Pariwisata

Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata Politenik Pariwisata Medan (Angelica)

Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata Politenik Pariwisata Medan (Angelica)

Halo Intipers, Perkenalkan Saya Stella Angelica Mahasiswa Jurusan Pariwisata, Program Studi Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata Politenik Pariwisata Medan angkatan 2017. Disini saya ingin membagikan pengalaman kuliah yang telah saya lalui setelah hampir 6 Semester. Yuk, simak pengalaman menarik saya! Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat saya balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Pernah terlintas mau jadi apa nantinya kalau kuliah pariwisata! Lapangan pekerjaannya apa? gimana kedepannya?

Apalagi banyak yang salah persepsi kalau mendengar kata Pariwisata. biasanya disamakan dengan dunia  Perhotelan dengan image jelek di masyarakat.
Menjadi mahasiswa Pariwisata pastinya ada suka duka nya, terlebih kalau kita dulunya dari jurusan IPA yang harus putar kemudi ke bidang Pariwisata.

Disini Saya akan bawa kalian membuka cakrawala pandangan terhadap Jurusan Pariwisata…

Di jurusan pariwisata, materi-materi pembelajarannya jelas berkaitan dengan semua hal mengenai pariwisata, seperti manajemen destinasi wisata, manajemen tur dan travel, hingga perhotelan. Setelah kamu lulus dari jurusan ini, kamu diharapkan sudah bisa tuh memberikan pelayanan pariwisata secara profesional. Jurusan ini adalah jurusan yang paling menyenangkan. Tapi, jangan berpikir dulu kalau kamu nantinya akan selalu jalan-jalan ya, sebab di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana mengurus sebuah tur atau kegiatan pariwisata secara serius, bukan untuk main-main.

Slide5

Nah, di Program Studi Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata ini kamu akan belajar mengenai Ilmu dasar Kepariwisataan, dimana didalam proses pembelajaran dibagi menjadi dua bagian yaitu minggu praktek dan minggu teori. Sistemnya adalah, setelah seminggu melaksana teori maka kamu akan langsung belajar mengaplikasikan ke lapangan misalnya mengunjungi objek wisata terdekat di kawasan kota Medan, kamu akan diberi Ceklist Objek yang nantinya akan kamu analisis keterkaitannya dengan materi yang sudah dipelajari.

Setiap semester kunjungan objek wisata nya berbeda, dimulai dari daerah sekitar, keluar dari kota Medan, Keluar dari Provinsi Sumatera Utara dan di akhir aka nada Keluar dari Negara Indonesia. Asyik bukan? Belajar sekaligus Travelling dan Ingat semua kegiatan Fieldtrip ini Gratis tidak dipungut biaya Apapun. Karena perlu teman teman ketahui Kampus Politeknik Pariwisata Medan ini merupakan salah satu Kampus dari enam Upt yang ada dibawah Naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Sehingga setiap mahasiswa memperolah subsidi baik untuk uang kuliah dan juga uang praktikum.

APA SAJA KOMPETENSI YANG HARUS DIMILIKI ?

Program Studi yang Saya tekuni yakni Manajemen Perencanaan & Pemasaran Pariwisata.
dimana kompetensi yang harus dimiliki yaitu :
1. Mengelola sumber daya Pariwisata
2. Melaksanakan rencana kerja & anggaran pada unit bisnis pariwisata
3. Melaksanakan dan menyelesaikan event Tahunan destinasi
4. Mengidentifikasi permasalahan di destinasi wisata
5. Menerapkan ilmu pengetahuan di bidang Destinasi Pariwisata

Nah dengan Kompetensi ini maka nantinya akan dapat bekerja sebagai Asisten Konsultan Perencanaan Destinasi Pariwisata, Tenaga Pemasar Destinasi Pariwisata, Tenaga Muda Peneliti Pariwisata,dan  Pengelola Usaha Jasa Informasi Pariwisata.

Kuliah Pariwisata itu menarik,menantang, memacu jiwa kreatif kita dan terus mencoba hal baru.
travelling hingga memperbanyak relasi , pasti akan kita rasakan sebagai mahasiswa pariwisata.

TIPS UNTUK MABA Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata Politenik Pariwisata Medan

Sedikit Cerita untuk menyemangati teman teman pembaca, Saya dulu bercita cita sebagai seorang Dokter spesialis bedah/bagian dalam. Saya memperoleh Beasiswa Jurusan Kesehatan di Negara Rusia, namun orangtua saya lebih setuju jika saya tetap kuliah di Indonesia dengan jurusan Pariwisata. Tidak mudah bagi saya melepas impian dan kesempatan itu. Meskipun saya juga mendapat Beasiswa Putri Daereh di Kampus ini, namun pergumulan selama satu semester tetap ada, bagaiamana tidak ? saya harus putar kemudi dari dokter menjadi ahli madya Pariwisata. Menyikapi hal ini saya tidak mau terpuruk dan bangkit semangat lagi, menerima keadaan dan melihat potensi dan peluang untuk membangun kembali mimpi baru saya.

Akhirnya saya lulus seleksi menjadi salah satu mahasiswa yang ikut Study Exchange Ke Singapore selama tiga minggu di Kampus Republic Polytechnic Singapore, saya bertemu teman baru, ilmu baru, gaya hidup baru. Disini yang mau saya sampaikan adalah, Tidak semua yang kita rencanakan bisa sesuai dengan apa yang kita dapatkan. Ingat saja dimana pun emas berada akan tetap jadi emas meski dilebur, dibentuk tetap saja Emas. Jangan Patah semangat jika saat ini kalian merasa jurusan kalian bukan passion Kalian.

KULIAH FOKUS BELAJAR ATAU AKTIF ORGANISASI?

Kuliah hal menyenangkan sekaligus menjenuhkan, Menyenangkan kalau kita bisa fieldtrip HPresentasi. Mahasiswa itu perlu Fokus belajar tapi ingat pembelajaran dari dunia luar kampus juga penting untuk menambah pengalaman dan wawasan kamu. Saya aktif organisasi di luar kampus, salah satu nya menjadi Volunteer Beasiswa 10000 Medan di tahun 2018. Dari sana saya belajar bahwa mahasiswa perlu membuka mata untuk melihat sosial nya, membantu anak anak terlantar, anak anak jalanan dan juga anak panti asuhan dalam memperoleh ilmu. Kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk berbagi ilmu, bermain dan memotivasi anak anak tersebut. Selain ikut organisasi, tidak salah untuk mencoba kegiatan essay,call for paper, debat dan karya ilmiah untuk mengukur kemampuan kita. Mengikuti seminar, training yang nantinya menambah softskill dan hardskill teman teman sekalian. Tapi ingat harus pintar membagi waktu jangan sampai ada yang terbengkalai ya.

HARAPAN DAN RENCANA SETELAH LULUS dari Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata Politenik Pariwisata Medan?

Setelah lulus D3 Pariwisata, saya ingin melanjutkan pendidikan yaaa inginnya mendaftar di Luar Negeri seperti Singapore, Australia dan Jerman. Masih berusaha mempersiapkan diri dengan matang dan izin orangtua pastinya. Kenapa ingin melanjutkan pendidikan diluar negeri? Karena saya ingin fokus dalam bagian konsultan pariwisata, kalau di Indonesia lebih mengarah pada pemasaran pariwisata dan displin ilmunya. Selain lanjut kuliah, saya juga sedang belajar untuk mengelola Bisnis Homestay sebagai penambah pengalaman dan batu loncatan menajdi seorang Enterpreneurship muda. Saya memang suka sekali mencoba hal baru yang menantang, selagi masih muda dan semangat masih tinggi yaa kenapa tidak mencobaa? Agar nanti sudah menua. Ada banyak hal yang bisa diceritakan kepada anak anak nantinya. Semangat MABA…

Kode Konten: X174

stellaangelica
20 Years Old. I'm a Student College in Politeknik Pariwisata Medan, I got Schoolarship fromthe Samosir district area. I'm a member core team of Asean Youth Organization 2020 I'm delegate of Study Exchange to Singapore From Temasek Foundation TFI SCALE 2018 2019 i join International Forum for The Advancement of Culture (IFAC) as a part of call for paper I'm the part of Volunteer Beasiswa 10000 Medan as a Secretary Regional Medan

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *