Manajemen Pendidikan, Universitas Islam Negeri

Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah (Daffa)

Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah (Daffa)

Halo sobat intipers! Aku Daffa Novembry dari Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya. Kalian juga bisa nonton versi videonya melalui link berikut. Klik

Secara umum, jurusan Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta seperti apa?

Mempelajari mengenai manajemen dan pendidikan, karena manajemen dan pendidikan merupakan dua disiplin ilmu dimana jurusan ini kita di fokuskan mempelajari manajerial di sektor pendidikan, adapun mata kuliah yang ada sangat beragam sekali dan itu memang difokuskan dalam bidang manajemen, manajemen sarana prasarana, manajemen kurikulum, manajemen sumber daya manusia, jadi kita mempelajari dua konteks dan dua konten, manajemen dna pendidikan, kita lebih di arahkan pada bagaiamana kita mengatur, mengelola, bagaiaman kita sesuai fungsi manajemen yaitu POAC planning, organizing, actuating, controlling, kita difokuskan untuk mengatur dan mengelola pendidikan, seperti pendidikan sekolah maunpun non sekolah.

unisa

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Alasan memilih jurusan, saya itu dulu backgroundnya SMK jurusan pemasaran, dimana kompetensinya difokuskan pada bidang manajemen bisnis. Nah ketertarikan saya dalam bidang pendidikan ingin berkuliah di jurusan pendidikan, tapi saya tidak ingin melupakan ilmu saya ketika di SMK. Jrusan saya dulu manajemen dan konsetrasinya pemasaran. Jadi saya memilih jurusan di kuliah yang satu linear dengan jurusan di SMK, tapi sesuai pasion saya dalam pendidikan. Kemuadian saya combine aja keduanya jadi manajemen pendidikan.

Kedua saya melihat pendidikan indonesia masih dalam proses perkembangan, mutu pendidikan belum merata.  Baru bisa di lihat di kota saja, di desa plosok masih menjadi permasalahan pendidikan indonesisa. Itu sudah menjadi peranan saya menjadi anak bangsa untuk fokus di pendidikan dan memberikan gerakan-gearakan yang mungkin tidak besar tapi bisa memberikan kegiatan dalam bidang pendidiakan.

Alasan ke tiga  tentunya saya ingin terjun di bidang pendidikan secara langsung, saya tertarik pendidikan luar biasa, pendidikan masyarakat yang menjadi lingkup pendidikan, keinginan saya memiliki yayasan pendidikan, rumah bakat untuk anak-anak terlantar, disabilitas yang tidak memiliki pendidikan formal dan non formal, memberikan pendidikan yang layak, membangun yayasan atau lembaga pendidikan menjadi impian saya bagi anak-anak yang kurang mampu.

pmb2-min

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Seru banget, diawal saya rada takut kalo mata kuliahnya membosankan, tapi selam 7 semester kuliah, saya mendapatkan mata kuliah yang mumngkin tidak ada di jurusan lain, di majemen murni tidak ada, mata kulaih seperti manajemen sarana dan prasarana, manajemen bimbingan dan konseling, manajemen kurikulum, manajemen keuangan, manajemn pemasaran jasa pendidikan, mata kuliah yang membuat saya semakin tertarik mempelajarinya, karena secara umum mempelajari manajemen dan pendidikan. Hal unik tidak hanya dituntut memahami manajerial di dunia pendidikan, kita juga diajarkan bagaimana kita sebagai pengelola pendidikan bisa membuat RPP, menilai dan mengevaluasi yang nanti dibuat oleh guru, kemudain kita diajarkan bagaiaman cara mengajar di kelas, manajemen kelas, bagaimana guru menerapkan 4 kompetensi, sosial, profesional, pedagogik dan pribadi.

Kita benar-benar diajarkan tidak hanya menilai dan mengevaluasi tapi berperan menjadi guru. Kemudian di jurusan ini diminta untuk bagaimana supaya kita bisa membuat dan mendesain media pembelajaran, karena ada mata kuliah media dan teknologi pendidikan, salah satu mata kuliah yang seru, karena dalam satu semester, pertama dalam ulangan harian saya diminta untuk membuat media pembelajaran secara visual, jadi saya membuat peta timbul bareng kelompok saya, untuk UTS diminta memuat talkshow media audio, kaya siaran talkshow. Jadi media pemebalajaran juga media audio itu seru banget, jadi kaya anak komunikasi, kerasa ilmu-ilmu yang didapatkan secara luas.

UAS diminta buat media audio visual membuat berita reportasi, waktu itu anbil barita tentang MRT, kaya nigt MRT dan melihatkan isi dalemnya juga. Kemudian di semester akhir, jurusan ini satu-satunya yang tidak PLP tapi kita ada magang, kebetulan kemarin saya magang di Kementrian Agama di direktorat Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren bagian sub pendidikan pesantren, kaya kerja kantoran aja. Selebihnya jurusan ini memberikan ilmu lainnya, kaya keuangan, SDM, komunikasi, diklat, supervisi dan banyak banget.

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Ga ada, tapi ketika kita sudah masuk ke proposal skirpsi kita membuat judul sesuai dengan pasion atau minat yang kompeten selama kuliah aja, saya pribadi konsen di komunikasi atau humas, judul skripsi saya berhubungan dengan itu, bahkan kalo temen-temen tertarik dengan perbankan itu juga bisa.

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Tidak ada SNM, SNBM, ada juga UM-PTKIN, SPAN-PTKIN dan mandiri. Informasinya akan di publish melalui website uinjkt.ac.id sudah lengkap disana.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta?

Pada dasarnya kita mahasiswa agent of change artinya kita kuliah tidak sekedar kuliah pulang kuliah pulang aja, atau oke kalo kuliah pulang dirumahnya dia belajar, terus menghasilkan prestasi akademik, tapi kalo dirumah cuma rebahan aja itu akan rugi, khususnya di jurusan ini, karena dosen saya itu pernah bilang mahasiswa jurusan ini sudah seharusnya aktif di organisasi, karena ketika organisasi kita menerapka ilmu-ilmu yang didapatkan di kelas. Harus diseimbangkan akademik dan non akademik jangan terlalu mencondong di salah satu. Secara pengalaman kita akan dapat, karena ketika lulus yang dilihat tidak hanya IPK aja tapi soft skill, organisasi , kegiatan voulunter yang dilihat instansi. Kita bisa ikut voulenter kegiatan sosial pada masyarakat untuk menerapkan secara nyata. Di kelas kita banyak presentasi, mahasiswa yang aktif di organisasi akan terbuka mind setnya karena melihat di lapangan. Daripada ngomong katanya lebih baik melihat langsung nyatanya.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Untuk jurusan ini bisa prospek ke arah lembaga pendidikan baik itu sekolah non sekolah. Di sekolah sebagai tenaga admnistrasi atau tenaga kependidikan di  lembaga pendidikan baik negeri atau swasta. Kalau non sekolah kaya di tempat magang saya kementrian agama atau di direktorat. Prospek lainnya luas sekali, karena alumni kita kerjanya tidak hanya di lembaga pendidikan bisa  di kementrian, politik bahkan bisa di perbankan. Prospeknya luas banget tergantung perkembangan diri kita. Waktu selama 4 tahun lebih ke positif maka prospek kerja kita akan lebih luas, jadi title bukan faktor besar terhadap prospek kita.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Semoga saya bisa menyeelsaikan studi saya, untuk planing sudah saya target untuk tahun ini dan tahun depan. Harapan saya bisa lanjut studi ke S2.

Kode konten: C310

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *