IPB University, Sumberdaya Perairan

Manajemen Sumberdaya Perairan IPB (Winda)

Manajemen Sumberdaya Perairan IPB (Winda)

Halo sobat intipers! Aku Nyimas Rafiah Winda, biasa dipanggil Winda. Aku mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan IPB angkatan 2017. Kali ini aku ingin sharing pengalaman kuliah ku dan memperkenalkan jurusan/prodi yang aku ambil. Lanjut bacanya ya intipers. Bagi teman-teman yang mau bertanya atau diskusi bisa komen di bawah artikel ini. Kalau sempat aku balas ya, jawabannya akan masuk ke email kalian kok, pastikan kalian baca sampe beres dulu artikel ini sebelum bertanya.

Secara umum, jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan IPB itu seperti apa?

Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan itu jurusan yang ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.  Kita belajar tentang cara mengelola lingkungan perairan baik itu air tawar, payau atau laut yang lestari dan berkelanjutan, baik itu sumber dayanya maupun manusianya.

Bisa dibilang jurusan ini tuh kaya dokter ikan sama dokter air, karena misalnya kalau ada air kualitasnya buruk itu tugasnya jurusan MSP yang memperbaiki lingkungan perairan.

promo-web

Apa yang jadi alasan masuk jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan IPB?

Sebenernya simpel sih karena rumahku itu deket Sungai Musi Palembang, terus sungainya itu udah mulai kotor. Jadi aku berpikir gimana caranya membuat sungai itu bersih, terus cari-cari jurusan yang kira-kira cocok, ternyata di MSP IPB, karena ada mata kuliah kualitas air, pencemaran perairan. Selain itu juga, karena Indonesia kan perairan itu lebih luas daripada darat, dan lulusan di bidang perikanan itu masih bener-bener dibutuhkan.

Apa mata kuliah dan tugas yang khas dari jurusan ini?

Kalau di IPB, tingkat pertama kita masih belajar kaya anak SMA. Ada agama, fisika, biologi, bahasa Indonesia. Setelah tingkat dua, kita baru masuk ke jurusan. Ada mata kuliah ekologi perairan, kualitas air, pencemaran perairan, statistika juga ada. Banyak sekali mata kuliahnya. Basic nya sendiri lebih ke biologi, matematika dan kimia. Oh iya kita juga belajar tentang ikan. Jadi, kita setiap ikan harus tahu nama ikannya apa, nama latinnya juga.

Kalau temen-temen penasaran sama MSP, itu ada websitenya di msp.fpik.ipb.ac.id

Sejauh ini mata kuliah yang paling berkesan itu Ekologi Perairan. Kata temen-temenku itu mudah dapet nilainya, pas dijalani mudah juga. terus menarik sih karena kita belajar tiga ekosistem, mangrove, lamun sama terumbu karang. Di matkul ini ada fieldtripnya. MSP itu jadi banyak fieldtripnya, biasanya ke pantai. Jadi, liburan sambil belajar.

Praktikumnya itu padat sih menurutku, paling hectic di semester 3-5. Jadi memang MSP itu banyak praktikumnya, nge-lab dan setelah praktikum biasanya banyak laporan gitu. Praktikumnya itu misalnya di matkul kualitas air, itu airnya diteliti apakah tercemar atau tidak, banyak juga ada yang tentang ikan membedah ikan, plankton di air gitu diamati pake mikroskop. Seru sih praktikumnya!

Praktikum yang paling berkesan itu Sistem Informasi Sumberdaya Perairan, jadi kita belajar coding-coding gitu kaya anak Ilkom tapi dikaitkan dengan ikan dan perairannya.

 

kegiatan lapang (Field trip) di jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan IPB

Adakah konsentrasi atau kelompok keahlian di Manajemen Sumberdaya Perairan IPB?

Ada 3 divisi dan bisa diambil pas mau nyusun skripsi.

  1. Produktivitas Produk Perairan: belajar kualitas air, pencemaran, plankton, tumbuhan air
  2. Ekobiologi dan konservasi sumberdaya perairan: belajar tentang ekowisata, ekosistem perairan, belajar ikan-ikan juga
  3. Manajemen sumberdaya perikanan: belajar tentang stok ikan, misalnya berapa ton ikan yang bisa ditangkap di lingkungan perairan, sosial ekonomi antara masyarakat pesisir dan ekosistemnya

Apa saja jalur masuk untuk jurusan ini?

Ada 3 jalur, SNMPTN, UTBK dan jalur mandiri, ada juga jalur prestasi, BUD (beasiswa utusan daerah). Kalau SNMPTN dan SBMPTN itu pasti udah pada tahu kan. Jalur mandiri IPB itu bisa pakai skor SBMPTN, jalur prestasi itu bisa untuk temen-temen yang punya prestasi internasional ketika SMA itu bisa lewat jalur ini, ada juga jalur Hafidz Al Quran.

Penerimaan mahasiswa baru paling banyak untuk satu angkatan itu sekitar 100 orang. Di angkatan aku ada 80 orang.

Ada tips buat mahasiswa baru jurusan ini?

Pertama-tama, ketahui passion dulu, kalau suka biologi, kimia, matematika dan seneng ke lapang ke pantai itu cocok banget di jurusan ini. Apalagi jurusan ini jarang dilihat orang, kaya diremehin tapi sebenernya banyak dibutuhkan di lapangan pekerjaan.

Bagaimana prospek kerja dari alumni jurusan ini?

Banyak banget, bisa jadi dosen, peneliti baik itu di kedinasan, Kementrian Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Kelautan, LIPI ya jadi PNS lah ya. Bisa juga kerja di pertambangan atau perminyakan. Misalnya kalau ada perusahaan perminyakan yang mau mengebor minyak di lingkungan perairan, nah dampak terhadap lingkungan perairannya itu tugas MSP gitu. Jadi pengusaha juga bisa, banyak pokoknya.

Apa rencana dan harapan kamu setelah lulus?

Pengen lulus tepat waktu, berusaha cari beasiswa S2 di luar negeri dan sembari melamar kerja juga. Pengennya di Kementrian Lingkungan Hidup

Q&A

  1. Perbedaan dengan jurusan Akuakultur?

Kalau akuakultur itu lebih ke budi daya perairan, fokusnya ke memproduksi ikan, dibudidaya gitu gimana caranya memproduksi ikan secepat mungkin dan sebanyak mungkin. Kalau MSP itu lebih ke limbah dari budi daya ini tidak mencemari lingkungan perairan. Jadi lebih ke lingkungan perairan, kalau lingkungan perairannya rusak kan berdampak ke ikannya.

Kode Konten: C120

Komen dibawah! 18

  1. Arum

    Salam kenal kak aku dari msp unsoed 2020

  2. ita

    Assalamualikum kk saya msp 18 mau bertanya megenai perusahan2 atau lembaga2 yg menerima mahasiswa magang untuk msp,klw kak ada info seputar itu boleh info-info kesaya ya kak terimakasih

    • rafiahwindaa

      Halo ita, untuk info magang MSP, banyak banget si, kita bisa magang di Kementerian Keluatan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, NGO bisa juga misalnya di WWF, Perusahaan tambak, PDAM juga bisa di bagian pengolahan air limbahnya, masih banyak lagi si sebenernyaa, MSP itu luas kok. oh ya aku juga pernah magang di Kepulauan Seribu, dan itu seru banget si karna ilmu2 di kuliah bener2 bisa diterapkan

  3. Sofie

    Kak mau tanya saya tertarik masuk ke jurusan msp ini,kebetulan kekuatan mata pelajaran saya itu di biologi ,tapi untuk matematika dan kimia saya tidak terlalu kuat ,menurut kaka apa saya masih punya peluang daftar ke prodi msp ini ?

    • rafiahwindaa

      Bisa banget dongg, walau nanti kamu di tingkat pertama masih akan dapat mata kuliah landasan matematika, sama kimia, dan pas masuk jurusan MSP nya masih belajar juga si matematika dan kimia(contohnya pas balajar kualitas air), tapi itu bisa dilewati kokkk, aku juga ga kuat-kuat banget di matkul matematikan dan kimia, tapi masih bisa ngikutin pelajarannya, disini juga banyak temen yang ngajarin, jadi ga sesulit yang dibayangkan hehe, ga seberat yang di pikirkan , dan kalau kamu skripsian ya bisa milih topik sesuai passionmu juga

  4. Auliya afifah

    Assalamualaikum kak kalau mau lewat jalur hafidz quran itu hafalan berapa juz ya kak makasih kaka

  5. Novi

    Kak kalau saya hanya kuat di bidang biologi apakah saya masih punya peluang untuk masuk jurusan ini

  6. Sel

    Kak mau nanya, kalo aku kan ga terlalu kuat buat pelajaran kimia sama matematika, kuatnya di biologi aja, apakah prodi ini masih bisa/ peluang buat masuk prodi ini?

  7. Wa Ode Marlisa

    Hallo kak, salam kenal aku dari MSP uho 2020.

  8. Rizqiya Puteri

    Halo kak, aku dari angkatan 2021, aku ada niat untuk daftar jurusan ini di snm tapi kata kakak diatas jurusan ini juga dasarnya kimia sedangkan aku gak bisa bgt kimia, kalo boleh tau di jurusan ini belajar kimianya kaya gimana sih kak??

    • rafiahwindaa

      sebenernya ga semua belajar kimiaa kok, hanya ada beberapa matkul ajaa, Contohnya di matkul Kualitas air ada belajar tentang kimia perairan, untuk mata kuliah yg lain jarang ada si kimia nyaa. jadi jangan takut hehe

  9. Citra Nurfitriani

    Halo kak. Saya tertarik dengan jurusan ini di ipb,
    Kalau lulusan dari ipb banyaknya kerja di perusahaan apa ya kak untuk jurusan ini?

  10. restufh

    Assalamualaikum kak. Aku ada tertarik di jurusan ini tapi aku ngerasa kalau rata-rata aku itu kurang. Kalau boleh tau, kakak diterima lewat jalur apa dan rata-ratanya berapa ya kak? Terima kasih sebelumnya.

    • rafiahwindaa

      banyak sii, IPB juga terkenal dengan institut pleksibel banget, bisa kerja dimana ajaa, untuk MSP juga banyak, karna kan kita mengelola lingkungan perairan baik air tawar, payau, ataupun laut, untuk bisa kerja dimana aja udah aku jawab tu du artikelnya hehe

  11. rafiahwindaa

    Oh ya untuk yang mau cari tau info lebih lanjut soal MSP FPIK IPB. kalian bisa kepoin websitenya di msp.fpik.ipb.ac.id

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *