakan, mengelola, mengatur sebuah lembaga pendidikan Islam kelak. Disemester awal memang kita lebih dituntut menguasai ilmu agama Islam. Banyak mata kuliah yang harus kalian kuasai, seperti ulumul Qur’an, Nahwu Sharaf, Bahasa Arab, Ulumul hadits dll. Tapi tenang, kita disini belajar nya dari dasar banget, banyak kok kita jurusan manajemen pendidikan islam yang latar belakang nya bukan dari pondok pesantren. Kita disini sama-sama belajar bareng. Dulu saya juga agak susah mengikuti mata kuliah tertentu. Saya banyak bertanya pada dosen dan teman saya lebih paham. Jangan pernah malu, yang malu adalah saat kita ga bisa  dan ga mau berusaha. So, semangatttt yaa

Ikuti organisasi/magang yang kita minati

Selain itu, tips selanjutnya  yaitu ikuti organisasi atau magang yang sesuai dengan  jurusan kita. Misal saya dari prodi MPI bisa banget magang di bagian tata usaha sekolah atau menjadi guru agama islam. Nah kalau organisasi, kebetulan saya mengikuti bem universitas, nah banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan di organisasi internal ini, di organisasi apapun organisasi yang bakal kalian ambil pasti akan banyak manfaat yang kalian dapatkan.

Seperti memanajemen diri kita sendiri, melatih soft skill public speaking, melatih kita menjadi orang yang berfikiran luas dan rasional apalagi dalam memutuskan sesuatu, dan masih banyak lagi manfaat nya Saya sarankan untuk kalian yang ingin menjadi aktivis ikuti organisasi dari fakultas kalian dulu baru ketingkat lebih tinggi dan sesuai kemampuan kalian ya.

Karna, di kampus itu banyak sekali kegiatan yang ditawarkan untuk para mahasiswa baru. Seperti kegiatan dari Himpunan, Bem fakultas, Bem universitas, BLM fakultas dan BLM universitas. Selain organisasi internal yang ditawarkan dikampus, biasanya para kaka tingkat kalian para aktiviskampus juga menawarkan organisasi eksternal dan itu bisa menambah relasi kalian. Selama menjadi mahasiswa ibarat masa emas yang sangat disayangkan kalau tidak dipakai sebagai ajang melatih  soft dan hard skill kalian, yuk keluar dari zona nyaman.

Prospek Kerja dan Alumni biasanya kerja dimana?

Oke setau saya, rata rata alumni lulusan MPI UNSIKA itu tidak hanya dapat berkarir di lembaga pendidikan Islam,  tapi juga di semua lembaga pendidikan biasa juga kok karna pada dasarnya di setiap lembaga pendidikan pasti  membutuhkan sebuah manajemen yang baik dalam mengatur kesiswaan, tenaga pengajar, kurikulum, sarana-prasarana, hingga bagian  keuangan.Lembaga pendidikan Islam kini juga semakin banyak, dan bisa juga sebagai tenaga administrasi pendidikan, analis sistem pendidikan, konsultan pendidikan, supervisor pendidikan atau seorang guru.

Harapan dan rencana setelah lulus ?

Oke, Planning saya setelah lulus dari MPI UNSIKA yaitu, saya ingin menjadi seorang supervisor pendidikan Islam. Sistem pendidikan Islam saat ini sangat membutuhkan perbaikan dalam sistem manajemen pendidikan. Maka dari itu tugas supervisor pendidikan inilah yang akan mengawasi ssitem pendidikan  Islam disekolah-sekolah. Lalu, jika ada kesempatan lagi Insya Allah saya akan melanjuti S2.

Kode Konten: X182

Komen dibawah! 4

  1. miya lapi niya rahayu lestari

    Assalamualaikum kak, saya maba2020 mpi di unsika. klo boleh tau kk lulus kuliahnya 3,5thn atau 4 thn? dan skrng apakah sudah berhasil jadi supervisor pendidikannya? Klo ada tips nya bisa lulus 3,5 thn di prodi mpi tolong share ya kakk

    • miaa

      assalamualaikum kak, saya maba 2020 prodi mpi di unsika. ada tips lulus hanya 3,5 thn di prodi mpi ga kak? jika ada tolong share ya kakk. Makasii

      • dewintant

        Halo mia, wah kalau untuk strategi lulus 3,5 tahun untuk tahun sebelumnya itu lumayan susah karna prodi MPI itu mata kuliaj nya dipaketkan makanya kita gabisa ambil mata kuliah atas.Tapi semoga untuk tahun sekarang ada perubahan dan kita bisa ambil mata kuliah atas

  2. Bank Die

    Hallo MPI Unsika…

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *