Pariwisata, Universitas Pendidikan Indonesia

Manajemen Resort and Leisure UPI / MRL UPI (Dina)

Manajemen Resort and Leisure UPI / MRL UPI (Dina)

Halo intipers! Perkenalkan aku Dina Wati dari jurusan Manajemen resort and leisure UPI / MRL UPI. Jurusan ini dikenal sebagai jurusan MRL yang hanya ada satu di Indonesia dan berada di UPI. Selain itu, jurusan ini juga sudah terakreditasi A internasional. Yuk, simak informasi lainnya yang akan aku sampaikan tentang jurusan ini. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Apa aja yang dipelajari di jurusan MRL UPI?

Di jurusan ini, mempelajari tentang pengelolaan, pengembangan, kawasan wisata, sumber daya manusia, dan terkait dengan resort.  Resort sendiri adalah penginapan yang mempunyai aktivitasnya seperti tempat berbelanja, penginapan yang diberikan. Tema dari resort juga berbeda dengan hotel biasa, karena bertema pegunungan, juga pantai. Sementara leisure ini adalah waktu luang, bagaimana mengatur suatu kawasan wisata agar wisataan itu nyaman, dengan fasilitas yang memadai, rekreasi  yang disediakan, dan memanfaatkan waktu luang untuk kesenangan, tentunya.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan info jurusan dan masuk perguruan tinggi follow Instagram @intipkuliah. Akan ada live lebih dari 60 jurusan per bulan. Klik Disini

[Tonton versi videonya di bawah ini. Klik tombol play]

Adakah mitos atau stereotip di jurusan ini?

Mitosnya mungkin lebih ke universitasnya sendiri, karena orang berpikir bahwa jurusan ini akan menjadi guru setelah lulus nanti, namun, tentu itu tidak benar, karena jurusan ini adalah non pendidikan, juga tidak hanya belajar manajemen saja.

Tugas kuliahnya kaya gimana?

Tugasnya menurutku enjoy, karena di jurusan ini juga punya praktikum, setiap semester ada trip, seperti praktek langsung ke lapangan, banyak jalan-jalannya. Untuk tugas, tingkatan berat dan sangat berat, itu berat, tapi semuanya bisa dilalui. Kesulitannya itu di mata kuliah geografi, karena harus memetakan suatu ruang agar bisa menjadi kawasan wisata, dan pada akhirnya aku akan membuat buku, nah, di dalamnya ada pemetaan.

Apa mata kuliah dan dosen favorit aku?

Dosen favorit aku namanya Ibu Fitri, beliau adalah role model yang luar biasa dan sosoknya sangat profesional dalam mengajar. Sementara mata kuliah favoritku adalah mata kuliah konsep perencanaan, juga pengantar pariwisata dan hospitality yang diampu oleh Ibu Fitri sendiri.

Ada konsentrasi atau peminatan apa aja di jurusan ini?

Konsentrasi di jurusan ini ada 3 yang bisa diambil di semester 6, yaitu:

  1. Atraksi

Konsentrasi ini terkait dengan menilai suatu destinasi, apakah tempat ini sudah layak dijadikan tempat wisata atau belum. Lalu, kita juga mengelola manajemen wisata, apakah sudah tertata dengan baik, juga apakah destinasi tersebut melibatkan masyarakat atau sebaliknya.

  1. Aktivitas

Sementara konsentrasi aktivitas ini lebih ke seni pertunjukan yang ada di destinasi wisata itu, minat khusus, event organizer, dan bagaimna menyajikan aktivitas supaya wisatawan itu senang.

  1. Akomodasi

Terakhir, konsentrasi ini lebih ke perhotelannya.

Apa tantangan terbesar kuliah di jurusan MRL UPI menurutku?

Tantangan terbesarnya adalah dari diri kita sendiri, bagaimana caranya untuk surpive agar aku yang awalnya tidak suka, menjadi suka, cinta, dan senang. Kepribadiaan untuk menyesuaikan diri dan beradaptasi, khususnya dengan bahasa juga menjadi faktor tantangan kuliah di sini. Sementara tugas, menurutku lebih memacu kita untuk menambah ilmu baru.

Prospek kerja MRL UPI / alumni kerja dimana aja?

prospek kerja di jurusan ini sangat luas misalnya, di kementrian pariwisata, dinas pariwisata, event organizer, wedding organizer, travel agent, juga hotel. Sementara untuk alumni, mereka ada yang sudah mempunyai travel agent sendiri, pembawa berita, kementrian pariwisata, serta event orginazer.

Harapan aku setelah lulus

Harapannya, bermula dari titik OJT (on the job training) atau magang, lalu dari OJK itu,semoga bisa menjadi salah satu tangga untuk aku bisa mempromosikan diri bekerja di kedinasan dengan recruitment yang mereka buka nanti.

Lihat vlog dari ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia di Youtube Intip Kuliah. Klik Disini

Tips untuk masuk ke jurusan ini

Ketika masuk ke jurusan, intipers gak bakal nyesel, karena MRL ini prospek kerjanya luas, kuliahnya santai, ada trip juga buat kalian yang suka jalan-jalan. Lalu, tentukan pilihan sebaik mungkin, semangat belajar, banyak berdoa, dan di jurusan ini, kalian akan mendapatkan ilmu baru, dosennya pun luar biasa friendly, dan sudah banya alumni yang bisa membuat kalian menumbuhkan relasi kerja nanti.

Kode Konten: Y192

dinanapitupulu
I am Dina. I am a cheerful and hard work girl. My motto in my life is " You have to change your imperfection to be a perfection in your life. Keep shinning and inspiring everyone everywhere and everytime."

Komen dibawah! 22

  1. Xyz

    Dulu SMA dari Mipa atau Ips?

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Haloo…
      Dulu Kaka SMA jurusan IPS. Akan tetapi banyak juga di kelas Kaka yang berasal dari jurusan IPA. ?

  2. Nuraini siti

    Kak dina,apakah kuliah di jurusan ini harus udah benar benar fasih dalam bahasa inggris?lalu bagaimana dengan orng seperti saya yang belum lancar berbahasa inggris,bahkan dlam hal membaca nya pun selalu salah,

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Halooo tidak ada ketentuan wajib fasih berbahasa Inggris ya. Akan tetapi lebih baik jika kita menguasai bahasa Inggris karena itu juga tuntutan dalam dunia pariwisata.
      Yang terpenting kamu punya niat belajar yang besar karena di MRL akan dipelajari dari basic banget bahasa Inggrisnya. Jadi semangat ya pejuang MRL….??

  3. Astri Anggita Aryanti

    Kak dina, dulu waktu SMA nya dari IPA atau IPS?

  4. ROSIYANA

    Kak dina,apakah kuliah di jurusan ini harus sudah benar benar fasih dalam bahasa inggris?

  5. Muthia Ananta

    Hai kak dina!
    Dulu kakak dijurusan Mipa/Ips ya?
    Terus harus udah fasih inggris enggak kak, kalo mau kuliah di jurusan ini? Makasih! 🙂

  6. nlrs

    Hai kak dina.. Kalau misalkan kita belum fasih banget dlm bhs inggris, apa itu akan di pelajari dalam jurusan ini? Atau mendapat bimbingan sendiri begitu?
    Dan kakak masuk jurusan ini melalui jalur apa ya kak? Makasih sebelumnya kak ?

  7. Efina

    Hi ka Dina, aku boleh tau apa ada tinggi minimal di jurusan ini? Mksdnya nnti saat sudah bekerja apakah ada tinggi minimalnya

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Halo Efina
      Untuk syarat tinggi badan tidak ada ya….
      Kecuali di dunia pekerjaan yang memiliki standar ketentuan tinggi badan misal ingin bekerja di bidang penerbangan ya. ?

  8. Ayuuu

    Haii kak;) izin bertanya kak: kalo kita mau kuliah di jurusan ini harus lancar bahasa Inggris? Jujur saya tertarik dengan jurusan ini tpi saya tidak bisa berbicara bahasa inggris

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Halo Ayu…
      Tidak ada ketentuan wajib fasih berbahasa Inggris ya. Tetapi, akan lebih baik jika kamu mau belajar bahasa Inggris dan jika sudah terbiasa akan menjadi fasih sehingga memudahkan kamu di dunia pekerjaan nantinya. Semangat ya, semoga diterima di MRL karena bahasa Inggris akan dipelajari dari dasar banget. Ditunggu ya kamu di MRL ??

  9. Edufest Purwakarta - Jurusan Non-Kependidikan yang ada di UPI

    […] https://intipkuliah.com/manajemen-resort-and-leisure-upi-dina/ […]

  10. thaniarys

    Halo Ka Dina. Kak untuk perbedaan dari jurusan manajemen resort&leisure dengan manajemen pemasaran pariwsata itu apa? saya juga tertarik di jurusan ini karena jurusan saya sekarang di SMK yaitu Akomodasi Perhotelan, dan apakah berpeluang besar untuk bisa lolos di jurusan ini melalui jalur SNMPTN? kurang lebihnya terimakasih ka.

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Halooo Thania kalau jurusan MRL lebih fokus ke manajemen resort dan Leisure ya ya. Akan tetapi tetap ada konsentrasi perhotelan ya dan disana belajar sedikit banyaknya tentang marketing yang dipelajari oleh mahasiswa yang mengambil fokus di jurusan Manajemen Pemasaran Pariwisata. Menurut Kaka akan menjadi peluang yang besar buat kamu ambil jurusan MRL karena kamu bisa ngembangin keahlian kamu dulunya di SMK Perhotelan. Semangat ya, Good luck. ??

  11. noihfitria

    Halo Kak Dina!
    Kuliah di jurusan MRL harus fasih berbahasa inggris ya? soalnya aku minat tapi inggrisku paling mines?
    Aku dari SMK jurusan Manajemen Perkantoran apakah masih linear jika aku jadikan pilihan di UTBK SBMPTN 2021?
    Terima kasih Kak.

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Halooo Noih. Terimakasih sudah mampir…
      Sepertinya masih linear jika kamu masukkan jurusan MRL sebagai pilihan kamu di UTBK. Yang terpenting maksimalin skor utbknya ya…
      Kamu kan manajemen perkantoran jadi masih ada kesamaan yang dipelajari terkait manajemen.
      Good luck ya, ditunggu di MRL. Semangat ??

  12. biw

    halo kak mau tanya, kalau perbedaan mpp sama mrl ini apa ya? mohon penjelasnnya makasih kak

    • Dina Wati Veronika Napitupulu

      Untuk penjelasan lebih detail bisa di searching di www.upi.edu ya
      Kalau MRL lebih fokus ke pengelolaan Resort dan Leisure misalnya fokus pada strategi pengembangan atraksi wisata dll. Sedangkan MPP fokus utama adalah memasarkan produk wisata kepada konsumen, mengemas bagaimana paket wisata yang menarik agar wisatawan tertarik berkunjung. Begitu kurang lebihnya ya. ?

  13. Radhwa Marsya

    Ka untuk ujian yg harus berpergian itu, biaya nya dari masing² ato gimana ya ka?

  14. Dina Wati Veronika Napitupulu

    Halo Radhwa
    Untuk biaya ditanggung pribadi ya. Dan biasanya ada bantuan subsidi dari prodi untuk setiap angkatan yang melakukan field trip/bepergian ya. 😊

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *