Pariwisata

Manajemen Pengaturan Perjalanan STP NHI Bandung (Bonita)

Manajemen Pengaturan Perjalanan STP NHI Bandung (Bonita)

Halo Intipers! Perkenalkan, namaku Bonita Setiawinardi dan biasa dipanggil Bonita. Aku adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP), Jurusan Perjalanan, di STP NHI Bandung. Sekarang aku sedang berada di semester 6, dan di sini aku mau berbagi pengalaman kuliah yang sudah saya lalui selama 6 semester ini. Yuk, simak pengalaman menarikku!

Kenalan Dulu Sama Manajemen Pengaturan Perjalanan STP NHI yuk!

Pertama-tama, mungkin ada yang bingung apa bedanya Jurusan Perjalanan dengan Jurusan Pariwisata ya. Jadi, Jurusan Perjalanan ini lebih berkutat dengan perjalanan wisata ke destinasi-destinasi wisata yang ada seperti bagaimana merancang sebuah tur yang baik dan benar. Sedangkan, untuk Jurusan Pariwisata lebih fokus dengan pengembangan dan manajemen suatu destinasi wisata yang ada.

Di Jurusan Perjalanan ini ada 3 program studi, yaitu, Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP), Manajemen Pengaturan Perjalanan (MPP), dan yang terakhir adalah Manajemen Konvensi dan Event (MKE).

Slide5

Sekilas, MBP dan MPP mungkin terdengar mirip, tapi kedua program studi ini beda loh. Bedanya, MBP lebih fokus ke unsur-unsur sebuah perjalanan dan profil lulusannya itu contohnya adalah Ticketing Manager dan Reservation Manager. Sedangkan MPP adalah yang merencanakan sebuah tur, dan menjalankan tur.

Terus apa aja sih yang dipelajarin selama kuliah? Selama kuliah ini, karena jenjang kami adalah Diploma IV, sistem belajarnya adalah 70% praktek dan 30% teori. Selain belajar di kampus, setiap semester akan ada 2 kali Studi Lapangan atau Fieldtrip dengan destinasi yang seru-seru banget loh!

Yang kami pelajari di MPP ini beragam banget. Ada pelayanan, geografi pariwisata dalam dan luar negeri, pemanduan wisata, operasional tour, pengetahuan perhotelan, dan ada juga bahasa asing selain Bahasa Inggris yang kami pilih antara Bahasa Mandarin, Bahasa Perancis, atau Bahasa Jepang. Selain mata kuliah yang aku sebutkan tadi, masih ada banyak mata kuliah asik lainnya yang kami pelajari selama kuliah ini. Yang pasti, dengan dosen-dosen yang asik dong!

Profil lulusan Manajemen Pengaturan Perjalanan STP NH

Profil lulusan MPP adalah Tour Manager, Tour Leader, Tour Guide, Tour Operation, dan Tour Consultant/Tour Planner.

Alumni dari MPP pun tersebar di berbagai industri perjalanan yang ada. Dan di antaranya, ada yang menjadi Tour Leader, Tour Operation, bekerja di cruise, bahkan ada juga yang membuat open trip dan berhasil membuka travel agency sendiri.

Mata Kuliah dan Dosen Favorit? Wah Gak Bisa Milih deh!

Selama kuliah sejauh ini, mata kuliah favoritku sebenernya ada banyak, tapi 2 yang menurutku paling top adalah Pengaturan Perjalanan Wisata dan Operasional Tour. Kenapa? Karena aku dulu termasuk buta tentang dunia perjalanan wisata, dan kedua mata kuliah itu bener-bener ngebantu buat paham mengenai dunia perjalanan wisata. Mulai dari dokumen yang diperlukan buat bepergian ke luar negeri, pengetahuan tentang maskapai penerbangan, keimigrasian, hingga bagaimana merancang sebuah tur, dan lainnya.

Selain itu, kedua mata kuliah tersebut juga memiliki kaitan yang kuat dengan fieldtrip yang kami lakukan setiap semesternya. Setiap fieldtrip, kami akan diberikan Checklist yang isinya adalah hal-hal yang akan kami teliti selama bepergian. Hal-hal tersebut pastinya berkaitan dengan mata kuliah lainnya yang dipelajari di kampus.

Fieldtrip di Manajemen Pengaturan Perjalanan STP NHI

Selain Checklist tersebut, kami juga berperan aktif sebagai Tour Leader dan Tour Guide selama fieldtrip berlangsung, yang nantinya akan sangat berguna di dunia kerja. Nah bedanya Tour Leader dan Tour Guide itu apa sih? Mudahnya, Tour Leader adalah orang yang bertanggung jawab untuik memimpin suatu rombongan perjalanan dan bertugas sejak sebelum perjalanan dimulai hingga perjalanan selesai. Tour Leader harus mampu memimpin rombongan perjalanan agar rencana perjalanan yang ada dapat berjalan sesuai dengan jadwal. Tour Leader juga tidak wajib untuk melakukan pemanduan selama tur. Sedangkan Tour Guide adalah orang yang menjelaskan mengenai suatu destinasi/atraksi wisata dan tidak ikut bersama rombongan selama tur. Biasanya, antara satu dan lain destinasi/atraksi wisata, Tour Guide yang bertanggung jawab pun akan berbeda.

Untuk destinasi yang kami kunjungi saat fieldtrip itu ada Bandung, Jakarta, Cirebon-Pangandaran, Baduy Dalam, Yogyakarta, Pulau Pari, Bali, Geopark Ciletuh-Sukabumi, dan akan ada 1 kesempatan untuk fieldtrip ke luar negeri di semester 6 yang biasanya ke Thailand atau Vietnam. Bagian yang paling menariknya adalah semua fieldtrip itu gratis! Kapan lagi jalan-jalan gratis sambil belajar kan?

Untuk dosen favorit… Susah… Semua dosen di MPP asik-asik banget soalnya. Tapi, Pak Ule, Bu Cucu, dan Bu Dedu bisa bikin kalian gamau ninggalin kelas deh!

Yuk Asah Kemampuan di Industri Secara Langsung!

Di awal, aku menyebutkan mengenai 70% praktek dan 30% teori. Nah karena itu, di semester 5 kami akan istirahat sejenak dari belajar di kampus dan belajar di industri langsung. Tidak bisa dipungkiri kalau apa yang dipelajari di kampus akan berbeda dengan realita di industri. Maka dari itu, untuk menjadikan kami lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti, kami ditempatkan di berbagai lokus job training yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Kota tempat job training yang disediakan oleh kampus ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Lombok, Batam, dan masih akan terus berkembang. Untuk job training ini kami akan memilih kota untuk job training dan penempatan akan dilakukan oleh para Dosen Program Studi.

Job training ini sangat bermanfaat dan melatih skill kami selama 6 bulan berada di industri. Kami jadi lebih paham mengenai dunia industri perjalanan wisata dan memiliki bekal saat mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Selain itu, kami juga blsa menambah relasi selama job training ini yang mana untuk dunia kerja, relasi adalah salah satu hal yang penting untuk dimiliki.

Tips Buat Kalian yang Mau Masuk MPP

Tips yang bisa aku kasih ga banyak sih. Yang penting kalian percaya diri, mau belajar hal-hal baru, tidak takut menerima tantangan, dan memiliki attitude yang baik. Kenapa attitude yang baik? Karena kalian akan bekerja dengan banyak orang baru yang tidak semuanya memiliki sifat yang akan sesuai dengan kalian. Namun, percayalah dengan attitude yang baik hampir semua orang akan berlaku baik terhadap kalian.

Kalo background sekolah kalian bukan dari dunia Perjalanan atau Pariwisata juga jangan takut! Aku dulu bukan dari SMK Pariwisata juga, dan buta tentang dunia perjalanan wisata. Tapi, hal itu gak serta merta bikin aku nyerah gitu aja. Hal itu justru menjadi tantangan tersendiri buatku dan aku yakin kalau kalian pun pasti bisa!

Kode Konten: X223

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *