Manajemen, Universitas Gadjah Mada

Manajemen UGM (Alif)

Manajemen UGM (Alif)

HALO, KENALAN YUK. Assalamu’alaikum Intipers! Namaku Alif Abang, mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Saat ini aku sudah di penghujung tahun ketiga (tepatnya semester 6), boleh lah sekalian didoakan biar lulus di waktu yang tepat, hehe. Aku mahasiswa perantau dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Oiya, aku mau sharing sedikit tentang pengalaman dan pengetahuanku selama kuliah di manajemen FEB UGM.

MANAJEMEN UGM BELAJAR APA AJA SIH?

Perlu diketahui, bahwa program studi atau jurusan manajemen tergabung dalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis, bersama dengan 2 program studi lainnya, yaitu Akuntansi dan Ilmu Ekonomi. Manajemen adalah seni, seni untuk merencanakan, mengatur, memimpin, dan mengontrol. Berhubung program studi ini berada dalam lingkup perusahaan atau organisasi, maka yang dipelajari mostly adalah tentang me-manage perusahaan. Mulai dari sisi keuangan (Manajemen Keuangan), Sumber Daya Manusia (Manajemen SDM), Pemasaran, Stratejik (Manajemen Stratejik), Operasional (Manajemen Operasi) dan lain-lain. Juga sebagai bekal tambahan, di prodi ini kita mempelajari beberapa mata kuliah Ilmu Ekonomi seperti Ekonomika Pengantar I dan , Statistika Ekonomi dan Ekonomika Makro.

Juga mempelajari mata kuliah prodi Akuntansi, mulai dari Akuntansi Pengantar I dan II, Akuntansi Biaya serta Akuntansi Manajemen. Masih masuk akal dan mudah ditebak apabila prodi manajemen ini mempelajari disiplin ilmu berbeda yang berada dalam satu atap Fakultas, yang disebut Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Namun menariknya, tidak hanya itu. Prodi ini juga mempelajari disiplin ilmu seperti Psikologi dasar, Filsafat dasar, Antropologi dasar, serta Matematika Ekonomi yang bahkan tidak pernah aku bayangkan sebelumnya 🙂 Juga tentunya mempelajari beberapa mata kuliah yang diwajibkan bagi seluruh program studi atau fakultas yaitu Agama, Pendidikan Pancasila, serta PKWn.

MATA KULIAH DAN DOSEN FAVORIT

Nah penting untuk temen-temen ketahui juga, mostly mahasiswa Manajemen FEB UGM (mungkin univ lain juga) mengambil konsentrasi (penjurusan) pada semester 5 atau 6. Di manajemen sendiri terbagi dalam beberapa konsentrasi, seperti : Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Stratejik, Manajemen Operasi, dan Manajemen Pemasaran. Mata kuliah favorit aku (so far) adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, sekaligus menjadi konsentrasi yang aku pilih. Alasannya satu, menarik. Menarik aja gitu kan, bisa mencoba memahami bagaimana manusia berpikir dan berperilaku. Apalagi kalo udah bicara “cross cultural” atau lintas budaya, waahh ini sangat menyenangkan. Serius. Sekaligus dosen pengampu aku di mata kuliah ini (semoga juga menjadi dosen pembimbing skripsiku nantinya, aamiin) adalah dosen favoritku. Beliau selalu dapat mengayomi semua mahasiswanya, tanpa terkecuali. Beliau memiliki skill komunikasi yang sangat baik, teduh, hangat, nyaman dan selalu memberikan kesempatan pada kita selaku mahasiswa untuk memberikan feedback.

BEBERAPA TIPS UNTUK KAMU YANG TERTARIK DI JURUSAN MANAJEMEN UGM

Pertama, untuk kamu yang sekarang masih di bangku SMA atau sederajat. Apabila kamu tertarik dengan jurusan atau prodi ini, aku cuma mau bilang, silahkan dipikirkan lagi matang-matang. Karena kalo udah kecemplung disini, kamu gak akan bisa lepas. Nagih banget asli :). Prodi manajemen ini memang semenarik itu, terutama bagi kita yang di SMA mengambil jurusan IPS. Manajemen selalu menjadi pilihan yang dipertimbangkan oleh sebagian besar anak IPS lainnya (berdasarkan beberapa diskusi dengan teman). Tidak hanya anak IPS ternyata, anak IPA juga tidak sedikit yang tertarik dengan prodi ini. Maka, aku mau sampaikan ke temen-temen, saingan kalian gak sedikit, tetap ikhtiar dan giatkan lagi belajarnya. Yang sudah dinyatakan lolos SNMPTN, Selamat! Yang mencoba SBMPTN dan Ujian Mandiri Semangat!.

Kedua, untuk kamu para maba, adik-adik tingkatku, bahkan yang tidak satu almamater sekalipun. Selamat! kamu adalah satu dari sekian banyak yang meminati prodi ini. Menariknya, yang terpilih adalah dirimu. Entah karena faktor keberuntungan sekalipun. Manajemen adalah satu dari beberapa prodi terbaik di UGM, dan mungkin juga di beberapa kampus lain. Kita sudah nyemplung disini, ayo kita selami lagi lebih dalam. Pesanku, perbanyak bersyukur, tetap rendah hati, dan semangat terus.

ANAK MANAJEMEN UGM BIASANYA KERJA DIMANA SIH?

Anyway, ada banyak sekali prospek kerja untuk prodi ini! Kita bisa menjadi seorang entrepreneur (pengusaha) bahkan sejak masih kuliah. Tidak sedikit temenku yang udah punya start-up keren sekarang, menjadi resolver permasalahan masyarkat hari ini. Enrepreneur juga tidak sebatas mendirikan start-up keren berbasis teknologi saja, membuka warung Thai Tea di pinggir jalan kaliurang juga sabi banget. Pekerjaan lain yang mainstream dari prodi ini ya kita bisa apply pekerjaan di perusahaan-perusaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perusahaan Multinasional dan lain sebagainya. Merangkak mulai dari bawah sebagai staff, kemudian lama-kelamaan menjadi top manajer di perusahaan tersebut. Pengalaman ini sudah sangat banyak dilakukan oleh lulusan-lulusan manajemen terdahulu. Selain itu ada lagi yang sedikit jarang dipilih oleh lulusan-lulusan prodi ini, kita bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, S2, kemudian S3. Pada akhirnya menjadi dosen untuk kembali mengabdi.

KALAU KAKAK SENDIRI MAU JADI APA?

To be honest, masih bingung. Tapi yang ada di kepalaku sampai hari ini adalah “why not both?”. Lanjut sekolah sampai S3 (aamiin) kemudian menjadi pendidik (entah guru, dosen atau pengajar lainnya) dan disisi lain mencoba mendirikan bisnis mulai sekarang (entrepreneur). Alasanku ingin menjadi pendidik adalah karena melihat ketimpangan di bidang pendidikan yang cukup tidak merata, dari segi kualitas penggajar, infrastruktur, dan lain sebagainya. Istilah Jawa-Sentris di bidang pendidikan rasanya masih menjadi problematika kita bersama. Sedangkan alasanku ingin menjadi seorang entrepreneur adalah karena passion. Aku selalu suka bertemu dan berbincang dengan orang baru. Menjadi pengusaha cukup memberikan jalan itu terbuka bagiku. Syukur-syukur kalo aku dapat menawarkan sesuatu yang menjadi solusi bagi masalah orang-orang sekitarku, wah itu sangat menarik. Komplit. Inspirasiku adalah dua orang keren co-founder Ruang Guru, Kak Belva dan Kak Iman. Dua orang yang super duper keren pada zaman ini.

Expo-PTN

Kode Konten: X175

Komen dibawah! 24

  1. Nanbep

    Kak presentase anak ipa masuk manajemen sebesar apa sih? Boleh dong kasih tipsnya kak..

    • alifabang

      Sebelumnya mohon maaf atas respon yang sangat lama ini ya dek. Kalo bicara tentang persentase, aku ga tau pasti karena itu yang nentuin pure dari perguruan tinggi berdasarkan kebutuhannya. Tapi yang jelas, kemungkinan anak IPA untuk masuk di prodi manajemen ini cukup besar, terlebih di kampus aku sendiri ada banyak teman seangkatan yang backgroundnya IPA pas SMA.
      Jadi, coba dulu aja kalo emang tertarik dengan prodi ini yaa. Good luck 🙂

  2. Dhia berlian firdaus

    Kak, ini aku masih bingung mau ngambil apa . Sebelumnya sih kepingin psikolog tapi gak yakin gitu kak, terus saya liat liat daftar prodi kuliah dan nemu prodi manajemen. Gak tau kenapa pengin nyoba masuk ke prodi ini. Tapi untuk masuk ke prodi ini kira kira yg hrs d persiapkan apa yha kak?

    • alifabang

      Emang wajar banget mengalami kebingungan kayak gini dek. aku juga dulu sempat bingung mau ambil prodi apa, tapi akhirnya mantap dengan pilihan ini, Manajemen UGM. Kalo diceritain secara detail gimana proses akhirnya mantap dengan pilihan ini, ntar jadi panjang banget wkwk.
      Kalo ngomongin yang harus dipersiapkan sih, jelas harus persiapkan pemahaman tentang materi tes-tes yang ingin diikuti, terus banyakin latihan, jangan cepat merasa puas. Selain itu, doa dari diri sendiri dan doa orang tua juga sangat dibutuhkan. Yaudah aku juga bantu doain nih, good luck ya! 🙂

  3. Chionia Jessica

    Halo kak,
    Sebelumnya aku mau bilang bangga banget sih kk merantau bisa msuk UGM soalnya aku yg di manado bnyk yang bilang gamungkin lolos PTN luar wkwkw doain ya kak:”)pertanyaanya orang yang masuk jurusan bisnis mangement harus pintar matematika ga ka?soalnya aku kurang bisa banget di matematika takut gabetah ato merasa slh jurusan nantinya kak:”)walaupun tertarik bgt sma jurusan ini.

  4. Lya

    Hai kak, apakah jurusan ini menggunakan hitung2an yg rumit seperti yg ada di mtk? Dan tentang apa yg di pelajarin di jurusan ini boleh di jelaskan lebih detail? sprti contoh pembelajaran nya seperti apa, saya masih kurang paham kak 🙏😭

  5. AjengTp

    Kak kalo misalkan anak SMK ada kemungkinan masuk prodi management?

  6. Shaza

    Haii kak aku mau tanya peluang usaha untuk masuk manajemen untk anak smk gimana? Peluangnya bakal besar atau ga? Aku juga di smk ambil jurusan otkp, byk yg bilang kalau mau ambil jurusan di perkuliahan khusus smk harus sesuai sm jurusan di smknya, semoga di jwab yh kak

  7. Uma

    Hai kak, mohon bantuannya terkait mata kuliah di manajemen fe ugm itu sendiri. Apa bisa dikirimkan/dishare silabus mata kuliah perilaku konsumen/consumer behaviour? Atau jika tidak, apa bisa ditulis referensi buku/judul buku yang digunakan pd mata kuliah tsb? Sbg basic sy untuk mempelajari mata kuliah tsb, sebab sy tdk menemukan silabus selain silabus di tingkat S2. Terima kasih atas bantuannya kak.

  8. Tika

    Halo ka ,
    Saya ingin bertanya
    Saya ini SMK bukan SMA dan mengambil jurusan MUltimedia
    Tapi kalau ingin masuk UGM memilih manajemen apakah bisa ka?
    Karna saya sudah niat sekali
    Dan untuk kerjanya bisa dipengusaha ka?

  9. Rosita amaliyaj

    Apa harus bisa matematika dalam prodi management ya kak? Asli aku bingung kak soal nya takut nanti ga bisa:”

  10. Lia

    Kak aku smk jurusan tata boga apakah bisa masuk di jurusan manajemen? Kalo ga bisa apa jurusan yang cocok buat anak tata boga diuniversitas UGM?

  11. Vina

    Hai Kak, apa anak MA Keagamaan ada peluang masuk manajemen? Hehe, mungkin kedengeran gimana gitu ya?tapi aku serius nanya ka, tolong dijawab ya. Jawaban kakak pasti berguna banget buat aku. Thanks:)

  12. Kaila Salsabila syah

    KK apa aja yg perlu di persiapkan untuk masuk ke universitas ugm jurusan manajemen.

  13. Yeni

    Hai kak , dulu persiapan mau masuk UGM gimana kak?

  14. Aprilia

    Kak kalo kita gak bisa bahasa inggris tapi punya skill leadership apakah bisa masuk jurusan manajemen

  15. Fajira Rizka

    Halo kak,saya anak IPA dan pengen banget masuk manajemen,saya udah mempertimbangkan ,nyari referensi dan benar kalo anak IPA masuk di manajemen UGM itu peluangnya cukup besar,doain saya kak,saya mau ikut SNMPTN lintas jurusan ke manajemen hehe,bismillah semoga lolos SNMPTN 2021 ini aamiin🙏🏻

  16. Reza Zadillah

    Kak aku ada beberapa pertanyaan nih mohon dijawab yah😁
    1.Kakak masuk Manjemen UGM lewat jalur apa? Kalo Sn rata rata nilai rapor nya berapa? Kalo Sb skor Utbk nya berapa?Kalo mandiri mungkin bisa kasih tips nya buat lolos.
    2. Kakak Sma Ipa atau Ips?

  17. Zl

    Assalamualaikum
    Apakah ada jalur takhfidz?

  18. nanda lukitasari

    kak, di manajemen UGM soft skill apa yang udah kaka dapet? ada ngga pelajaran yang kaya misal tentang digital, kepemimpinan atau lain lain?

Jawaban dari penulis akan masuk email kamu.

Your email address will not be published. Required fields are marked *