Manajemen Produksi Berita

Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” (Sandy)

Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” (Sandy)

Halo sobat intipers! Aku A. K. Sandyakalla Mahareksa dari Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Kemenkominfo Yogyakarta angkatan 2019. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi, bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat akan dibalas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok. Pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Kemenkominfo Yogyakarta seperti apa?

Managemen produksi berita hampir sama dengan jurnalistik, ilmu komunikasi, perbedaannya konsetrasi program studi ilmu jurnalistik udah di pecah dari semester 1, kalo di manajemen produksi berita jurusannya itu masuknya ke penyiaran atau broadcasting. Kita itu dari semester 1 sampai lulus akan selalu melakukan liputan. Sebenarnya Sekolah Tinggi Multi Media itu bukan ikatan dinas, tapi sekolah kedinasan negeri di bawah Kemenkominfo. Kalo ikatan dinas akan di saluran, kalo kedinasan tidak hanya di rangkul oleh kementrian tersebut, kalo biasanya Universitas itu dibawah Kemenristekdikti, kita di bawah Kemenristekdikti namun kita lebih terstruktur sama Kemenkominfo.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini 

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Kemenkominfo Yogyakarta?

Saya selalu percaya tentang kalo kamu mau cepat selesai kuliahnya atau mau jadi sesorang itu follow your pasion, karena sebelum saya masuk di sisni, saya pernah kuliah di salah satu Politeknik Negeri di Jawa Timur dengan jurusan Teknik Energi, nah saya ngerasa tidak cocok, saya pindah ke sini yang seusai dengan hobi saya, karena saya suka MC jadi Host.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Mata kuliah kita tentang penyajian format berita, contohnya kaya reportase, newsfixer, hard news, dan soft news. Bahkan prakteknya seperti itu, penulisan naskah berita TV, penulisan naskah radio, yang paling khas tentang liputan, jadi setiap tugas penulisan naskah kita harus membuat liputan, dan liputan ini nanti harus konsultasi angel awal, narasumber siapa, pertanyaan akan seperti apa, jadi dosen tahu kemana arah kita membuat berita.

Saya sempet merasakan kuliah offline sebelum pandemi ini, yang paling asik itu ketika kita masuk ke studio atau kita praktek untuk menjadi reporter bener-bener terjun ke lapangan atau kita praktek menjadi news anchor atau pembaca berita, itu praktik paling asik, kita jadi tahu bagaimana seharusnya kita membawakan berita, karena membaca berita bukan hanya membaca tulisan, kita harus mendalami apa beritanya. Lalu yang kedua wawasan kita harus dituntut luas, sama yang paling sering di kaitkan tentang bagaiaman kita bisa menjaga bentuk fisik kita agar good looking atau bagus di depan kamera. 

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di jurusan ini?

Hanya satu, karena sudah di pecah, biasanya ilmu komunikasi dipecah 3, edvertising, piar, dan jurnalistik. Di Manarita sendiri kita udah masuk jurnalistik dari semester 1 sampai akhir. 

Apa jalur masuk yang ada di jurusan kamu?

Hanya ada satu tapi terbagi beberapa gelombang, ada dua sampai tiga gelombang, kalo kita ga lolos di gelombang ke satu, bisa kita coba lagi di gelombang kedua atau gelombang ketiga. Aku masuknya di gelombang ke dua, tesnya itu Computer Based Test mengenai tes potensi akademik sama interview, di interview itu portofolio kita di uji, harus banyak portofolio sebagai nilai tambahan atau syarat penunjang biar bisa masuk.

Gelombang pertama dibuka dari bulan Februari, gelombang ke dua sekitar April, gelombang tiga bulan Juni di jaman saya, sedangkan tahun kemarin itu hanya ada dua gelombang, tapi sepertinya tahun ini kembali lagi ketiga gelombang. Informasi lebih lanjut bisa cek di website pmb.stmm.ac.id. atau cek instagramnya. Kuota untuk jurusan saya ada sekitar 80a,n kalo satu kelas berisikan 33 mahasiswa dimana lebih banyak perempuan dari pada laki-lakinya.

Ada tips buat mahasiswa baru Manajemen Produksi Berita Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Kemenkominfo Yogyakarta?

Teliti, memperhatikan dosen, ada dosen menyampaikan apa tapi tugasnya beda, sejauh ini apa yang dikatakan dosen, itu tugasnya, emang terlihat simple, gampang namun ketika kita masuk ada bagian-bagian yang harus diperhatikan dan dijelaskan secara rinci, karena dosen tidak mau menerima mentahan saja, dosen harus tau sebagaimana mahasiswa mendalami atau mengulik tugasnya. Jalani saja, Manarita ini memang paling berat, tapi percayalah ketika kita lulus nanti, kita bisa lebih baik dari segi apapun.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Bisa jadi produser berita, pengarah acara, juru kamera untuk jurnalistik, fotografi jurnalistik, pembaca berita, reporter, newscaster, sampai dubber kita bisa semua, jurusan saya itu fleksible. Prospeknya rata-rata ke stasiun TV dan radio.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Harapan aku lulus dengan predikat kehormatan cumlaude karena kalo cumlaude nilainya bagus. Setelah itu saya punya rencana dan sudah mencari tahu beasiswa. Pengennya di tiga universitas di negeri gajah putih yang memang jurusannya itu sangat relate dengan saya. Sudah banyak mahasiswa Indonesia yang masuk beasiswanya di jurusan itu bahkan ada tiga universitas negeri yang besar dan terbaik di Thailand. Memang banyak yang belum tahu tentang beasiswa itu. Harapannya setelah lulus bisa masuk beasiswa di salah satu universitas itu.

Q&A

  • Mata kuliah favorit dan tersusah apa sih?

Jawaban: Kalo tersusah semua mata kuliah punya kesulitannya sendiri, tapi yang masih inget banget adalah praktik semester 4, praktik televisi dan radio, terkhususnya reportase, karena kita di tuntut penggalian data mendalam sekali, sampai ke yang perintilan harus ada, siapa yang menyebutkan, jadi memang berat dan membuat mahasiswa tidak tidur. Lalu mata kuliah favorite saya adalah jurnalistik online dan news announcing, karena news anounsing mengajarkan bagaiman kita membawakan berita.

Kode konten: C514

Komen dibawah! 1

  1. Dwi

    kak izin bertanya, kalau anak IPA kira kira ada peluang cukup besar ga masuk ke mmtc? soalnya kan kayak linjur gitu ke mata kuliah, nilai rata-rata juga 83. Tolong di jawab yaa kak

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *